Pemodelan Enterprise Resource Planning pada Perusahaan Ritel

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v17i1.2657

Kata Kunci:

Ritel, ERP, Odoo, Sistem Informasi

Abstrak

Perusahaan ritel yang bergerak di bidang perdagangan produk olah raga yang memiliki lebih dari 900 cabang di beberapa kota besar di Indonesia. Tidak semua jenis produk ternama masuk ke satu ritel, namun dibagian "Inventory and Merchandise" dapat memilih produknya masing-masing. Produk yang masuk disesuaikan dengan kategori brand ritel tergantung lokasi dan Store (Warehouse Management). Odoo adalah aplikasi web open source yang digunakan sebagai aplikasi sistem IT untuk menyelesaikan masalah manajemen transaksi bisnis. Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) digunakan sebagai salah satu solusi bagi perusahaan yang memiliki kompleksitas bisnis yang cukup tinggi. Sistem ERP sendiri di buat untuk mendukung jalannya proses bisnis dengan cara menyediakan informasi yang cepat update dan saling terintegrasi setiap departemen fungsional perusahaan. Sistem ERP dapat menggunakan lebih dari Intranet, tetapi juga menghubungkan jaringan dengan internet, sehingga memudahkan pengguna untuk memasukkan data, mengolah dan menghasilkan hasil berupa laporan yang dapat diselesaikan secara online. Pengguna hanya perlu menginstal modul yang diperlukan. Standar yang tersedia adalah sistem secara global. Dalam penelitian ini, penulis mencoba menggunakan Odoo pada sistem perusahaan retail. Sistem yang dirancang dengan maksud agar mempermudah end user atau administrator dalam mengelola proses bisnis dalam hal pertukaran data ketika tidak terhubung dengan internet, kemudian dapat mempermudah melakukan proses sinkronisasi data ketika akses internet setelah terhubung.

Referensi

Maiti and Bidinger, Operations trategy, vol. 53, no. 9. Bookboon, 2014.

P. dr. L. Sneller, A Guide to ERP: Benefits, Implementation and Trends, 1st ed. Bookboon, 2014.

F. Purwaningtias and C. Mukmin, “Pemodelan Enterprise Resource Planning Menggunakan Odoo Pada Z-Tech Komputer,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 6, no. 3, p. 275, 2019, doi: 10.20527/klik.v6i3.259.

S. Aziza and G. H. N. N. Rahayu, “Implementasi Sistem Enterprise Resource Planning Berbasis Odoo Modul Sales Dengan Metode Rad Pada Pt Xyz,” J. Ind. Serv., vol. 5, no. 1, pp. 49–58, 2019, doi: 10.36055/jiss.v5i1.6503.

G. To and E. R. P. Software, The Ultimate Guide To ERP Software : A Guide To Enterprise Resource Planning Software And How To Successfully Choose And Implement It. 2020.

R. D. Permatasari, N. F. Ariyani, A. Munif, D. Informatika, F. Teknologi, and A. P. Terkait, “Management ),” vol. 8, no. 2, 2019.

L. Nurhayati, “Rancangan Aplikasi Customer Relationship Management Pada UKM (Studi Kasus CV. AlBarru),” Infoman’s-Jurnal Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj., vol. 13, no. 1, pp. 43–57, 2019, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/293468-rancangan-aplikasi-customer-relationship-01f23d46.pdf.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-31

Terbitan

Bagian

Article