Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Persepsi Imbal Hasil, dan Motivasi terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah

Authors

  • Vania Evanita Puspitasari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Fitri Yetty Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Siwi Nugraheni Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47700/jiefes.v2i2.3292

Keywords:

Imbal Hasil, Investasi, Keuangan Syariah, Literasi, Motivasi

Abstract

Abstract

The increase in the number of Indonesians Muslim population, sharia shares and the growth of sharia capital market assets are inversely proportional to the level of Islamic financial literacy and the Islamic capital market of the Indonesian population which is still very low than conventional based on the 2019 National Survey of Financial Literacy and Inclusion. This research aims to investigate the influence of Islamic financial literacy, perception of return, and motivation on investment interest in the Islamic capital market. The research method is quantitative with a sample of 150 Jabodetabek people who know about the Islamic capital market. Data was collected by questionnaire through google form. Analysis of the data used is multiple linear regression using SPSS version 25. The results of the research found that simultaneously there is an influence between Islamic financial literacy, perception of return, and motivation on investment interest. Partially, perception of return and motivation have a positive and significant effect, while Islamic financial literacy has no effect on investment interest. The results of the coefficient of determination test explained that the three independent variables influenced investment interest as much as 22%, the remaining 78% was the influence of independent variables outside the model


Abstrak

Peningkatan jumlah penduduk muslim Indonesia dan jumlah saham syariah serta pertumbuhan aset pasar modal syariah berbanding terbalik dengan tingkat literasi keuangan syariah dan pasar modal syariah penduduk Indonesia yang masih sangat rendah daripada konvensional berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan tahun 2019. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, persepsi imbal hasil, dan motivasi pada minat investasi di pasar modal syariah. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan sampel 150 masyarakat Jabodetabek yang mengetahui tentang pasar modal syariah. Data dikumpulkan dengan kuesioner melalui google form. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 25. Hasil kajian ditemukan bahwasanya secara simultan terdapat pengaruh antara literasi keuangan syariah, persepsi imbal hasil, dan motivasi pada minat investasi. Secara parsial, persepsi imbal hasil dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan literasi keuangan syariah tidak berpengaruh pada minat investasi. Hasil uji koefisien determinasi dijelaskan bahwa ketiga variabel independent memengaruhi minat investasi sebanyak 22%, 78% sisanya merupakan pengaruh variabel independent di luar model.

References

Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 189–210. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791

Badan Pusat Statistik. (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020. Berita Resmi Statistik No.7/01/Th.XXIV. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html

Deviyanti, L. P. A. E., Purnamawati, I. G. A., & Yasa, I. N. P. (2017). Pengaruh Norma Subjektif, Persepsi Return dan Literasi Keuangan terhadap Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi Saham di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14298

Fariqi, S. (2020). Pengaruh Motivasi Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Dimediasi Oleh Perkembangan Teknologi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Malang Tahun 2015-2019 yang berinvestasi di Galeri Investasi Syariah UIN Malang). Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Fauzan, M., & Suhendro, D. (2018). Peran Pasar Modal Syariah Dalam Mendorong Laju Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Prosiding SENDI_U, 3, 521–533.

Fitria, H., & Yani, E. A. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Ekonomi Islam (Studi Kasus : Stei Sebi). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 99–130. https://doi.org/10.46899/jeps.v2i1.144

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23: Vol. Edisi 8. Badan Penerbit Univesitas Diponegoro.

Hambali, M. Y. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Perilaku Keuangan Masyarakat Sekitar Pondok Pesantren di Kecamatan Cibitung Bekasi [Institut Pertanian Bogor]. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95712

Hartono, J. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (10th ed.). BPFE Yogyakarta.

Herdianti, I. F., & Utama, S. (2017). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Pada Lembaga Keuangan Syariah. UMY Repository.

Hermanto. (2017). Perilaku Mahasiswa Ekonomi di Universitas Esa Unggul Dalam Melakukan Investasi di Pasar Modal. Jurnal Ekonomi, 8(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47007/jeko.v8i01.1733

Hertanto, E. (2017). Perbedaan Skala Likert Lima Skala Dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. Metodologi Penelitian, September, 2–3. https://www.academia.edu

Ikbal, A. M., & Tandika, D. (2019). Pengaruh Motivasi Investasi dan Literasi Keuangan terhadap Minat Investasi Syariah. Prosiding Manajemen, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19001

Jalari, M., & Marimin, A. (2020). Antecedent Interest Investment Students Surakarta In The Sharia Capital Market. International Journal of Seocology, 02(01), 131–144.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. QUADRANT.

Kamakia, M. G., Mwangi, C. I., & Mwangi, M. (2017). Financial Literacy and Financial Wellbeing of Public Sector Employees: A Critical Literature Review. European Scientific Journal, 13(16), 233. https://doi.org/10.19044/esj.2017.v13n16p233

Khairiyati, C., & Krisnawati, A. (2019). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Pada Masyarakat Kota Bandung. Almana: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2). http://journal.unla.ac.id/index.php/almana/article/view/362

Kurniawan, P. I. (2021). Effect of Expected Return, Self Efficacy, and Perceived Risk on Investment Intention: An Empirical Study on Accounting Master Degree in Udayana University, Bali. Journal of Accounting Finance and Auditing Studies (JAFAS), 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32602/jafas.2021.002

Kusmawati. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi Dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius), 1(2), 103–117. https://adoc.pub/pengaruh-motivasi-terhadap-minat-berinvestasi-di-pasar-modal.html

Kusnandar, V. B. (2019). Jumlah Penduduk Indonesia Menurut Agama (2010-2050). Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/24/berapa-jumlah-penduduk-muslim-indonesia

