Model Pengamanan Berkas Menggunakan Kriptografi Asimetris RSA Dan Algoritma Kompresi PPM Pada File Curriculum Vitae (CV)

Penulis

  • Siti Annisa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Henki Bayu Seta Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Noor Falih Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v18i2.4669

Kata Kunci:

Model pengamanan berkas, RSA, PPM

Abstrak

Model pengamanan berkas adalah suatu model yang mengimplementasikan satu atau lebih algoritma keamanan untuk melindungi keamanan berkas. Sudah banyak penelitian yang mengusung model pengamanan berkas. Namun, berdasarkan penelitian sebelumnya, model pengamanan berkas masih dapat dikembangkan. Peneliti mengusung model pengamanan berkas baru menggunakan kriptografi asimetris RSA dan algoritma kompresi PPM. Kriptografi asimetri RSA dipilih karena kuatnya algoritma dalam mengamankan berkas. Algoritma kompresi PPM dipilih sebagai penyokong kelemahan RSA dengan mengurangi besarnya ukuran file ciphertext yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur performa dari model pengamanan berkas menggunakan kriptografi asimetris RSA dan algoritma kompresi PPM dari segi keamanan, waktu, dan ukuran berkas yang dihasilkan. Dari 5 berkas CV yang digunakan didapat hasil waktu komputasi sebesar 0,37 detik dengan rasio kompresi sebesar 70,7611 %. Dengan demikian hasil dari model yang menggunakan RSA dan PPM memiliki hasil rasio kompresi yang lebih baik dibandingkan model pengamanan berkas terhadulu yang menggunakan Blowfish dan LZW.

Referensi

Suhandinata, S., Rizal, R.A., Wijaya, D.O., Warren, P., dan Srinjiwi. 2019. Analisis Performa Kriptografi Hybrid Algoritma Blowfish dan Algoritma RSA. Medan: Universitas Prima Indonesia.

Pahrizal, dan Pratama, D.. 2016. Implementasi Algoritma RSA untuk Pengamanan Data Berbentuk Teks. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Saputro, T.H., Hidayanti, N., dan Ujianto, E.I.H. 2020. Survei Tentang Algoritma Kriptografi Asimetris . Yogyakarta: Universitas Teknologi Yogyakarta.

Mayo, Francisco Dominguez, dkk. (2020). Web Information Systems and Technologies: 14th International Conference, WEBIST 2018, Seville, Spain, September 18–20, 2018, Revised Selected Papers. Jerman: Springer International Publishing.

Munir, Rinaldi. (2019). Kriptografi. Bandung: Informatika Bandung

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-31

Terbitan

Bagian

Article