PENGARUH PEMBERITAAN KASUS TUDUHAN EKSPLOITASI ANAK TERHADAP CITRA PT DJARUM INDONESIA

Authors

  • Rizkiya Ayu Maulida Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Uljanatunnisa Uljanatunnisa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Vinta Sevilla

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v4i2.2801

Keywords:

publisitas, perusahaan rokok, citra perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan.

Abstract

Perseteruan antara KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) dengan Djarum Foundation mengenai tuduhan eksploitasi anak pada audisi PB Djarum telah memberikan publisitas yang kurang baik kepada PT Djarum. Terlebih, kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan pada perusahaan rokok sering dipandang hanya sebagai upaya semata untuk menutupi kerugian yang disebabkan oleh produk rokok. Publisitas merupakan salah satu alat untuk membangun citra dari perusahaan. Kegiatan publisitas dapat dikatakan adalah upaya untuk membentuk citra melalui dukungan pihaak ketiga, yaitu media massa. Akan tetapi, pada kasus ini, publisitas yang muncul adalah justru berasal dari berita yang kurang baik mengenai perusahaan. Pada penelitian ini, tim peneliti ingin menggali pengaruh publisitas yang diperoleh dari konflik antara KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) dan Djarum Foundation terhadap citra PT Djarum sebagai perusahaan rokok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode surveI. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 Prodi Ilmu Komunikasi, UPN Veteran Jakarta, angkatan 2017-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberitaan mengenai perseteruan KPAI dengan Djarum justru memberikan pengaruh positif pada citra yang dibangun oleh PT Djarum. Hal ini menunjukkan bahwa publisitas yang kurang baik mengenai perusahaan tidak selalu memberikan dampak negatif terhadap citra perusahaan.

Author Biography

Rizkiya Ayu Maulida, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Anggota Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

References

Ahmad Toni, A., & Fajariko, D. (2018). Studi Resepsi Mahasiswa Broadcasting Universitas Mercu Buana Pada Film Journalism “Kill The Messenger.” Jurnal Komunikasi, 9(2), 151. https://doi.org/10.24912/jk.v9i2.161

KBR.id (2018, September). Mewaspadai CSR Industri Rokok. Diakses pada 02 Februari 2020, dari https://kbr.id/nasional/09-2018/mewaspadai_csr_industri_rokok_/97315.html

Creswell, J,W., (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches 3rd Edition. London: Sage Publications.

Fitryarini, I. (2016). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman I Fitryarini Jurnal Komunikasi 8 (1), 51-67. Komunikasi, 8(November), 51–67

Intisari. grid. Id (2019, September). PB Djarum vs KPAI: Penelitian ini Sebut Program CSR Produsen Rokok Sukses Merekrut Remaja Menjadi Perokok Baru Diakses pada 01 Februari 2020, dari https://intisari.grid.id/read/031847495/pb-djarum-vs-kpai-penelitian-ini-sebut-program-csr-produsen-rokok-sukses-merekrut-remaja-menjadi-perokok-baru?page=all

Kompas.com (2019, Oktober). Polemik PB Djarum vs KPAI yang Berujung Stop Audisi. Diakses pada 26 Januari 2020, dari https://nasional.kompas.com/read/2019/09/10/06234511/polemik-pb-djarum-vs-kpai-yang-berujung-stop-audisi?page=all

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenadamedia Group.

Meijer, M. M., & Kleinnijenhuis, J. (2006). News and corporate reputation: Empirical findings from the Netherlands. Public Relations Review, 32(4), 341–348. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2006.08.002

Pavlik, J. (2001). Journalism and new media. Columbia university New York Chichester, West Sussex

Sholikhati, K. (2017). JURNAL LISKI | Vol. 2 No. 1 | 2016. Jurnal Liski, 3(2), 61–80. Retrieved from http://journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/818/608

Thorburg, R.M., (2011). Producing online News, digital Skills, Stronger Stories. Washingthon: CQ Press

Yoon, E., Guffey, H. J., & Kijewski, V. (1993). The effects of information and company reputation on intentions to buy a business service. Journal of Business Research, 27(3), 215–228. https://doi.org/10.1016/0148-2963(93)90027-M

Published

2021-07-31

Issue

Section

Artikel