Persepsi Kemanfaatan dan Kemudahan Wajib Pajak dalam Membayar PBB Menggunakan GO-PAY

Anita Primastiwi, Dewi Kusuma Wardani, Hermalia Hermalia

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan berpengaruh terhadap minat membayar pajak bumi dan bangunan menggunakan Go-Pay. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif dan data primer dengan menggunakan kuisioner. Penelitian mengambil sampel 87 responden pengguna Go-Pay dan merupakan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling. Pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner dalam bentuk google form dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) menggunakan Go-Pay. Persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat membayar Pajak Bumi dan Bangunan menggunakan Go-Pay.


Kata Kunci


Persepsi Kemanfaatan; Persepsi Kemudahan; Pajak Bumi dan Bangunan; Go-Pay

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, E. (2015). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Sikap Pengguna. 1–13.

Ali, M., Ali Raza, S., Qazi, W., & Puah, C.-H. (2018). Interactive Technology and Smart Education Assessing the e-learning system in higher education institutes: evidence from structural equation modelling Article information: For Authors Assessing e-learning system in higher education institutes: evidence fr. Interactive Technology and Smart Education, 15(1), 59-78. https://doi.org/10.1108/ITSE-02-2017-0012

Andrian, A., Kertahadi, & Susilo, H. (2013). Analisis Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Sikap Penggunaan Terhadap Minat Perilaku Penggunaan Billing System. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ching-Ter, C., Hajiyev, J., & Su, C. R. (2017). Examining the students’ behavioral intention to use e-learning in Azerbaijan? The General Extended Technology Acceptance Model for E-learning approach. Computers and Education, 111, 128–143. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.04.010

Danurdoro, K., & Wulandari, D. (2016). The Impact of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Subjective Norm, and Experience Toward Student’s Intention to Use Internet Banking. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Studi Pembangunan, 8(1), 17–22. https://doi.org/10.17977/um002v8i12016p017

Fu, J. R., Farn, C. K., & Chao, W. P. (2006). Acceptance of electronic tax filing: A study of taxpayer intentions. Information and Management, 43(1), 109–126. https://doi.org/10.1016/j.im.2005.04.001

https://www.kominfo.go.id/content/detail/8566/mengenal-generasi millennial/0/sorotan_media

Ismail, T. (2018). Potret Pajak Daerah Di Indonesia. Kencana.

Joan, L., & Sitinjak, T. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2), 27–39.

Kurniawan, T. A., Wardani, D. K., & Widhayati, L. (2019). Pengaruh Keberterimaan Layanan Peer to Peer Lending Kepada Umkm Sebagai Pengguna Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora (JSEH), 5, 151–160.

Laksana, G. B. (2015). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko Dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Bri) Kantor Cabang Rembang, Jawa Tengah). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(2), 1–8.

Ma, Y. J., Gam, H. J., & Banning, J. (2017). Perceived ease of use and usefulness of sustainability labels on apparel products: application of the technology acceptance model. Fashion and Textiles, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.1186/s40691-017-0093-1

Mahyarni, M. (2013). Theory Of Reasoned Action Dan Theory Of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13. https://doi.org/10.24014/jel.v4i1.17

Monica, N., & Tama, annafi indra. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan, Norma Subjektif dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Elektronik Commerce. JRAK Vol.8 No.1 Februari 2017, 8(April), 27–41.

Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 27, 927. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p04

Rusfianto, M., Widiartanto, & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Penggunaan Layanan Internet Banking (Studi Komparasi Pada Nasabah Pengguna Internet Banking Bank Mandiri Semarang Berdasarkan Tingkat Pendapatan). 1989. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/viewFile/11315/10972

Sondakh, J. J. (2017). Behavioral intention to use e-tax service system: An application of technology acceptance model. European Research Studies Journal, 20(2), 48–64.

Tarhini, A., Hone, K., Liu, X., & Tarhini, T. (2017). Examining the moderating effect of individual-level cultural values on users’ acceptance of E-learning in developing countries: a structural equation modeling of an extended technology acceptance model. Interactive Learning Environments, 25(3), 306–328. https://doi.org/10.1080/10494820.2015.1122635

Theocharidis, A. I., Argyropoulou, M., Karavasilis, G., Vrana, V., & Kehris, E. (2020). An approach towards investigating factors affecting intention to book a hotel room through social media. Sustainability (Switzerland), 12(21), 1–20. https://doi.org/10.3390/su12218973

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Waluyo. (2005). Perpajakan Indonesia. Salemba Empat.

Wong, K. T., bt Osman, R., Goh, P. S. C., & Rahmat, M. K. (2013). Understanding student teachers’ behavioural intention to use technology: Technology acceptance model (TAM) validation and testing. International Journal of Instruction, 6(1), 89–104.

Wulandari, P. A., & Iryanie, emy. (2018). Pajak Daerah Dalam Pendapatan Asli Daerah. Deepublish.

www.gojek.com

www. jogja.tribunnews.com




DOI: http://dx.doi.org/10.34209/equ.v23i2.2207

Article Metrics

Sari view : 241 times
PDF - 91 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

ISSN (Cetak): 0216-8545

ISSN (Online): 2684-9739

JURUSAN AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAKARTA

 

 Creative Commons License

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License