ANALISIS PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. TAMAN KAMPUNG ARTIS RENTAL BROADCASTING EQUIPMENT

Authors

  • Tuty Mutiah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Fajar Astuti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rawit sartika Universitas Bina Sarana Informatika
  • Marlina Shinta Universitas Bina Sarana Informatika
  • A Rafiq Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v4i1.1885

Abstract

Pertumbuhan industri jasa broadcasting equipment menjadi tantangan bagi para pelaku untuk menarik minat pelanggan agar menjadi konsumen yang loyal terhadap perusahaan. Beragam strategi dilakukan perusahaan untuk menjaga loyalitas pelanggan, diantaranya dengan meningkatkan citra perusahaan dan kualitas pelayanan. citra perusahaan adalah keseluruhan kesan yang dibuat di benak masyarakat, tentang sebuah perusahaan yang merupakan hasil keseluruhan pengalaman penggunaan pelanggan. Sementara kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan untuk memenuhi keinginan pelanggan yang melampaui harapan pelanggan. Untuk mengetahui loyalitas pelanggan PT. Taman Kampung Artis Rental Broadcasting Equipment penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakna spss 17. Kuesioner diberika kepada 30 pelanggan PT. Taman Kampung Artis Rental Broadcasting Equipment yang merupakan responden penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa citra perusahan dan kualitas pelayanan secara secara simultan atau bersama-sama mampu menjelaskan hubungan Loyalitas Pelanggan hanya sebesar 48,9%, dan siasanya 51,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.

Kata kunci: citra perusahaan, kualitas layanan, Loyalitas Pelanggan

References

George et all. 2008. SPSS For Introductory Statistic Use and Interpretation Second Edition. Francis: Taylor.

Gilbert dan Tang. 1998. Quality Planning and Analysis, Mc Graw Hill Internasional. New York.

Hasan, Ali, 2008, Marketing. Media Pressindo: Yogyakarta.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Media Group.

Kotler, Philip, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi Kedua belas, Terjemahan oleh Benyamin Molan, New Jersey: Prentice Hall, Inc,

Kotler, Philip and Armstrong, Gary, 2007, Dasar-dasar Pemasaran , Jilid 2 Edisi Kesembilan, Terjemahan oleh Alexander Sindoro, New Jersey: Prentice Hall Inc..

Priyanto, Duwi. 2009. Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta: ANDI.

Sarwono, Jonathan. 2009. Statistik Itu Mudah Panduan Lengkap Untuk Belajar

Sentana, Aso, 2006, Ecxellent Service and Customer Satisfaction. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sujianto Eko Agus. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Tjiptono, Fandy, 2005, Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widiyanto Agus Mikha. 2014. Statistika Untuk Penelitian Bidang Teologi, Pendidikan Agama Kristen & Pelayanan Gereja: Lengkap Dengan Konsep dan Aplikasi SPSS. Bandung: Kalam Hidup.

Zeithaml, Valarie A and Mary Jo Bitner, 2001, Services Marketing : Integrating Customer Focus Across The Firm. USA : McGraw-Hill Companies Inc., 1st ed.,

Downloads

Published

2021-02-12