PEMBERDAYAAN UMKM SEBAGAI PENGGERAK PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL MELALUI OPTIMALISASI INDUSTRI DIGITAL 4.0

Felix Sevanov Gilbert, Wiji Setiyani

Sari


Dengan adanya pandemic Covid-19 membuat berbagai sektor terkena dampak, seperti halnya pada sektor ekonomi yaitu Usaha Mikro Kecil Menengah. UMKM merupakan kontribusi terbesar terhadap perekonomian Indonesia dibidang Produk Domestik Bruto dan penyerap tenaga kerja. Dengan adanya pandemic Covid-19, pemerintah mengeluakan kebijakan social distancing yang membatasi seseorang untuk keluar rumah. Hal ini memiliki dampak terhadap UMKM, yang artinya mengharuskan UMKM untuk melakukan digitalisasi yang sesuai dengan era 4.0 sehingga produk yang dihasilkan tetap dapat terjual. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi pemberdayaan UMKM untuk adanya pemulihan ekonomi nasional ke ranah digitalisasi sehingga output yang dihasilkan dapat membuat masyarakat indonesia menjadi sejahtera. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM merupakan sektor ekonomi yang sangat potensial namun mengalami masalah ditengah krisis dan juga sulit menghadapi adaptasi kebiasaan baru yang berbasis Digital. Ekonomi Digital merupakan solusi menyesuaikan tantangan ditengah New Normal, namun belum sepenuhnya menyasar pada ranah informal yang dipegang oleh UMKM mengingat keterbatasan mereka terhadap literasi Digital, sehingga perlu ada perhatian khusus terhadap mereka agar mampu menyesuaikan akan Prospek pasar yang lebih baru guna memulihkan kembali kehidupan mereka agar menjadi lebih sejahtera.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233–247.

Europe, E. (1983). Hugo Radice The national economy : a Keynesian myth ? Capital & Class.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Heclo, H. H. (1972). Review Article: Policy Analysis. British Journal of Political Science, 2(1), 83–108. https://doi.org/10.1017/S0007123400008449

Irwansyah, R. S. P. (2020). Global komunika. Global Komunika, 1(2), 1–13.

James A. Caporaso, D. P. L. (1992). Theories of Political Economy. Cambridge University Press.

Karr, B. J., Loh, K., & Wirjo, A. (2020). APEC Policy Support Unit Supporting MSMEs ’ D igitalization Amid COVID-19. APEC Secretariat, APEC Policy Support Unit, 35.

Knoepfel, P., Larrue, C., & Hill, M. (2007). Public Policy Analysis. The Policy Press.

Mada, U. G. (2015). Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Demokrasi Ekonomi. Journal of Indonesian Economy and Business, 16(1), 1–17. https://doi.org/10.22146/jieb.6798

OECD. (2021). The Digital Transformation of SMEs. 1–273. https://read.oecd-ilibrary.org/industry-and-services/the-digital-transformation-of-smes_bdb9256a-en#page1

Pujiono. (2004). Akselerasi Peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui Pendidikan. Seminar Nasional Peningkatan Kapabilitas UMKM Dalam Mewujudkan UMKM Naik Kelas, 319–326.

Rawls, J. (1999). A THEORY OF JUSTICE Revised Edition. Harvard University Press.

Smith, P. (2008). John Rawls’s Theory of Justice. Moral and Political Philosophy, XM(1), 185–210. https://doi.org/10.1007/978-0-230-59394-7_12

Sumber, P., Perdesaan, D., Berkelanjutan, L., Kewirausahaan, B., Umkm, K., Digital, M., Era, D. I., Industri, R., Khotimah, S., Purwati, A. S., & Taufiq, M. (2020). Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( UMKM ) DENGAN Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers. 71–76.

Walker, W. E. (2000). Policy analysis: A systematic approach to supporting policymaking in the public sector. Journal of Multi-Criteria Decision Analysis, 9(1–3), 11–27. https://doi.org/10.1002/1099-1360(200001/05)9:1/3<11::AID-MCDA264>3.0.CO;2-3

Wardhana, W., & Hartono, D. (2012). Instrumen Stimulus Fiskal: Pilihan Kebijakan dan Pengaruhnya terhadap Perekonomian Fiscal Stimulus Instruments: Policy Options and the Effect on the Economy. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 12(2), 107–115.

YANUAR, Muhammad Rizki. PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN PELAKU UMKM TERHADAP DIGITALISASI DALAM BIDANG PEMASARAN (studi kasus: usaha mikro kecil dan menengah di kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2018, 6.2. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi. Birokrasi Pancasila : Jurnal Pemerintahan, Pembangunan, Dan Inovasi Daerah, 2(1), 39–48.


Article Metrics

Sari view : 394 times
PDF (English) - 192 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.