Analisis Switching Intention Konsumen Terhadap Pengalaman Belanja Online Dari Social Commerce ke E-Commerce Menggunakan Faktor Push, Pull Dan Mooring

Penulis

  • Muhammad Daffa Wahanandra Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Theresiawati Theresiawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Sarika Afrizal Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v18i2.4658

Kata Kunci:

social commerce, E-commerce, Switching Intention, PPM (Push, Pull dan Mooring)

Abstrak

Tradisi berbelanja online sudah menjadi kebiasaan setiap orang entah melalui social commerce ataupun E-commerce. Namun, saat ini berbelanja di social commerce memiliki beberapa risiko seperti terutama untuk keamanan. Karakteristik ini mungkin mendorong pengguna untuk beralih ke E-commerce dari yang awalnya social commerce. Penelitian ini memiliki tujuann yaitu memahami pemahaman yang utuh tentang faktor yang mempengaruhi pengguna untuk bermigrasi dengan faktor push, pull dan mooring (PPM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner secara daring yang diisi oleh konsumen yang telah berbelanja online melalui social commerce dan E-commerce. Proses analisis data menggunakan PLS-SEM dengan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Pull memiliki pengaruh positif paling signifikan terhadap Switching Intention, faktor Pull berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap Switcing Intention dan faktor Mooring memiliki pengaruh negatif terhadap Switcing Intention.

Referensi

Mujiyana and I. Elissa, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN VIA INTERNET PADA TOKO ONLINE,” J@TI Undip, vol. VIII, pp. 143–152, 2013.

R. Loh, “The Lee Kong Chian School of Business Term 2,” pp. 1–4, 2013.

J. C. Athapaththu and D. Kulathunga, “Factors Affecting Online Purchase Intention: Effects of Technology and Social Commerce,” Int. Bus. Res., vol. 11, no. 10, p. 111, 2018, doi: 10.5539/ibr.v11n10p111.

F. Marseto, P. W. Handayani, and A. A. Pinem, “Push, Pull, and Mooring Evaluation of User Switching Intention from Social Commerce to E-Commerce,” Proc. 2019 Int. Conf. Inf. Manag. Technol. ICIMTech 2019, vol. 1, no. August, pp. 575–580, 2019, doi: 10.1109/ICIMTech.2019.8843841.

Y. Sun, D. Liu, S. Chen, X. Wu, X. L. Shen, and X. Zhang, “Understanding users’ switching behavior of mobile instant messaging applications: An empirical study from the perspective of push-pull-mooring framework,” Comput. Human Behav., vol. 75, pp. 727–738, 2017, doi: 10.1016/j.chb.2017.06.014.

E. Kordi Ghasrodashti, “Explaining brand switching behavior using pull-push-mooring theory and the theory of reasoned action,” J. Brand Manag., vol. 25, no. 4, pp. 293–304, 2018, doi: 10.1057/s41262-017- 0080-2.

J. F. Hair, M. Sarstedt, L. Hopkins, and V. G. Kuppelwieser, “Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research,” Eur. Bus. Rev., vol. 26, no. 2, pp. 106–121, 2014, doi: 10.1108/EBR-10-2013-0128.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-31

Terbitan

Bagian

Article