Analisis Usaha Mikro dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC)

Novy Anggraini

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman berdasarkan 9 elemen Bisnis Model Kanvas dan memetakan strategi-strategi baru dalam rangka meningkatkan penjualan produk. Metode yang digunakan pada penelitian ini melalui pendekatan Bisnis Model Kanvas (BMK) dan analisis SWOT. Tahap awal penelitian yaitu dengan melakukan pemetaan BMK terhadap strategi yang telah dilakukan pemilik usaha, kemudian dikombinasikan dengan analisis SWOT yang menghasilkan matriks strategi. Matriks strategi menghasil kekuatan antara lain kebaruan produk, pemasaran online melalui sosial media, dan penyediaan tester untuk pengunjung toko. Kelemahan yang dapat diamati yaitu belum ada pelayanan untuk mempertahankan pelanggan, produk mudah ditiru, serta penggunaan mesin dan alat yang masih sederhana. Selain itu, peluang yang dapat tercipta antara lain belum ada pesaing di lini produk yang sama di dalam satu kota, membuat kemasan yang lebih menarik lagi, dan membuat website untuk memperluas pemasaran. Ancaman yang dapat muncul antara lain pelanggan yang mudah berpindah dan adanya produk buatan pabrik luar kota yang memproduksi dengan teknologi terbaru dan kemasan yang lebih menarik. Hasil matriks analisis SWOT tersebut dipetakan kembali ke dalam BMK. Dari hasil akhir pemetaan BMK menunjukkan beberapa tambahan strategi pada elemen-elemen yang dapat dijadikan alternatif strategi baru untuk diterapkan. Elemen-elemen tersebut antara lain: elemen Proposisi Nilai, Saluran, Hubungan dengan Pelanggan, Sumber Daya Utama, dan Struktur Biaya.


Kata Kunci


UMKM; Usaha Mikro; Analisis SWOT; Bisnis Model Kanvas; Strategi Bisnis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik Sumatera Selatan. (2017). Produksi Perikanan Tangkap di Sumatera Selatan. https://sumsel.bps.go.id/subject/56/perikanan.html [diakses pada 8 Juli 2019].

Chiayu, T. (2014) ‘How does cooperation affect innovation in micro-enterprises?’, Management Decision. Edited by H. Shiuh-Nan. Emerald Group Publishing Limited, 52(8), pp. 1390–1409. doi: 10.1108/MD-07-2013-0388.

Ching, H. Y. and Fauvel, C. (2013) ‘Criticisms, Variations And Experiences With Business Model Canvas’, European Journal of Agriculture and Forestry Research. Citeseer, 1(2), pp. 26–37.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2018). Laporan Tahunan Kementerian Kelautan dan Perikanan. https://kkp.go.id/kategori/181-Laporan-Tahunan [diakses pada 8 Juli 2019].

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Profil Kesehatan Indonesia. https://www.kemenkes.go.id [diakses pada 8 Juli 2019].

Lestari, R. (2013) ‘Perbankan Syariah Sebagai Daya Pendorong Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia’, Sustainable Competitive Advantage (SCA), 3(1), pp. 1–11.

Mahdi, A. F. and Baga, L. M. (2018) ‘Business Model Canvas Perusahaan Pengolah Rumput Laut’, in Forum Agribisnis, pp. 1–16.

Meethavornkul, P. et al. (2018) ‘The Business Guideline of New Entrepreneur toward Business Model Canvas’, International Journal of Business and Economic A airs (IJBEA), 3(1), pp. 40–47. doi: 10.24088/IJBEA-2018-31005.

Mukherjee, S. (2018) ‘Challenges to Indian micro small scale and medium enterprises in the era of globalization’, Journal of Global Entrepreneurship Research. SpringerOpen, 8(1), pp. 28–47.

Müller, J. M. (2019) ‘Business model innovation in small-and medium-sized enterprises: Strategies for industry 4.0 providers and users’, Journal of Manufacturing Technology Management. Emerald Publishing Limited, 30(8).

Ostewalder A, Pigneur, Y. (2015). Business Model Generation. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Pfeifer, S., Peterka, S. O. and Stanić, M. (2017) ‘Business models of micro business: empirical evidences from creative industries’, Journal of Contemporary Management Issues, 22(Special issue), pp. 1–19.

Swasty, W. (2015) ‘Business model innovation for small medium enterprises’, The Winners, 16(2), pp. 85–95.

Teece, D. J. (2010) ‘Business models, business strategy and innovation’, Long range planning. Elsevier, 43(2–3), pp. 172–194.

Tokarski, A., Tokarski, M. and Wójcik, J. (2017) ‘The Possibility Of Using The Business Model Canvas In The Establishment Of An Operator’S Business Plan’, Torun Business Review, 16(4), pp. 17–31.

Umar, A., Sasongko, A. H. and Aguzman, G. (2018) ‘Business model canvas as a solution for competing strategy of small business in Indonesia’, International Journal of Entrepreneurship. Allied Business Academies, 22(1), pp. 1–9.

Vargas-Hernández, J. G., Casas-Cardenaz, R. and Almanza-Jiménez, R. (2018) ‘Adaptation of the canvas model as a competitive tool for the Msmes of Lázaro Cárdenas, Michoacán’, REBRAE, 11(2), pp. 294–310.

Venkatesh, J. and Kumari, R. L. (2015) ‘Role of Marketing Strategies in the Context of MSME Sector’, International Journal of Research in Finance and Marketing, 5(8), pp. 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.35590/jeb.v6i2.1313

Article Metrics

Sari view : 74 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Penerbit: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Jl. RS Fatmawati, Pd. Labu, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12450. 

Telepon: 08111037496. Email: jurnalekonomibisnis@upnvj.ac.id

Creative Commons License

Jurnal ini terlisensi dibawah lisensi: Creative Commons Attribution 4.0 International License.