Mediasi Nilai Perusahaan pada Pengungkapan Laporan Keberlanjutan dan Abnormal Return

Authors

  • Syafa Kamila Universitas Islam As Syafi’iyah
  • Ari Purwanti Universitas Islam As Syafi’iyah

DOI:

https://doi.org/10.34209/equ.v22i2.933

Keywords:

Laporan Keberlanjutan, Abnormal Return, Nilai Perusahaan, Price to Book Value

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pengungkapan laporan keberlanjutan dalam aspek ekonomi, lingkungan, dan social terhadap abnormal return dengan proksi nilai perusahaan price-to-book value sebagai mediasi. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan purposive sampling method. Jumlah sampel adalah 20 perusahaan. Data yang dianalisis menggunakan teknik PLS (Partial Least Square) menggunakan Smart PLS. hasil menunjukkan bahwa pengungkapan laporan keberlanjutan pada aspek ekonomi, lingkungan, dan social tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap abnormal return. Selanjutnya, pengungkapan laporan keberlanjutan pada aspek ekonomi tidak memiliki dampak signifikan terhadap nilai perusahaan. Sementara aspek lingkungan dan sosial memiliki hasil yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Studi ini menunjukkan bahwa nilai perusahaan tidak memiliki dampak signifikan terhadap abnormal return. Hasil dari penelitian ini juga mengindikasikan bahwa proksi nilai perusahaan tidak memediasi hubungan kausalitas antara laporan keberlanjutan dan abnormal return.

References

Agustina, Silvia. 2012. “Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan”. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Armin, Muhammad Isra. 2011. “Pengaruh Penghargaan Indonesian Sustainability Reporting Awards (ISRA) Terhadap Abnormal return dan Volume Perdagangan Saham (Suti Empiris Pada Perusahaan Peraih Penghargaan ISRA 2009-2010)”. Skripsi Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Hasanuddin Makassar.

Astuti, Apri Dwi & Juwenah. 2017. “Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tergabung Dalam LQ 45 Tahun 2012-2013”. Jurnal Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Vol 2 No. 01 2017.

Fidhayatin, Septy Kurnia & Dewi, Nurul Hasanah Uswati. 2012. “Analisis Nilai Perusahaan, Kinerja Perusahaan Dan Kesempatan Bertumbuh Perusahaan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI”. The Indonesian Accouting Review, Volume 2 No. 2, July 2012.

Fitriani, Elvira & Hartini, Titin. 2014. “Pengaruh January Effect Terhadap Abnormal Return Pada Saham Sektor Otomotif Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”.

Ghozali, Imam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi ke 8 Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam & Latan, Hengky. 2015. Partial Least Square Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0” Edisi ke 2 Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Global Reporting initiative. (2017, September 2). About Sustianability Reporting: Global Reporting Initiative. Retrieved from Global Reporting Initiative: https://www.globalreporting.org/information/sustainability-reporting/Pages/default.aspx

Gunawan, Yovani & Sekar Mayangsari. 2015. “Pengaruh Sustainability Reporting Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Investment Opportunity Set Sebagai Variabel Moderating”. E-Journal Universitas Trisakti Jurusan Akuntansi Volume 2 Nomor 1 Februari 2015.

Hartono, Jogiyanto. 2015. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesepuluh. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Jenawan, Swenjiadi dan Juniarti. 2015. “Pengaruh Pengungkapan Sustainability Reporting Terhadap Respon Investor”.

Kusumadilaga, Rimba. 2010. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

Lu, Jun. 2010. “The Relations Among Environmental Disclosure, Environmental Performance and Financial Performance: An Empirical Study in China”. Working Paper Series.

Natalia, R dan Tarigan, Josua. 2014. “Pengaruh Sustainability Reporting Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Publik Dari Sisi Profitability Ratio”. Business Accounting Review, 2(1), 111-120.

Oktyawati, Dianila dan Agustina, Dian. 2014. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Nilai Perusahaan Terhadap Income Smoothing dan Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)”.

Octavia, Itsna. 2012. “Pengaruh Pengungkapan Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi”. Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Indonesia.

Prayosho, Indra Sari dan Hananto, Hari. 2013. “Pengaruh Sustainability Report Terhadap Abnormal Return Saham Pada Badan Usaha Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2012”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 2 No. 2 (2013).

Rachmawati, Andri dan Triatmoko, Hanung. 2007. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan”. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi X Unhas Makassar.

Reddy, Krishna; Gordon, Lucus W. 2010. ”The Effect of Sustainability Reporting on Financial Performance: An Empirical Study Using Listed Companies”. Journal of Asia Entrepreneurship and Sustainability; Tauranga Vol. 6, Iss. 2, (Dec 2010): 19-42.

Retno, Reny Diah dan Priantinah, Denies. 2012. “Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010)”. Jurnal Nominal Volume 1 Nomor 1 Tahun 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negerti Yogyakarta.

Rika Nurlela dan Islahudin. (2008). “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahann Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta)”. Simposium Nasional Akuntansi XI Pontianak 23-24 2008.

Santi, Galuh Tiara. 2014. “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Return Saham : Studi Pada Perusahaan Peraih Penghargaan ISRA di BEI Tahun 2010-2012”. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Syafrullah, Saddek. 2017. “Analisis Pengaruh Kinerja Environmental, Social dan Governance (ESG) terhadap Abnormal Return”. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Yuana, Dessy Arika. 2014. “Pengaruh Nilai Perusahaan, Pertumbuhan Arus Kas Operasi, Pertumbuhan Arus Kas Investasi, Dan Arus Kas Pendanaan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Tekstil Dan Garment Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013”.

Yulia, Vivi Indah dan Wahidahwati. 2013. “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Abnormal Return”. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya Vo. 2 No. 3 (2013).

Published

2020-01-31

Issue

Section

Articles