Determinan Kompetensi Mahasiswa Akuntansi Pada Perguruan Tinggi Vokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Florentina Cindy Finishtya Politeknik YKPN Yogyakarta
  • Sriniyati Sriniyati Politeknik YKPN Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34209/equ.v25i1.4433

Keywords:

LMS, SCL, Self-Motivation, Self- Efficacy, Kompetensi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya penelitian mengenai peranan faktor lingkungan dan faktor psikologis dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Learning Management System (LMS) dan Student Centered Learning (SCL) sebagai faktor lingkungan serta self-motivation dan self-efficacy sebagai faktor psikologis terhadap kompetensi mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa jurusan akuntansi pada Perguruan Tinggi Vokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jumlah sampel terdiri dari 122 sampel. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda melalui program SPSS versi 26. Penelitian ini memberikan bukti bahwa LMS dan SCL tidak berpengaruh terhadap kompetensi mahasiswa. Sementara itu, self-motivation dan self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap kompetensi mahasiswa.

Author Biographies

Florentina Cindy Finishtya, Politeknik YKPN Yogyakarta

Dosen

Sriniyati Sriniyati, Politeknik YKPN Yogyakarta

Dosen

References

Ahmad, A., & Safaria, T. (2013). Effects of Self-Efficacy on Student’s Academic Performance. Journal of Educational, Health, and Community Psychology, 2(1), 22–29.

Aldiab, A., Chowdhury, H., Alex, K., Firoz, & Hamed, A. (2019). Utilization of Learning Management Systems (LMSs) in higher education system: A case review for Saudi Arabia. Paper Presented at the 2nd International Conference on Energy and Power.

Amir, H. (2016). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi. Manajer Pendidikan, 10(4), 336–342.

Apsari, Susilo, B., Adi, W., & Octoria, D. (2014). Pengaruh Efikasi Diri, Pemanfaatan Gaya Belajar, dan Lingkungan Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ( Studi Kasus di SMK Negeri 1 Surakarta ). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 91–103.

Arifianto, F., & S. (2014). Pengaruh Motivasi Diri Dan Persepsi Mengenai Profesi Akuntan Publik Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Nominal, 3(2), 150–161.

Asfani, K., Suswanto, H., & Wibawa, A. P. (2016). Influential Factors of Students’ Competence. World Transactions on Engineering and Technology Education, 14(3), 416–420.

Astuty, E. (2015). Implementation Analysis of Lecturer’s Pedagogical Competence on Student’s Academic Achievement. Journal of Management Research, 7(2), 152–168.

Azar, H., Malahmadi, L., & Amani, J. (2010). The Role of Self- Efficacy,Task Value, and Achievement Goals in Predicting Learning Approachesand Mathematics Achievement. Procedia Social and Behavioral Sciences.

Berestneva, O., Marukhina, O., Benson, G., & Zharkova, O. (2015). Students’ Competence Assessment Methods. Social and Behavioral Sciences, 166, 296–302. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.527

Bicer N. (2017). The Influence of Student-centered Methods in Turkish Language Instruction on Academic Success: A Meta-analysis Study. Universal Journal of Educational Research, 5(4), 687–697. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050419

Daely, K., Sinulingga, U., & Manurung, A. (2013). Analisis Statistik Faktor-Faktor. Saintia Matematika, 1(5), 483–494.

Ekpe, I., Adelaiye, M. O., Adubasim, E. I., & Adim, V. C. (2014). Ekpe, I., Adelaiye, M. O., Adubasim, E. I., & Adim, V. C. (2014). The Moderating Effect of Self-Motivation on the Relationship between Parent’s Socio-Economic Background and Children’s Academic Performance at Nigerian Universities. Asian Social Science, 10(1), 73–79.

Ellis, R. K. (2009). Field Guide to Learning Management System. American Society for Training & Development (ASTD).

Green, J., D., L. G. A., Martin, A. J., Colmar, S., W., M. H., & McInerney, D. (2012). Academic Motivation, Self-Concept, Engagement, and Performance in High School: Key Processes From A Longitudinal Perspective. Journal of Adolescence, 35(5), 1111–1122. https://doi.org/org/10.1016/j.adolescence.2012.02.016

Hadi, R. (2017). ari Teacher Centered Learning ke Student Centered Learning : Perubahan Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Insania, 12, 408–419.

Hamdi, S., & Abadi, A. M. (2014). Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Matematika Mahasiswa PGSD STKIP-H dan PGMI IAIH. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1).

Hamidah, D. (2021). Pendidikan Islam Berbasis Nilai Tauhid. Tsamratul Fikri, 15(2), 183–19. https://doi.org/doi.org/10.36667/tf.v15i2.941

Harsono. (2008). Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kedokteran Dan Profesi Kesehatan Indonesia, 3, 4–8.

Kaput, K. (2018). Evidence for Student-Centered Learning. Education Evolving.

Kustiyati, S. (2017). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Indonesia Jurnal Kebidanan, 1(1), 37–48.

Listiawan, T. (2016). Pengembangan Learning Management System (LMS) di Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Tulungagung. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika., 1(1), 14–22.

Manurung, T. M. S. (2017). Pengaruh Motivasi dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 1(1), 17–26.

Mariati. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Paper Presented at the Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora.

