Kegiatan Media Monitoring Humas Pemerintah Kota Cimahi

Aditya Ilham Gunawan, Renata Anisa

Sari


Abstrak. Humas Pemerintah Kota Cimahi merupakan bagian dari Diskominfo arpus. Diskominfo arpus yaitu Dinas Komunikasi Informatika Kearsipan dan Perpustakaan yang merupakan departemen yang memiliki berbagai tugas guna dalam mewujudkan visinya yaitu “Mewujudkan Cimahi Baru Maju, Agamis dan Berbudaya”. Salah satu fungsi Humas Pemerintah Kota Cimahi adalah menganalisis pemberitaan pada media cetak (Media Monitoring). Hal ini dikarenakan sedikit sekali informasi pemerintahan dari lembaga kehumasan yang dapat dipercaya secara langsung dan menjadi bahan utama penulisan berita. Kegiatan ini dilakukan guna mengetahui bagaimana citra dari Pemerintah Kota Cimahi di mata masyarakat luas sebagai lembaga pemerintahan yang mengurusi lingkup lingkungan di Kota Cimahi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan media monitoring di humas pemerintah Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan berdasarkan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan media monitoring yang dilakukan humas pemkot cimahi terdiri dari perencanaan yaitu membahas media yang akan menjadi target dan menjadi bahan dari kliping harian, pelaksanaan yaitu membaca dan memotong berbagai macam berita cetak dan online yang dianggap hangat pada hari itu untuk dibuat kliping, evaluasi yaitu mengevaluasi pemberitaan Pemerintah Kota Cimahi dimata masyarakat dan mengetahui bagaimana tindakan yang akan dilakukan dalam menanggapi pemberitaan tersebut

 


Kata Kunci


humas pemerintah, media monitoring, kota cimahi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media.

Debora, D A. (2013). Analisis Perbedaan Kinerja Public Relations Institusi Pemerintah dan Perusahaan ditinjau dari Publisitas di Media Surat Kabar Kasus di Pemda DIY dan Telkomsel di Yogyakarta

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Teori konsep Dasar dan Implementasi). Bandung : Alfabeta.

Darmastuti, R. (2012). Media Relations: Konsep, Strategi & Aplikasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Harvey, William. S. (2011). “Strategies for Conducting Elite Interviews.” Qualitative Research, 11 (4), 431-441.

Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Cetakan kelima.Jakarta : Ciputat Mega Mall.

Monica, L. (2012). Aktivitas Media Relations Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia

Prasetya K D, Kusumajanti. (2020). Peran public relations internal dalam pengendalian Mutu perusahaan (studi kasus di pt. Jalan tol lingkar luar jakarta). Jakarta: Ejournal Ekspresi dan Persepsi. Vol. 3, No. 1.

Rahutomo, Nugroho A. (2013). Strategi Humas Dalam Mempublikasikan Informasi pelayanan Publik Pada PT PLN (Persero) Rayon di Samarinda Ilir. Samarinda: Ejournal Ilmu Komunikasi. Vol. 1, No. 2.

Review of Qualitative Method: Interview of the Elite Lukman Nul Hakim Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI Naskah diterima: 13 Juni 2013 Naskah direvisi: 19 Agustus 2013 Naskah diterbitkan: 14 Desember 2013

Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33822/jep.v3i2.1758

Article Metrics

Sari view : 252 times
PDF - 125 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindex : ____________________________________________________________________________________________________________________________________________________ 

      


Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN Veteran Jakarta