Pengembangan dan Implementasi Aplikasi Mobile Indogalaxy di Kelompok Budidaya Ikan Cambetta Cipulir dan Betta Fish As

Authors

  • Desta Sandya Prasvita Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • James Julian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Zackharia Rialmi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Fitri Wahyuni Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Abstract

Di awal pandemi Covid-19 tahun 2019, budidaya ikan cupang menjadi tren masyarakat Indonesia. Bisnis ikan cupang juga menjadi sangat menjanjikan pada saat itu. Namun dipertengahan tahun 2021, bisnis ikan cupang mulai meredup dan penjualan ikan cupang pun menurun. Kelompok budidaya Cambetta Cipulir dan Betta Fish As sebagai bagian dari kelompok budidaya ikan cupang di Jakarta menjadi contoh kelompok budidaya ikan cupang yang omset pejualannya menurun drastis hingga 70% ditambah lagi keterbatasan SDM di kelompok budidaya tersebut yang membuat persoalan ini belum terpecahkan. Beberapa penjual ikan cupang mencoba beralih dengan melakukan penjualan di media sosial seperti Facebook dan Instagram, namun munculnya larangan penjualan makhluk hidup dikedua aplikasi tersebut membuat transaksi ikan cupang semakin menurun ditengah pandemi. Solusi yang ditawarkan untuk permasalahan ini adalah dengan pengembangkan aplikasi berbasis android untuk memfasilitasi proses jual beli ikan cupang. Aplikasi ini diberi nama IndoGalaxy, dibuat dengan memperhatikan kemudahan user dalam menggunakan aplikasi, mulai dari pembuatan akun, mengupgrade akun, sampai melakukan jual beli dan lelang ikan cupang. Pada aplikasi ini juga memberikan fitur tambahan untuk jual beli dan lelang ikan cupang dengan video streaming. Agar aplikasi ini dapat digunakan oleh kelompok budidaya ikan cupang, pada pengabdian kepada masyarakat dilakukan juga dilakukan pelatihan khusus untuk menggunakan aplikasi. Hasil yang didapat dari kegiatan pemberdayaan antara lain memperbaiki sistem transaksi penjualan ikan cupang di Indonesia khususnya DKI Jakarta melalui pengembangan aplikasi berbasis android, meningkatkan omset atau pendapatan kelompok budidaya ikan cupang melalui aplikasi android, mengidentifikasi potensi masyarakat khususnya kelompok budidaya ikan cupang sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas SDM, dan mewujudkan konsep inovasi kreatif dalam usaha peningkatan perekonomian masyarakat kelompok budidaya ikan cupang.

References

(KKP), Kementerian Kelautan Dan Perikanan. 2019. Laporan Tahunan Kementerian Kelautan Dan Perikanan Tahun 2019.

(Menkominves), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. 2019. Laporan Tahunan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Dan Investasi Tahun 2019.

Puspitasari, Zainal Abidin;Hutami P. 2018. Mina Bisnis Ikan Cupang: Teori Dan Aplikasi. Malang: UB Publisher.

Ulya, Fika Nurul. 2019. “Jual Beli Hewan Termasuk Ikan Hias Dilarang Facebook Dan IG? Ini Kata Meta.” Kompas.Com. Retrieved (https://money.kompas.com/read/2021/11/22/103500126/jual-beli-hewan-termasuk-ikan-hias-dilarang-facebook-dan-ig-ini-kata-meta?page=all).

Published

2023-01-04