ANALISIS KARAKTERISTIK KOMEDI PADA KUIS WAKTU INDONESIA BERCANDA NET.TV

Authors

  • freddy yusanto Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v2i1.968

Keywords:

Program Komedi, Kategori Humor Arthur Asa Berger, Karakteristik Humor

Abstract

Televisi memiliki program-program yang diciptakan untuk mendukung perkembangan keberhasilannya. Hal ini membuat stasiun televisi berlomba untuk membuat program yang menarik baik itu dari segi konten acara, rangkaian acara atau penyajian acara. Seperti NET.TV yang membuat program komedi dengan kemasan kuis, yakni program komedi Waktu Indonesia Bercanda (WIB). Program ini mampu meciptakan sajian komedi dengan tayangan komedi yang tidak seperti biasanya.

Analisa kualitatif deskriptif ini menggunakan pendekatan teori kategori komedi dari Arthur Asa Berger, yang mengatakan bahwa kategori humor/komedi ada Language, Logic, Identity danActiondengan keseluruhan terdiri atas 31 dimensi. Keempat kategori dengan tigapuluh satu dimensi ini digunakan peneliti sebagai acuan dalam membedah karakteristik komedi yang ada pada program komedi Waktu Indonesia Bercanda NET.TV.

Kesimpulan dari analisis ini, bahwa dari tigapuluh satu dimensi pada empat kategori komedi, terdapat tujuh belas dimensi yang sering digunakan dalam program WIB di NET. Kategori languagemenjadi kategori yang paling banyak digunakan dalam program komedi ini, yakni ada sembilan dimensi, kemudian pada identitydan logicmasing-masing ada tiga dimensi yang sering digunakan, dan pada kategori action,hanya satu dimensi yang sering digunakan.

Author Biography

freddy yusanto, Telkom University

Jabatan Struktural : Kaprodi Ilmu Komunikasi 

Jabatan Fungsional : Lektor

References

Ali, Lukman. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Berger, Arthur Asa. 2012. An Anatomy of Humor. United States of America : Transaction Publishers.

Mcquail, Denis. (2005). Mass Communication Theory, Fifth Edition. London: Sage Publications.

Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru dalam Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Yusanto, Freddy, S. Sos., M.Ds., dan Esfandari, Agung Diah, B.A., M.Si. 2016. Produksi Progam Televisi. Yogyakarta: Deepublish.

Widjaja, A.W. 1983. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2019-09-17

Issue

Section

Artikel