Pengenalan Pemrograman Menggunakan Scratch bagi Siswa Sekolah dan Rumah Yatim Mizan - Kota Depok

Authors

  • Helena Nurramdhani Irmanda Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Nurul Chamidah UPN Veteran Jakarta
  • Mayanda Mega Santoni UPN Veteran Jakarta

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pengenalan pemrograman menggunakan Scratch bagi Siswa Sekolah dan Rumah Yatim Mizan - Kota Depok. Adapun tahapan pelaksanaan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat terdiri atas dari 4 tahapan antara lain: persiapan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi kegiatan. Aplikasi Scratch merupakan aplikasi yang dirancang untuk melatihan pemrograman dengan pendekatan bermain, belajar sendiri dan dilengkapi dengan animasi. Scratch menawarkan grafik untuk memudahkan memahami logika pemrograman kepada siswa. Hasil dari kegiatan PKM ini yaitu meningkatnya computational thinking siswa sekolah dan rumah yatim mizan Depok yang dibuktikan dengan perolehan n-gain yang tinggi sebesar 89.3%. Selain itu, manfaat dari kegiatan PKM ini adalah memberikan pengalaman langsung pada siswa mengenal konsep pemrograman sederhana yang terkait permasalahan sehari-hari.

References

Denning, P. J. and Tedre, M. (2019) Computational thinking. Mit Press.

Kasih, A. P. (2020) Beasiswa SMP TIK Mizan, Bebas Biaya Pendidikan dan Hidup Halaman all - Kompas.com. Available at: https://www.kompas.com/edu/read/2020/03/31/170000971/beasiswa-smp-tik-mizan-bebas-biaya-pendidikan-dan-hidup?page=all (Accessed: 10 September 2021).

Oktriwina, A. S. (2022) Computational Thinking: Definisi, Mengapa Penting, dan Penerapannya. Available at: https://glints.com/id/lowongan/computational-thinking-adalah/#.Yidod3pBw2x (Accessed: 8 March 2022).

Wijanto, M. C. et al. (2021) ‘Implementasi Computational Thinking Melalui Pemrograman Visual dengan Kolaborasi Mata Pelajaran pada Siswa Menengah Atas’, in Sendimas 2021-Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, pp. 50–55.

Zahid, M. Z. et al. (2021) ‘Scratch Coding for Kids: upaya memperkenalkan mathematical thinking dan computational thinking pada siswa sekolah dasar’, in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, pp. 476–486.

Zuraida, Z. and others (2020) ‘PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 JANGKA BUYA’, Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 3(1), pp. 171–180.

Published

2023-01-04