Pola Komunikasi Keluarga Dalam Pendidikan Anak Pada Masa New Normal

Authors

  • Veranus Sidharta Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v4i2.2619

Abstract

ABSTRAK

Secara umum keluarga memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak, tempat pertama yang dapat mengarahkan anak dalam menghadapi lingkungan sosialnya adalah keluarga, keluarga menjadi tempat bersosialisasi, saling berbagi berkumpul dan berdiskusi, dari keluarga, anak dididik untuk membangun kemampuan dan kreativitasnya serta memahami nilai-nilai sosial yang berlaku. Dalam suasana perubahan menuju tatanan baru new normal, masalah dalam mendidik anak menjadi suatu hal yang tak terbantahkan, dimana dalam hal ini diperlukan pengetahuan orang tua dalam usaha membangun pola komunikasi keluarga secara efektiff. Aktivitas anak dalam pembelajaran dari rumah membuat peran orang tua menjadi sangat penting, orang tua menggantikan guru dalam proses belajar mengajar, akhirnya permasalahan yang ditimbulkan menjadi hal yang tak terelakkan dimana kapasitas orang tua berbeda-beda dalam pengajaran anak berkaitan dengan materi yang diberikan oleh guru, latar belakang pendidikan dan pola komunikasi antara orang tua, guru dan anak menjadi kunci keberhasilan anak dalam pembelajaran dari rumah. Kemampuan berkomunikasi yang mumpuni harus dimiliki oleh orang tua dalam menyampaikan pesan-pesan sehingga anak bisa memahami dan berkembang dengan apa yang diajarkan oleh orang tua tanpa adanya salah pengertian. Pola komunikasi menjadi hal utama yang harus diterapkan dalam keluarga untuk membentuk perkembangan kemandirian anak.

Author Biography

Veranus Sidharta, Universitas Bina Sarana Informatika

Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Dan Bahasa

References

DAFTAR PUSTAKA

A. Sari, A. V. S. Hubeis, S., A.Sari, A.V. S., Mangkuprawira, A.Saleh 2010. Pengaruh

Pola Komunikasi Keluarga dalam Fungsi Sosialisasi Keluarga terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Komunikasi Pembangunan. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/view/5701

Aryadillah 2018. Komunikasi Antar Pribadi Dalam Keluarga.

Https://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Cakrawala/Article/Download/2815/2296

Dyah Satya Yoga Agustin, Ni Wayan Suarmini, Suto Prabowo. 2015. Peran Keluarga

Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti

Anak. DOI: 10.12962/j24433527.v8i1.1241.

Cintya Nurika Irma, Khairun Nisa et al. 2019. Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan

Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. DOI: 10.31004/obsesi.v3i1.152

Devito, Joseph A., The Interpersonal Communication Book, Fifth Edition, Harper &

Row, Publishers, New York, 1989

Euis Kurniati 2020. Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa

Pandemi Covid- 19. DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.541

Friedman, M.M. (2003). Family Nursing Research Theory and Practice. 5th Ed.

Stamford: Appieton & lange.

Hari Harjanto Setiawan 2014. Pola Pengasuhan Keluarga Dalam Proses

Perkembangan Anak Caring Family Patterns In Child Development Process.

Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/52850-Id-Pola-Pengasuhan-Keluarga-Dalam-Proses-Pe.Pdf. Accessed: 2020-10-07

Hubeis, A. V. S. 2010. Perilaku Masyarakat dalam Pemanfaatan Information and

Communication Technology dalam Mendukung Pengembangan Masyarakat Global. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 8(2).

https://doi.org/10.46937/820105700

Lasswell, Harold. 1960. The Structure and Function of Communication in Society,

Urbana: University of Illinois Press.

Mulyana, Dedy dan Jalalludin Rakhmat. 2005. Ilmu Komuniasi Suatu Pengantar.

Bandung PT. Remaja Rosdakarya Permatasari et al.2020. Keintiman

Javaid, Mohd; Haleem, Abid; Vaishya, Raju; Bahl, Shashi; Suman, Rajiv; Vaish,

Abhishek (2020). Industry 4.0 technologies and their applications in fighting COVID-19 pandemic. Diabetes & Metabolic Syndrome: Clinical Research & Reviews, 14(4), 419–422. doi:10.1016/j.dsx.2020.04.032

Nourma Ulva Kumala Devi 2020. Adaptasi Pranata Keluarga Padaproses

Pembelajaran E Learning dalam menghadapi Dampak Pandemi Covid-19. Https://Ejournal.Upm.Ac.Id/Index.Php/Public/Article/View/599/598

Andalusia Neneng Permatasari, Dinar Nur Inten, Wiliani, Kelik Nursetiyo Widiyanto

Komunikasi Keluarga saat Social Distancing

Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 1, 6 2020.

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.577

Priskila Issak Benyamin 2020. Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa

Pandemi Covid-19. https://www.researchgate.net/publication/343363519.

DOI: 10.47167/kharis.v3i1.43

IPB University 2020. Peran Keluarga Menjadi Kunci Utama di Era Pandemi COVID-19

dan New Normal. https://ipb.ac.id/news/index/2020/06/peran-keluarga-menjadi-kunci-utama-di-era-pandemi-covid-19-dan normal/97065bf36bb764b8257e2b474ab6102f

Rogers, Everret M., & D. Lawrence Kincaid .1981. Communication Networks.

Toward a New Paradigm for Reseach. New York: The Free Press.

Subarto 2020. Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar.

http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/download/15383/7184

Veranus Sidharta. 2018. Pemarasan Politik Partai Demokrasi Indonesia

Perjuangan Pada Pilkada Surabaya 2015 (Studi Kasus Pemenangan Pasangan Risma – Whisnu). https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/640455

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grasindo.

Yuli Setyowati 2005. Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak (Studi

Kasus Penerapan Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Emosi Anak pada Keluarga Jawa). https://media.neliti.com/media/publications/103135-ID-pola-komunikasi-keluarga dan-perkembanga.pdf. Accessed: 2020-10-05

Downloads

Published

2021-08-03