Pemanfaatan Pengolahan Citra dan Klasifikasi K-Nearest Neighbor pada Citra Telur Ayam

Mochamad Aryo Aji Kurniawan, Ermatita Ermatita, Noor Falih

Sari


Telur dapat dikategorikan menjadi dua dalam proses penetasan yaitu telur fertil (subur) dan telur infertil (gabuk). Pemeriksaan kesuburan (fertilitas) telur dapat dilakukan dengan meneropong telur itu sendiri biasa disebut dengan candling, dengan cara mendekatkan telur ke sumber cahaya agar dapat menembus cangkang telur. Proses identifikasi seringkali dilakukan dengan proses manual oleh para peternak telur sehingga akan lebih membutuhkan kejelian dalam melakukan hal tersebut dan memperbesar kemungkinan salah dalam mengidentifikasinya. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini dilakukan guna mengidentifikasi telur ayam fertil dan telur ayam infertil dengan mengekstrasi ciri warna pada telur tersebut menggunakan metode Hue saturation Values (HSV) dan menggunakan klasifikasi menggunakan Algoritma K-Nearst Neighbor (KNN) guna untuk membantu proses pengolahan citra digital. Dengan metode K-NN didapatkan akurasi sebesar 100% pada percobaan K=1.

Kata Kunci


fertil, Infertil, Hue Saturation Values (HSV), Candling, K-Nearest Neighbor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Isnawati, “Klasifikasi Citra Candling Telur Ayam Kampung Dengan Metode LVQ”, undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik, 2018.

Nawawi, Muhammad, Romi Fadillah Rahmat, dan Mohammad Fadly Syahputra, “Klasifikasi Telur Fertil dan Infertil menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Multilayer Perception berdasarkan Ekstraksi Fitur Warna dan Bentuk”, 4(2). 100-109, 2015.

R Dijaya, N Suciati, dan D Herumurti, “Kombinasi Fitur Bentuk, Warna dan Tekstur untuk Identifikasi Kesuburan Telur Ayam Kampung Sebelum Inkubasi”, 7(3). 205-2013, 2016.

Saifullah, Shoffan, Sunardi, dan Anton Yudhana, ”Analisis Ekstraks Ciri Fertilitas Telur Ayam Kampung dengan Gray Level Co-occurrence Matrix”, 6(2). 65-75, 2017.

Sari, Yuslena & Pramunendar, Ricardus, Pengolahan Citra dalam Soft Computing, Sukabumi : CV jejak, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.52958/iftk.v16i3.2131

Article Metrics

Sari view : 629 times
PDF - 955 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN : 2655-139X (ONLINE)

ISSN : 0216-4221 (PRINT)

Jurusan Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

e-mail: informatik@upnvj.ac.id