Medriati, R., & Risianto, E. (2020). Penerapan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikatif Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester III Univeristas Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 67–74.

Meens, E. E. M., Bakx, A. W. E. A., Klimstra, T. A., & Denissen, J. J. A. (2018). The Association of Identity and Motivation with Students’ Academic Achievement in Higher Education. Learning and Individual Differences, 64, 54–70.

Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Ghalia Indonesia.

Moerista, J. V. (2015). Pengaruh Penerapan Student-Centered Learning, Cooperative Learning, Case-Based Learning Terkait Pemahaman Mahasiswa pada Pembelajaran Akuntansi Keperilakuan. UDINUS Repository.

Muris, P. (2001). A Brief Questionnaire for Measuring Self-Efficacy in Youths. Journal of Psychopathology and Behavioral Assessment, 23(3), 145–149.

Murti, R. W., & Prasetio, A. P. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan, 94–102.

Muzakki, M. N., Daryono, Ayu, M. D., & Yuniar, M. (2021). Efektifitas Metode Pembelajaran Student Centered Learning Pada Learning Management System di Universitas PGRI Wiranegara. Paper Presented at the Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional.

Odanga, S. J. O. (2018). Strategies for Increasing Students’ Self-motivation. Asian Research Journal of Arts & Social Sciences, 6(4), 1–16.

Otoo, D., Iddrisu, W. A., Kessie, J. A., & Kessie, L. A. (2018). Structural Model of Students’ Interest and Self-Motivation to Learning Mathematics. Education Research International, 1–10.

Pertiwi, F. T., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Learning Management System Berbasis Chamilo dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Kelas X. Information Technology Ad Education, 3(2).

Pintrich, P. R., Pintrich, D. A. F., Garcia, T., & Garcia, W. J. (1991). A Manual for the Use of the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Retrieved from Ann Arbor, MI.

Rafiola, R. H., Setyosari, P., Radjah, C. L., & Ramli, M. (2020). The Effect of Learning Motivation, Self-Efficacy, and Blended Learning on Students’ Achievement in The Industrial Revolution 4.0. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(8), 71–82. https://doi.org/doi.org/10.3991/ijet.v15i08.12525

Retnoningsih, E. (2015). Mengukur Tingkat Kepuasan Penggunaan Learning Management System dalam Knowledge Sharing. Paper Presented at the Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia.

Rosidah, A. (2020). Merdeka Belajar” Melalui Model Pembelajaran Blended Learning. LPMP DKI Jakarta. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/merdeka-belajar-melalui-model-pembelajaran-blended-learning/

Rusman. (2018). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer:Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Alfabeta.

Sam, N. E., & Idrus, R. (2021). Efektivitas Media E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ikraith-Humaniora, 5(3), 11–17.

Santoso, V. L P., & Siswanto, B. . (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran SMK di Yogyakarta. Pendidikan Vokasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120.

Study, A. C., Selected, O. F., Schools, S., Ondo, I. N., Area, L. G., & State, O. (2012). No Title. Effects of Malnutrition on Students ’ Academic Performance, 3(1), 7–9.

Surbakti, K. B., & Pamungkas, I. N. A. (2021). Komunikasi Melalui Learning Management System Selama Pembelajaran Daring di Telkom University Bandung. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 33–45.

Suryaman, A., Fahmi, I., & Ganefianty, A. (2021). Tantangan dan Solusi Pendidikan Keperawatan pada Masa Pandemi Covid 19 di Indonesia (Tinjauan Literatur). Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 12(3), 249–252.

Tarumasely, Y. (2021). Pengaruh Self-Regulated Learning dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1).

Trivedi, R. K., Mohd, N. & Sharma, R. (2013). Proposed Framework for Open Source Based e-learing Implementation in Uttarakhand. International Journal Od Engineering Research & Technology, 2(11), 2270–2279.

Ulfaida, & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Beljar Siswa Pada Kelas X OTKP di SMKN 1 Lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25–31.

Wade, C., & Tavris, C. (2007). Psokologi Edisi Kesembilan (M. P. & Dinastuti, Trans.): Upper Saddle River. NJ: Pearson Education, Inc.

Wahyuni, H. C., Mu’adz., Septi, B. S., & Puspita, H. (2019). Buku Pedoman Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Tahun 2019-2022.

Wardani, N. P. (2016). Konsep Pembelajaran Student Centered Learning di Perguruan Tinggi.

Wei, L. C., Shamsuddin, W N. F. W., Rozee, I. S. M., & Vesudevan, M. (2020). Degree Students’ Self-Motivation Towards Design Thinking Project. International Journal of Education and Pedagogy, 2(4).

Wibowo, L. A., Sihaloho, L., & Rahayu, A. (2018). The Role of Self Efficacy in Improving Student Metacognitive Skills. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 130–141. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um003v4i32018p130

Zimmerman, B. J., Sebastian, B., & Robert, K. (1996). Developing Self-Regulated Learners Beyond Achievement To Self-Efficacy. Washington DC: American Psychological Association.

Zimmerman, B. J. (1998). Academic Studying and The Development of Personal Skill: A Self Regulatory Perspective. Educational Psychologist, 33(2/3), 73–86.

Published

2022-08-23

Issue

Section

Articles