FEATURE HUMAN INTEREST PADA PORTAL BERITA ISLAM HIDAYATULLAH.COM

Authors

  • Heni Pratiwi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nirwan Syafrin Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Maya May Syarah Program Studi Kehumasan, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa, Universitas BSI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v4i1.2641

Abstract

Pemberitaan media online kerap menimbulkan kejenuhan terhadap pembaca seperti jenis berita hard news. Salah satu jenis berita yakni feature merupakan berita yang melawan kebasian struktur berita pada umumnya sebagai pelengkap dengan mengedepankan kreativitas yang melibatkan daya imajinasi penulis dan mempunyai nilai estetika didalamnya serta dapat mempengaruhi perasaan pembaca seperti rasa haru,  gembira. Nilai human interest pada feature memberikan ketertarikan lebih terhadap pembaca karena kehidupan manusia menarik untuk dijadikan cerita dari berbagai sisi. Adapun rubrik Feature pada portal berita Islam Hidayatullah.com merupakan rubrik khusus yang menyediakan karya feature bagi pembaca, tujuan penelitian, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teori analisis wacana feature human interest pada portal berita Islam Hidayatullah.com rubrik Feature. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analalisis wacana teori Teun A.van Dijk sebagai pisau. Hasil penelitian ini menggunakan teori analisis wacana Teun A.van Dijk, terdiri dari tiga struktur yakni struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Pada struktur makro digunakan untuk menganalisis tema atau berkaitan dengan tematik. Superstruktur berkaitan dengan skematik dimana penulis menjelaskan keterpaduan dan secara terstruktur antar paragraf pada pembukaaan, isi, dan penutup. Untuk struktur mikro yang berkaitan dengan semantik sintaksis, stilistik digambarkan secara lengkap dan jelas, leksikon menggunakan istilah yang mudah dipahami, retoris dan metafora digunakan sebagai penanda pesan terhadap pembaca. Dari analisis tersebut dapat diketahui karakteristik tulisan feature human interest pada portal berita Islam Hidayatullah.comKata Kunci : Portal Berita Islam Hidayatullah.com, Analisis, Feature human interest.

References

Ahmad, A. (2013). Perkembangan Media Online dan Fenomena Disinformasi ( Analisis pada Sejumlah Situs Islam ) Online Media Development and Phenomenon of Disinformation ( Analysis of Islamic sites ). Jurnal Pekommas, 16(3), 177–186.

Amin, S. M. (2018). Jurnalistik: Teori dan Praktik. Wonosobo: Biti Djaya.

APJII. (2018). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. Diambil 8 April 2020, dari https://www.apjii.or.id/content/read/3 9/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan- Perilaku-Pengguna-Internet- Indonesia-2018

Detik.com. (2020). Diambil 4 September

, dari https://id.wikipedia.org/wiki/DetikCo m

Eriyanto. (2018). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. (N. Huda, Ed.). Yogyakarta: LKiS Group.

Facruddin, A. (2019). Jurnalism Today.

Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.

Fauzan, U. (2014). ANALISIS WACANA KRITIS DARI MODEL FAICLOUGH HINGGA MILLS.

Pendidikan, 6(1).

Fikri, M. (2016). Jurnalisme Kontekstual (Rahasia Menjadi Jurnalis Di Era New Media). Malang: Universitas Brawijaya Press.

Fitria, R., & Aditia, R. (2019). Prospek dan Tantangan Dakwah Bil Qalam sebagai Metode Komunikasi Dakwah. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 19(2), 224.

https://doi.org/10.29300/syr.v19i2.25 51

Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79. https://doi.org/10.14710/interaksi.7.2. 79-86

Isnawijaya. (2019). Menulis Berita di Media Massa & Produksi Feature. (P. Christian, Ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kominfo. (2015). BNPT Minta Kominfo Blokir 22 Situs Radikal. Diambil dari

https://kominfo.go.id/index.php/conte nt/detail/4627/BNPT+Minta+Kominf o+Blokir+22+Situs+Radikal/0/berita

_satker

Lesmana, F. (2017). Feature: Tulisan Jurnalistik yang Kreatif. (D. Prabantini, Ed.). Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika.

Mohamad, G. (2014). Seandainya Saya Wartawan Tempo (Edisi Revisi). Jakarta: Tempo Publishing.

Muhtadi, A. S. (2016). Pengantar Ilmu Jurnalistik. (I. T. Nugraha, Ed.). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Musman, A., & Nadi, M. (2017).

Jurnalisme Dasar: Paduan Praktis Para Jurnalis. Yogyakarta: KOMUNIKA.

Nasir, Z. (2010). Menulis untuk Dibaca: Feature & Kolom. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenadamedia Group.

Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017).

Komunikasi dalam Prespektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish.

Republika. (2018). Situs Berita Online Pertama di Indonesia. Diambil 16 Oktober 2020, dari https://m.republika.co.id/berita/nasio nal/umum/18/01/02/p1xonk453-situs- berita-online-pertama-di-indonesia

Sambo, M., & Yusuf, J. (2017). Pengantar Jurnalisme Multiplatform. Depok: Prenadamedia Group.

Sidari, E. (2019). Esensi Praktik Menulis. (S. Shahab Salim & Windari, Ed.). Jakarta: Rayyana Komunikasindo.

SKR. (2019). Hidayatullah.com Raih 212 Award. Diambil dari https://www.hidayatullah.com/berita/ nasional/read/2019/01/05/157683/hid ayatullah-com-raih-212-award.html

Suciska, W. (2017). Buku Ajar Feature (Penulisan Karangan Khas). (M. Nizar, Ed.). Bandar Lampung: AUR.

Downloads

Published

2021-03-11