Perilaku Konsumsi Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia: Studi Perbandingan

Authors

  • Herianto Herianto Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  • Andi Ajeng Tenri Lala Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurpasila Nurpasila Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47700/jiefes.v2i1.2808

Keywords:

Pandemi Covid-19, Perilaku Konsumsi, Pola Konsumsi

Abstract

Abstract

This study aimed to compare consumption behavior before and during the pandemic, also to analyze the health and sharia aspects of food or products consumed. This paper is based on the population in the study with a sample of 100 people, using judgment sampling with the Slovin formula. Data were collected by distributing online questionnaire. This type of research is cross sectional study using descriptive quantitative analysis method. The results showed that the people's consumption behavior before and during the pandemic experienced changes by looking at the 13 indicators in the questionnaire with an average change of over 50 percent. This changing condition is believed to have occurred due to one of the impacts of the government's recommendation to avoid crowds by implementing the PSBB policy. Correspondingly, the change in consumption behavior during a pandemic, as found in this study, lies in the uncertainty of the country's economic situation due to the pandemic. This paper suggests the need to expand the scope of the research area and add data sources to allow understanding of the impact of a pandemic on changes in people's consumption behavior in a deep and comprehensive manner.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan perilaku konsumsi sebelum dan selama pandemi serta menganalisis aspek kesehatan dan kesyariahan dari makanan atau produk yang dikonsumsi.  Tulisan ini didasarkan pada populasi dalam penelitian dengan sampel 100 orang, menggunakan jenis sampel judgment sampling dengan menggunakan rumus slovin. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner secara online. Jenis penelitian cross sectional study menggunakan metode analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumsi masyarakat sebelum dan selama pandemi mengalami perubahan dengan melihat dari 13 indikator yang ada dalam kuesioner dengan rata-rata perubahan mengalami peningkatan di atas 50 persen. Kondisi perubahan tersebut diyakini terjadi karena salah satu dampak adanya anjuran pemerintah untuk menghindari kerumunan dengan menerapkan kebijakan PSBB. Sejalan dengan itu, perubahan perilaku konsumsi selama pandemi, sebagaimana ditemukan pada studi ini, terletak pada ketidakpastian situasi ekonomi negara akibat pandemi. Tulisan ini menyarankan perlunya perluasan cakupan wilayah penelitian dan penambahan sumber data untuk memungkinkan dipahaminya dampak pandemi pada perubahan perilaku konsumsi masyarakat secara mendalam dan komprehensif.

References

Astuti, R. P. F. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Life Style Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Edutama, 3(2), 49–58.

Atmadja, T. F. A., Yunianto, A. E., Yuliantini, E., Haya, M., Faridi, A., & Suryana, S. (2020). Gambaran sikap dan gaya hidup sehat masyarakat Indonesia selama pandemi Covid-19. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 5(2), 195. https://doi.org/10.30867/action.v5i2.355

Chenarides, L., Grebitus, C., Lusk, J. L., & Printezis, I. (2021). Food consumption behavior during the COVID-19 pandemic. Agribusiness, 37(1), 44–81. https://doi.org/10.1002/agr.21679

Dzikrayah, F. (2020). Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Konsumsi Food and Beverage pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Ekonomi Syariah, 7. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap & Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Furqon, I. K. (2018). Teori Konsumsi dalam Islam. Adzkiya : Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.32332/adzkiya.v6i1.1169

Goswami, S., & Chouhan, V. (2021). Materials Today : Proceedings Impact of change in consumer behaviour and need prioritisation on retail industry in Rajasthan during COVID-19 pandemic. Materials Today: Proceedings, xxxx. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2020.12.073

Hakim, L. (2012). Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam. Jakarta: Erlangga.

Hassen, T. Ben, Bilali, H. El, & Allahyari, M. S. (2020). Impact of Covid-19 on food behavior and consumption in qatar. Sustainability (Switzerland), 12(17), 1–18. https://doi.org/10.3390/su12176973

Hoyer, W. D., & Stokburger-Sauer, N. E. (2012). The role of aesthetic taste in consumer behavior. Journal of the Academy of Marketing Science, 40(1), 167–180. https://doi.org/10.1007/s11747-011-0269-y

Huda, N. (2017). Faktor yang Memepengaruhi Perilaku Konsumsi Produk Halal pada Kalangan Mahasiswa Muslim. Journal Ekonomi Dan Keuangan, 32, 247–270. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2018.v2.i2.3944

Juntra, L., Program, U., Gizi, S., Kemenkes, P., Jalan, K., & Tallo -Kupang, P. A. (2020). Gaya Hidup Mayarakat Nusa Tenggara Timur Dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 34–40.

Kusumaningrat, A. G. E., & Maheswari, A. A. I. A. (2020). Analisa Pembelian Kebutuhan Produk Pencegahan Covid-19 Oleh Instansi Non Pelayanan Kesehatan Pada PT. Ersa Prima Medika. Anterior Jurnal, 20(1), 102–107. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1582

Lidia, K. (2020). Peningkatan Kesehatan dengan Suplemen dan Gizi Seimbang di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 14(2), 63–68.

Mannan, M. A. (1997). Teori dan Praktek Ekonomi Islam. Dana Bakti Wakaf.

Murphy, M. C., & Dweck, C. S. (2016). Mindsets shape consumer behavior. Journal of Consumer Psychology, 26(1), 127–136.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Journal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(3), 305–309. https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x

Notoatmojo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prakoso, F. A. (2020). Dampak Coronavirus Disease (Covid-19) Terhadap Industri Food & Beverages. Manajemen Bisnis, 33(2), 1–6.

Septiana, A. (2015). Analisis Perilaku Konsumsi Dalam Islam. Dinar, 1(1), 1–17. https://journal.trunojoyo.ac.id/dinar/article/download/2688/2162

Signals of a Post-COVID-19 ‘New Normal.’

Sheth, J. (2020). Impact of Covid-19 on consumer behavior: Will the old habits return or die? Journal of Business Research, 117, 280–283.

Sitepu, N. I. (2017). Perilaku Konsumsi Islam Di Indonesia. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 2(1), 91–106. https://doi.org/10.24815/jped.v2i1.6650

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitia Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Jakarta: Graha Ilmu.

Sutrisno, R. (2013). Perilaku Konsumen Muslim : Persepsi Religiusitas Dan Persepsi Atribut Produk Minuman Berlabel Halal Di Kalangan Mahasiswa Muslim Di Bandung Muslim Consumer Behavior : the Religiosity Perceptions and the Perceptions of Product Attributes Toward the Loyalty. Sigma-Mu, 5(2), 18–36.

Syaparuddin. (2017). Ilmu Ekonomi Mikro Islam: Peduli Maslahah VS Tidak Peduli Maslahah. Timstmedia Publishing.

Vindegaard, N., & Benros, M. E. (2020). COVID-19 pandemic and mental health consequences: Systematic review of the current evidence. Brain, Behavior, and Immunity, 89, 531–542.

Wardani, R. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Ibu Dalam Memilih Makanan Sehari ?? Hari Dalam Keluarga Di Rt 25 Rw 09 Lingkungan Tirtoudan Kelurahan Tosaren. Jurnal EduHealth, 3(2), 245223.

Willys, S. S. (2004). Konseling Individual: Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta.

Yu, X., Liu, C., Wang, H., & Feil, J. H. (2020). The impact of COVID-19 on food prices in China: evidence of four major food products from Beijing, Shandong and Hubei Provinces. China Agricultural Economic Review, 12(3), 445–458. https://doi.org/10.1108/CAER-04-2020-0054

Downloads

Published

2021-06-30