Penerapan Strategi Komunikasi CSR PT. Gudang Garam Tbk

Authors

  • Nanik Rahmawati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Uly Sophia Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v5i1.4567

Abstract

ABSTRAK

Corporate Social Responsibility atau CSR merupakan sebuah konsep, dimana organisasi mengintegrasikan sosial dan lingkungan dalam operasi bisnis mereka dan interaksi mereka dengan pemangku kepentingan secara sukarela sebagai suatu komitmen bisnis untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan. Dalam penelitian ini, peneliti akan meneliti mengenai perbedaan penerapan strategi komunikasi berikut dampaknya terhadap persepsi dan perilaku konsumen. Penelitian ini terbatas pada membandingkan antara Strategi Komunikasi Proaktif dan Strategi Komunikasi Reaktif berkaitan dengan efektifitas dan persepsi terhadap masyarakat di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif. Berdasrkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan yaitu CSR pertama kali dilakukan oleh PT.Gudang Garam Tbk adalah melakukan penawaran  umum  kepada masyarakat melalui pasar modal, PT. Gudang Garam Tbk memiliki beberapa kegiatan CSR yang diadakan setiap tahun.

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility , Strategi Komunikasi

Author Biography

Nanik Rahmawati, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Maritim Raja Ali Haji

Dosen asisten ahli

Downloads

Published

2022-08-03