Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Dengan Pemanfaatan Qr Code Pada Sman 4 Cibinong

Penulis

  • Riki Muslikhah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Theresiawati Theresiawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Vina Zahrotun Kamila Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v18i2.4635

Kata Kunci:

Sistem Informasi Perpustakaan, Qr Code, CodeIgniter, Waterfall, Pieces, UML.

Abstrak

Pada perpustakaan di SMAN 4 Cibinong masih memakai cara manual dalam mengelola data peminjaman buku, data telat pengembalian buku, serta laporan tiap minggu atau bulan mengenai peminjaman serta pengembalian buku. Namun, karena media penyimpanan data buku yang masih menggunakan buku induk, maka sering terjadi kerusakan seperti sobek, hilang, dsb. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka dibutuhkan sistem informasi yang mampu untuk mengatasi permasalahan dan kelemahan yang terjadi saat menggunakan sistem manual. Penelitian ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan model pengembangan Waterfall dan metode PIECES. Kemudian, dirancang menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan dibangun menggunakan framework codeigniter dengan MySQL sebagai databasenya. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi sistem informasi perpustakaan berbasis website dengan pemanfaatan QR Code yang menangani bidang pelayanan, yaitu pendaftaran anggota, peminjaman buku, pengembalian buku, perpanjang masa peminjaman buku, baca buku ditempat, pencarian buku, dan katalog buku. Selain itu, dapat menangani pengolahan data buku, dan laporan.

Referensi

J. Simarmata et al., Pengantar Manajemen Sistem Informasi. Yayasan Kita Menulis, 2021.

A. Hidayat and A. Nurhasanah, “SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SILIWANG,” Manaj. dan Inform., vol. 3, pp. 221–230, 2019.

D. M. Widia and S. R. Asriningtias, Cara Cepat dan Praktis Membangun Web Dinamis dengan PHP dan MySQL. Universitas Brawijaya Press, 2021.

R. Habibi and R. Aprilian, Tutorial dan penjelasan aplikasi e-office berbasis web menggunakan metode RAD. Kreatif, 2020.

Y. Muslimin and K. Rifai, Konsep, Praktek, dan Implementasi JavaScript Untuk Mahasiswa dan Programmer. Penerbit LOGIKA, 2017.

M. Sa’ad Ibnu, Otodidak Web Programming: Membuat Website Edutainment - Google Books. Elex Media Komputindo, 2020.

E. Turban, C. Pollard, and G. Wood, Information Technology for Management: Driving Digital Transformation to Increase Local and Global Performance, Growth and Sustainability. John Wiley & Sons, 2021.

J. Simarmata et al., Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Manajemen. Yayasan Kita Menulis, 2020.

A. H. Fansury, M. A. Rahman, and B. Jabu, Developing Mobile English Application As Teaching Media - Google Books. 2021.

A. I. S. Azis, Zohrahayaty, and Y. A. Mustofa, Fundamental Pemograman. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-31

Terbitan

Bagian

Article