Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli, Kepuasan Konsumen dan Peluang Pasar Smartphone di Indonesia

Penulis

  • Ruth Mariana Bunga Wadu Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rio Wirawan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/iftk.v15i1.1453

Kata Kunci:

Smartphone, Kepuasan Pelanggan, Analisis SWOT

Abstrak

Perkembangan teknologi, meningkatnya kebutuhan dan daya beli masyarakat menjadi faktor meningkatnya pengguna smartphone. Penelitian ini mencoba meneliti faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap perangkat smartphone android, blackberry, apple dan nokia, dan kepuasan konsumen terhadap system operasi yang digunakan yaitu android, blackberry OS, iOS (Apple), Symbian (Nokia). Serta mengetahui peluang pasar smartphone-smartphone tersebut di Indonesia. Variabel terikat yang digunakan adalah kepuasan konsumen dan variabel bebas adalah fitur, stabilitas & kehandalan, keakuratan, fleksibilitas, kemudahan, ketepatan waktu, keamanan, Produktivitas dan dokumentasi.Ketersediaan fitur adalah faktor utama yang mempengaruhi minat beli konsumen. Stabilitas & kehandalan, keakuratan, fleksibilitas, dan ketepatan waktu adalah variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Pada smartphone blackberry layanan web dan internet adalah faktor utama yang mempengaruhi minat beli konsumen dan fitur adalah variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Smartphone iOS (Apple) diperoleh faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen adalah desain, layanan web dan internet. Kemudahan penggunaan serta dokumentasi adalah variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Smartphone symbian (Nokia) diperoleh harga merupakan faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dan varabel fitur, ketepatan waktu, dan dokumentasi adalah variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Hasil analisis SWOT diperoleh smartphone android, blackberry, iOS (Apple) dan Symbian (Nokia) terletak pada kuadran I yaitu perusahaan memiliki peluang dan kekuatan yang dapat dimanfaatkan untuk berkembang dan menguasai pangsa smartphone di Indonesia. iOS (Apple) terletak pada kuadran II yaitu menunjukan bahwa perusahaan memiliki kekuatan yang lebih besar daripada kelemahan dan peluang lebih kecil daripada ancaman. Untuk memperkecil ancaman perusahaan perlu melakukan Diversifikasi Strategi dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang.

Referensi

] Kusuma, Yuliandi. 2011. Membedah Kehebatab Android. Grasindo. Jakarta

Master.Com. 2012. All About Android. Kuncikom. Jakarta.

] Rangkuti, Freddy. 1997. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia

Pustaka Utama. Jakarta.

] Setia Gunawan dan Bambang Dwi Atmiko. 2012. iPhone:From A to Z. Elex Media

Komputindo. Jakarta.

] Sugiyono. Prof.Dr. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta. Bandung.

] Sunyoto. Prof.J. M.A.,APU. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk

Menaikan Pangsa Pasar. Jakarta.

] Sunyoto, Drs. Danang, SE., SH. MM. 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis.

CAPS. Yogyakarta.

] Tjiptono, Fandy.dkk. 2008. Pemasaran Strategik. Andi. Yogyakarta.

] Priyanto, Dwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Andi.

Yogyakarta.

] Wahdi, Drs. Mohamad, MAB, 2011. Riset Pemasaran. CAPS. Yogyakarta.

]Wijaya, Tony. 2011. Step by Step Cepat menguasai SPSS 19. Cahaya Atma.

Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-12

Terbitan

Bagian

Article