Listyani, T. T., Rois, M., & Prihati, S. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal (Studi Pada Pt Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32497/akunbisnis.v2i1.1524

Maja, O. Y., & Sudibia, I. K. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Wanita Sebagai Pengepul Squin Secara Putting Out. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 1(1), 1–60. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/2036

Malik, A. D. (2017). Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi Uisi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 3(1), 61–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20473/jebis.v3i1.4693

Merawati, L. K., & Putra, I. P. M. J. S. (2015). Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(2). https://ojs.unud.ac.id/index.php/jiab/article/view/16825

Mubarok, F. K. (2018). Peran sosialisasi dan edukasi dalam menumbuhkan minat investasi di pasar modal syariah. Inovasi, 14(2), 113–122. https://doi.org/10.29264/jinv.v14i2.4119

Nisa, A., & Zulaika, L. (2017). Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA), 2(2), 22–35. https://doi.org/https://doi.org/10.51289/peta.v2i2.309

OECD. (2016). OECD/INFE International Survey of Adult Financial Literacy Competencies. Organisation for Economic Co-operation and Development. www.oecd.org/finance/OECD-INFE-International-Survey-of-Adult-Financial-Literacy-Competencies.pdf

Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. Survey Report. www.ojk.go.id

Otoritas Jasa Keuangan. (2020a). Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia 2020. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/laporan-perkembangan-keuangan-syariah-indonesia/Documents/LAPORAN PERKEMBANGAN KEUANGAN SYARIAH INDONESIA 2020.pdf

Otoritas Jasa Keuangan. (2020b). Roadmap Pasar Modal Syariah 2020-2024. Otoritas Jasa Keuangan. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Roadmap-Pasar-Modal-Syariah-2020---2024/Roadmap Pasar Modal Syariah 2020 - 2024.pdf

Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa Fe Uny. Jurnal Profita, 5(1), 1–16.

Pangestika, T., & Rusliati, E. (2019). Literasi Dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/jrbm.v12i1.1524

Parulian, & Aminnudin, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Modal Minimal Terhadap Minat Investasi pada Mahasiswa (The Effect of Financial Literation and Minimum Capital on Investment Interest in Students). Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(2), 131–140. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v22i02.417

Purboyo, Zulfikar, R., & Wicaksono, T. (2019). Pengaruh Aktivitas Galeri Investasi, Modal Minimal Investasi, Persepsi Risiko dan Persepsi Return Terhadap Minat Investasi Saham Syariah (Studi pada Mahasiswa Uniska MAB Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 7(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/jwm.v7i2.181

Rahim, S. H. A., Rashid, R. A., & Hamed, A. B. (2016). Islamic financial literacy and its determinants among university students: An exploratory factor analysis. International Journal of Economics and Financial Issues, 6(S7), 32–33. https://www.econjournals.com/index.php/ijefi/article/view/3572

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Universitas Islam Jakarta.

Ramadhan, A. H., & Hermanto, S. B. (2015). Analisis Perilaku Nasabah Terhadap Minat Berinvestasi Deposito. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 4(7). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/3553

Ramadhani, D. F., & Cahyono, H. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Rencana Investasi di Pasar Modal Syariah Pada Mahasiswa Ekonomi Islam di Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 56–71. https://doi.org/10.2670

Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case For a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy. The Journal of Consumer Affairs, 44(2), 276–295. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01169.x

Shofwa S, Y. (2017). Pengaruh Motivasi dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Purwokerto). Jurnal Penelitian Agama, 18(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24090/jpa.v18i2.2017.pp290-301

Situmorang, M., Andreas, & Natariasari, R. (2014). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi, 1(2), 1–18. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/4675

Sivaramakrishnan, S., Srivastava, M., & Rastogi, A. (2017). Attitudinal factors, financial literacy, and stock market participation. International Journal of Bank Marketing, 35(5). https://doi.org/https://doi.org/10.1108/IJBM-01-2016-0012

Sulistyowati, N. W. (2015). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Dan Prestasi Belajar Akuntansi Terhadap Minat Investasi Dan Keputusan Investasi Mahasiswa Fe Program Studi Akuntansi UNESA. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p76-90

Sunyoto, D. (2015). Penelitian Sumber Daya Manusia. Buku Seru.

Susilowati, Y. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Syariah Untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi di IAIN Surakarta). Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Tandio, T., & Widanaputra, A. A. G. P. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi, Risiko, Gender, Dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(3), 2–26. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/21199

Taufiqoh, E., Diana, N., & Junaidi. (2019). Pengaruh Norma Subjektif, Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Persepsi Return dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Saham di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 08(05). http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/4063

Trenggana, A. F. M., & Kuswardhana, R. (2017). Pengaruh Informasi Produk, Risiko Investasi, Kepuasan Investor dan Minat Mahasiswa Berinvestasi. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis, 1(1), 8–17. https://doi.org/https://doi.org/10.31104/jsab.v1i1.3

Triwijayati, A., & Koesworo, Y. (2006). Studi Sikap dan Niat Konsumsi Jamu Pahitan di Surabaya. Jurnal Widya Manajemen Dan Akuntansi, 6(1).

Wafirotin, K. Z., & Marsiwi, D. (2015). Persepsi Keuntungan Menurut Pedagang Kakilima di Jalan Baru Ponorogo. Jurnal Ekuilibrium: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 13(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/ekuilibrium.v10i1.46

Yulianto, A. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Penggunaan Produk atau Layanan Lembaga Keuangan Syariah. Universitas Islam Indonesia.

Downloads

Published

2021-12-22