Pengamanan Jaringan Wireless LAN Dengan Protokol EAP-TTLS Dan Otentikasi MSCHAPv2 Pada Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta

Penulis

  • Kukuh Bagas Permadi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Henki Bayu Seta Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ria Astriratma Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v16i2.1970

Kata Kunci:

IEEE 802.1x EAP, EAP-TTLS, MSCHAPv2, RADIUS Server, Wireless LAN

Abstrak

Penggunaan pada protokol WPA memiliki dua proses, antara lain adalah otentikasi serta enkripsi. Pada tingkat network dengan infrastuktur yang besar serta dengan lalu lintas network yang tinggi sama halnya dengan universitas, kantor perusahaan atau tempat umum lainnya yang menggunakan wireless LAN, proses otentikasi merupakan proses yang pertama kali yang dilakukan agar pengguna jaringan wireless LAN dapat mengakses jaringan internet. Maka dari itu, tidak hanya aman namun proses otentikasi bias beroperasi dengan cepat. Solusi dari penelitian ini adalah dengan menerapkan Protokol IEEE 802.1x EAP dengan Extensible Authentication Protocol – Tunneled Transport Layer Security (EAP-TTLS) untuk membuat secure tunnel (terowongan keamanan) dalam pertukaran kunci pada jaringan wireless, serta dengan inner authentication Microsoft Challenge Handshake Authentication Protocol Version 2 (MSCHAPv2). Luaran yang dihasilkan pada penelitian ini adalah membangun suatu keamanan pada jaringan wireless terpusat pada Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jakarta.

Referensi

Nurmawanti, N. C., Soegiarto, D., & Faruq, U. A. (2013). Pengamanan Jaringan Wireless Menggunakan PEAP Ms CHAP V2, 214-219.

Rumalutur, S. (2014). Analisis Keamanan Jaringan Wireless LAN (WLAN) Pada PT. PLN (Persero) Wilayah P2B Area Sorong, 48-60.

Arifin, Z. (2008). Sistem Pengamanan Jaringan Wireless LAN. Yogyakarta: Andi Offset.

Samsumar, L. D., & Gunawan, K. (2017). Analisis Dan Evaluasi Tingkat Keamanan Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless LAN); Studi Kasus Di Kampus STMIK Mataram, 73-82.

Darmadi, E. A. (2018). Perancangan Sistem Otentikasi RADIUS Pada Pengguna Jaringan Wireless Untuk Meningkatkan Keamanan Jaringan Komputer, 9-16.

Novrianda, R. (2017). Rancang Bangun Keamanan Jaringan Wireless Pada STIPER Sriwigama Palembang Dengan RADIUS SERVER. 19-29.

Hassel, J. (2002). RADIUS Cambridge Massachusetts . O'Reilly Media.

Harahap, A. (2011). Perbandingan Kinerja EAP-TLS, EAP-TTLS Dan EAP-PEAP Sebagai Protokol Autentikasi Pada Jaringan Nirkabel, 1-32.

Funk, P., & Blake-Wilson, S. (2008). Extensible Authentication Protocol Tunneled Transport Layer Security Authenticated Protocol Version 0 (EAPTTLSv0).

Rahman, H. (2011). Implementasi Hotspot Authentication Dengan Menggunakan RADIUS Server Dan Protokol EAP-TTLS. (Studi Kasus: Sekolah Islam Fitrah Al Fikri Depok Jawa Barat).

Unduhan

Diterbitkan

2020-08-31

Terbitan

Bagian

Article