Pemanfaatan Pengolahan Citra dan Klasifikasi K-Nearest Neighbor pada Citra Telur Ayam

Penulis

  • Mochamad Aryo Aji Kurniawan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ermatita Ermatita
  • Noor Falih Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v16i3.2131

Kata Kunci:

fertil, Infertil, Hue Saturation Values (HSV), Candling, K-Nearest Neighbor

Abstrak

Telur dapat dikategorikan menjadi dua dalam proses penetasan yaitu telur fertil (subur) dan telur infertil (gabuk). Pemeriksaan kesuburan (fertilitas) telur dapat dilakukan dengan meneropong telur itu sendiri biasa disebut dengan candling, dengan cara mendekatkan telur ke sumber cahaya agar dapat menembus cangkang telur. Proses identifikasi seringkali dilakukan dengan proses manual oleh para peternak telur sehingga akan lebih membutuhkan kejelian dalam melakukan hal tersebut dan memperbesar kemungkinan salah dalam mengidentifikasinya. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini dilakukan guna mengidentifikasi telur ayam fertil dan telur ayam infertil dengan mengekstrasi ciri warna pada telur tersebut menggunakan metode Hue saturation Values (HSV) dan menggunakan klasifikasi menggunakan Algoritma K-Nearst Neighbor (KNN) guna untuk membantu proses pengolahan citra digital. Dengan metode K-NN didapatkan akurasi sebesar 100% pada percobaan K=1.

Referensi

Isnawati, “Klasifikasi Citra Candling Telur Ayam Kampung Dengan Metode LVQ”, undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik, 2018.

Nawawi, Muhammad, Romi Fadillah Rahmat, dan Mohammad Fadly Syahputra, “Klasifikasi Telur Fertil dan Infertil menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Multilayer Perception berdasarkan Ekstraksi Fitur Warna dan Bentuk”, 4(2). 100-109, 2015.

R Dijaya, N Suciati, dan D Herumurti, “Kombinasi Fitur Bentuk, Warna dan Tekstur untuk Identifikasi Kesuburan Telur Ayam Kampung Sebelum Inkubasi”, 7(3). 205-2013, 2016.

Saifullah, Shoffan, Sunardi, dan Anton Yudhana, ”Analisis Ekstraks Ciri Fertilitas Telur Ayam Kampung dengan Gray Level Co-occurrence Matrix”, 6(2). 65-75, 2017.

Sari, Yuslena & Pramunendar, Ricardus, Pengolahan Citra dalam Soft Computing, Sukabumi : CV jejak, 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-31

Terbitan

Bagian

Article