Cased Based Reasoning untuk Menentukan Gaya Belajar Mahasiswa

Helena Nurramdhani Irmanda, Mayanda Mega Santoni, Ria Astriratma

Sari


Gaya belajar mahasiswa penting untuk diketahui karena dapat mempermudah proses pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Seri Manual GLS (Gerakan Literasi Sekolah yang didalamnya memuat mengenai identifikasi gaya belajar antara lain visual, auditori, dan kinestetik. Namun, assessment ini hanya bisa digunakan secara manual. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini membuat sistem pakar berbasis aplikasi web untuk mengidentifikasi gaya belajar mahasiswa dengan Teknik case based reasoning berdasarkan indikator yang telah disusun dalam Seri Manual GLS.  Untuk menentukan solusi, user mengisi kuesioner dalam aplikasi yang terdiri dari 30 pertanyaan. Kemudian,sistem akan melakukan reasoning yaitu mencari kemiripan kasus baru dengan kasus sebelumnya sehingga didapatkan solusi berupa jenis gaya belajar mahasiswa tersebut. Sistem ini diimplementasikan ke dalam aplikasi berbasis web yang mudah diakses kapan saja dan dimana saja.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mulyana, S., & Hartati, S. (2015). Tinjauan Singkat Perkembangan Case--Based Reasoning. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1).

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56–63.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Wiedarti, P. (2018). Seri Manual GLS Pentingnya Memahami Gaya Belajar (Cetakan 1). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yulianti, W. (2016). Aptitude Testing Berbasis Case-Based Reasoning dalam Sistem Pakar untuk Menentukan Minat Dan Bakat Siswa Sekolah Dasar. J. Teknol. Dan Sist. Inf. Univrab, 1(2), 104–118.


Article Metrics

Sari view : 118 times
PDF - 124 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN : 2655-139X (ONLINE)

ISSN : 0216-4221 (PRINT)

Jurusan Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

e-mail: informatik@upnvj.ac.id