Penerapan Sistem Informasi Keuangan (SIK) Berbasis Website di MDT Ula NU 13 Miftahul Huda

Authors

  • dina maulina Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Erni Seniwati Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Agung Wahyudi Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Arbaaturizal Rizqi Awalil Ramadhan Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Irfan Saputra Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Rio Wirawan Fakultas Ilmu Komputer, Upn Veteran Jakarta

Abstract

Madrasah Diniyah Takimiliyah ULA NU 13 MIFTAHUL HUDA sebagai lembaga pendidikan berusaha mampu melayani masyarakat dengan baik, terutama dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat yang sudah mempercayakan putra putrinya mendapatkan pendidikan agama islam pada madrasah tersebut serta para donatur yang telah membantu keuangan lembaga tersebut. Inforrmasi keuangan yang selama ini  dilakukan oleh pihak madrasah  masih secara manual dengan cara  ditempel dipapan pengumuman, melalui speaker yang dipasang tiap kelas, surat selebaran yang dibagikan kepada santri dan masih menggunakan media informasi seperti kartu SPP dan Kartu Tabungan sebagai media informasi keuangan kepada santri dan wali santri. Dalam pengolahan data keuangan MDT Ula NU 13 MIFTAHUL HUDA masih belum menggunakan aplikasi khusus dalam hal ini masih menggunakan Ms. Excel dan di catat manual melalui buku kas.  Hal tersebut tentunya cukup memakan waktu yang lama dalam prosesnya. Serta akan banyak menimbulkan resiko dan kebocoran data dan tidak terkoneksi dengan baik, misalnya seperti buku tabungan         hilang, jumlah uang pemasukan tidak sesuai dan lain-lain. Oleh karena itu madrasah tersebut sangat membutuhkan kecepatan dan ketepatan informasi  untuk membantu pengambilan keputusan dalam hal keungan. Cara untuk  mendapatkan informasi yang cepat dan akurat  adalah dengan menggunakan sistem informasi yang terkomputerisasi.  Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini dengan membuatkan aplikasi sistem informasi keuangan yang berbasis web. Sistem Informasi Keuangan adalah sistem informasi yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuangan Dan Menyediakan informasi mengenai arus uang bagi para pemakai diseluruh perusahaan. Sistem Informasi Keuangan yang akan nantinya diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat kinerja bagi biro keuangan untuk  melakukan proses pengelolaan  keuangan. Sistem berbasis web dipilih karena  MDT Ula NU 13 MIFTAHUL HUDA mempunyai perangkat yang mendukung dalam pembuatan maupun pengoperasian sistem yang baru yang akan dibangun berbasis website menggunakan PHP dan MySQL,  pengguna website ini adalah santri dan admin, dimana admin ini dibagi menjadi tiga yaitu ketua, bendahara, dan sekretaris.  Diharapkan dengan adanya suatu sistem informasi keuangan pada  MDT Ula NU 13 MIFTAHUL HUDA dapat mendukung kegiatan operasional pengolahan data khususnya pengolahan data pemasukan dan pengeluaran serta tabungan santri di madrasah. 

References

Z. Z. Tazkia, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Laporan Keuangan Laba Rugi pada Restoran Eatboss Dengan Menggunakan PHP dan MySQL,” is Best Account. Inf. Syst. Inf. Technol. Bus. Enterp. this is link OJS us, vol. 4, no. 1, pp. 426–440, 2019, doi: 10.34010/aisthebest.v4i1.1831.

T. Rahmasari, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Dagang Pada Toserba Selamat Menggunakan Php Dan Mysql,” is Best Account. Inf. Syst. Inf. Technol. Bus. Enterp. this is link OJS us, vol. 4, no. 1, pp. 411–425, 2019, doi: 10.34010/aisthebest.v4i1.1830.

K. Fauzia, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Piutang Usaha Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL,” J. Tekno Kompak, vol. 14, no. 2, p. 80, 2020, doi: 10.33365/jtk.v14i2.746.

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta, 2014.

T. Sutabri, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta, 2012.

B. T. S. Kampus and J. T. Informatika, “oleh : MOHAMAD NURUL MISBAH,” 2014.

Ismail, Teori dan Aplikasi dalam Rupiah. Jakarta: Prenadamedia Group, 2010.

T. Pustaka, “BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN DASAR TEORI 2.1 Tinjauan Pustaka,” no. 2010, pp. 5–25, 2007.

Dewantry, Aplikasi Pengelolan Dana Donasi Untuk Penderita Kangker. 2015.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

A.-B. Bin Ladjamudin, Analisi dan Deasin Sistem informasi. Yogyakarta, 2013.

J. Simarmata, Perancangan Basis Data. Yogyakarta, 2010.

B. Nugroho, Dasar Pemograman Web PHP- MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta, 2012.

B. Raharjo, Belajar otodidak pemrograman web dengan PHP + ORACLE.

Bandung, 2011.

R. Abdul, Web Programing is Easy & simple. Jakarta, 2016.

H. R. Mustaqbal, M Sidi, Roeri Firdaus, Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN).” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan 1 (3). 2015.

Suri K. and S. Widowati, Implementasi Metode Cause Effect Graphing (CEG) Dalam Pengujian Requirement Perangkat Lunak (Studi Kasus: Aplikasi G-College). 2015.

Published

2023-01-04