Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Ekonomi dan Bisnis dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai isu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, baik secara nasional maupun internasional. Artikel ilmiah dimaksud berupa kajian teori (theoritical review) dan kajian empiris dari ilmu terkait, yang dapat dipertanggungjawabkan serta disebarluaskan secara nasional maupun internasional.

Ekonomi dan Bisnis menerima artikel ilmiah dengan area penelitian:

  1. Manajemen Pemasaran
  2. Manajemen Sumber Daya Manusia
  3. Manajemen Produksi
  4. Manajemen Keuangan
  5. Manajemen Akuntansi
  6. Sistem Informasi Manajemen
  7. Bisnis Internasional
  8. Hukum Bisnis
  9. Kewirausahaan

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap naskah yang masuk akan dilakukan peer review (double-blind review) oleh 2 (dua) mitra bebestari ahli. Double-blind review adalah metode review manuskrip di mana penulis tidak mengetahui reviewer yang memeriksa manuskrip yang dikirimkan dan juga reviewer tidak mengetahui penulis dari naskah yang diperiksa. Ringkasnya, reviewer dan penulis menjaga kerahasiaan identitas masing-masing. Proses review dilakukan secara online oleh reviewer dan hasilnya akan disampaikan kepada penulis melalui email.

Setiap artikel yang masuk sebelum diterbitkan akan melalui proses editorial dengan menggunakan alat bantu Turnitin untuk cek plagiasi. Jika diindikasi mayor plagiarisme maka naskah ditolak untuk terbit.

Hasil review dapat berupa penerimaan tanpa revisi, penerimaan dengan revisi minor, penerimaan dengan revisi mayor, dan penolakan naskah. Maksimum waktu review adalah 2 (dua) bulan setelah penerimaan naskah.

Keputusan akhir akan dibuat oleh editor mempertimbangkan komentar dari mitra bebestari. Artikel yang diterima dengan revisi diharapkan melakukan revisi sesuai catatan yang diberikan tidak melebihi jangka waktu yang telah ditentukan editorial.

 

Frekuensi Penerbitan

Ekonomi dan Bisnis terbit pada Juni dan Desember setiap tahunnya. Naskah dikirim kapanpun melalui online (Registrasi). Pengiriman naskah Januari s.d Mei akan diproses untuk penerbitan Juni, sementara pengiriman naskah Juli s.d November akan diproses untuk penerbitan Desember.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan support pertukaran pengetahuan global terbesar, namun disarankan terlebih dahulu daftar pada situs Ekonomi dan Bisnis (data pembaca/kunjungan).

 

Etika Publikasi

Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal peer-review yang berkomitmen untuk menjaga standar tertinggi dari etika publikasi. Setiap artikel yang tidak memenuhi ketentuan ini akan dihapus dari publikasi sewaktu-waktu, walaupun artikel telah diterbitkan. Pernyataan ini menjelaskan perilaku-perilaku beretika  dari setiap pihak yang terlibat dalam publikasi artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, ketua redaktur, dewan editor, dewan reviewer, dan penerbit (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta). Pernyataan ini didasarkan pada COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors. 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, sebagai penerbit Ekonomi dan Bisnis berperan sebagai perwalian terhadap dan menyupervisi seluruh tahapan publikasi dengan sangat serius. Sebagai penerbit, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta mengakui perilaku etis dan tanggung jawab lainnya.

Penerbit berkomitmen untuk menjaga agar periklanan, pencetakan ulang, atau penghasilan komersial lainnya tidak mempunyai dampak terhadap keputusan editorial.

Sebagai tambahan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta beserta Dewan Editorial akan membantu komunikasi dengan jurnal dan penerbit lainnya jika berguna dan diperlukan.

 

Biaya Publikasi

Jurnal ini mengenakan biaya kepenulisan sebagai berikut:

Submit Artikel: 0.00 (USD/IDR)

Publikasi Artikel: 0.00 (USD/IDR)

 

Kebijakan Screening Plagiarisme

Setiap konten dari naskah harus bebas dari plagiarisme. Setiap penulis disarankan untuk mendeteksi plagiarisme menggunakan perangkat lunak terkait untuk melakukan cek plagiarisme dari naskah. Editor melakukan cek plagiarisme untuk setiap artikel yang disubmit ke Ekonomi dan Bisnis menggunakan perangkat lunak Turnitin.