Manajemen Komunikasi dalam Perwujudan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk Melalui Program Binaan Banksasuci

Authors

  • Dwi Kartikawati Universitas Nasional Jakarta
  • Rahmawati Puspitasari Universitas Nasional jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v3i2.1651

Keywords:

Managemen Komunikasi, Corporate Social Responsibility

Abstract

Fokus riset ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJPS) PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam penyaluran bantuan pada Program Binaan Banksasuci. Program Banksasuci merupakan program bina lingkungan sebagai upaya TJSP  PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang bertujuan untuk mengelola sungai secara terintegrasi, yaitu dengan memelopori penanaman pohon untuk mengurangi polusi, mengelola keberagaman hayati yang berada di bantaran sungai, dan mengelola sampah yang didapat dari sungai Cisadane. Program ini memerlukan manajemen komunikasi yang baik dalam mengoptimalkan sumbedaya komunikasi yang ada untuk mencapai keefektifan program. PT Jasa Marga (Persero) Tbk selalu berkomitmen untuk menjaga lingkungan dengan mengedepankan regulasi yang berlaku terhadap undang-undang CSR. Dengan menggunakan penelitian kualitatif analitik dan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, studi observasi dan studi dokumen. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi dilakukan mulai dari tahapan perencanaan komunikasi pada program Banksasuci, tahap persiapan, tahap pelaksanaan komunikasi penandatanganan perjanjian kerjasama dan penyerahan bantuan dan tahap monitoring melalui reminding call dan whatshapp grup dan evaluasi. Keseluruhan kegiatan CSR yang dilkukan mengedepankan 3 (tiga) prinsip CSR yaitu Triple Bottom Line.

 

Kata kunci: Manajemen Komunikasi, Tangung Jawab Sosial Perusahaan

References

Daftar Pustaka

Ferrell, Maignan I. (2011). Corporate Citizenship:Cultural

Antecedents And Business Benefits,alih bahasa oleh Mursitama. Jakarta: Graha Ilmu.

Lestari,P; Prabowo, A; Wibawa, A. (2012). Manajemen Komunikasi Bencana Merapi 2010 pada saat Tanggap Darurat. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Yogyakarta,10(2):173-197

Mulyana, D. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhtar, S.M; Cangara, H; Unde A. A. (2013). Strategi Komunikasi Dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Oleh Humas Pt. Semen Tonasa Terhadap Komunitas Lokal Di Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. Jurnal Komunikasi Kareba . 2(1): 90-99

Suharto, E. (2009). Pekerjaan Sosial di Dunia Industri Memperkuat CSR. Bandung: Alfabeta

Suwarso, W.A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Oleh Organisasi Non Profit. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi.3(1): 1-11

Widjaja, G; Pratama, Y.A. (2018). Corporate Social Responsibility: The WBCD‟s journey, dalam Risiko Hukum & Bisnis Perusahaan Tanpa CSR, Jakarta: Forum Sahabat, 2018.

Yulaika, R., (2019). Strategi Pengelolaan Komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) Pt Perkebunan Nusantara V Melalui Program Kemitraan Dalam Pemberdayaan

UMKM Di Kabupaten Kampar. JOM FISIP. 6(2): 1-14

Yusuf, B; Ridwan, H. (2018). Manajemen Komunikasi Dalam Pengelolaan Informasi Pembangunan Daerah (Pada Biro Humas Dan PDE Sekretariat Daerah Propinsi Sulawesi Tenggara). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian . 4(1); 50-64.

Published

2020-07-12

Issue

Section

Artikel