STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS RADIO MOTION 97.5 FM DALAM MEMPROMOSIKAN PROGRAM ACARA UNTUK MEMPERTAHANKAN CITRA RADIO MOTION SEBAGAI RADIO SEGMENTASI ANAK MUDA (Studi Kasus Pada PT. Radio Safari Bina Budaya Kompas Gramedia Jakarta Barat)

Authors

  • Ido Afriadi Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v3i2.1746

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan bagaimana strategi marketing public relations Radio Motion 97.5 FM dalam mempromosikan program acara untuk mempertahankan citra radio motion sebagai radio segmentasi anak muda Tujuan penelitian ada dua yaitu menjelaskan peran PR di dalam manajemen PT. Radio Safari Bina Budaya Kompas Gramedia Jakarta Barat dan menganalisa strategi PR PT. Radio Safari Bina Budaya Kompas Gramedia Jakarta Barat untuk  mempromosikan program baru dalam setiap siaran acara dan mempertahankan citra radio motion sebagai radio segmentasi anak muda. Permasalahan tersebut dianalisa dengan menggunakan teori excellence dengan model two way asymmetric oleh James.E Grunig & Todd Hunt, dan diperkuat oleh teori citra Frank Jefkins. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif dengan tipe kasus tunggal holistik dengan pendekatan kualitatif intrinsik, dengan paradigma konstruktivis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PR PT. Radio Safari Bina Budaya Kompas Gramedia Jakarta Barat menjalankan enam strategi PR yaitu publikasi menggunakan instagram Motion Radio 97.FM, acara  motion radio, memberitahukan atau meraih citra membuka khusus website motion radio, tanggung jawab sosial melakukan kegiatan donor darah, kepedulian kepada komunitas berupa penghargaan peduli untuk anak-anak muda Indonesia prestasi, menciptakan berita mengunakan majalah musik dengan tema dambaan musik muda Indonesia. Berdasarkan hasil analisa data tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi acara sebagai media paling efektif untuk mengkomunikasikan dalam mempromosikan program acara kepada masyarakat, khususnya untuk anak-anak muda Indonesia. Strategi yang dilancarkan juga memperbaiki program motion radio dalam mempromosikan program acara diharapkan pendegar radio motion kini bisa tahu program-program yang dimiliki radio motion disetiap program radio motion sebagai radio segmentasi anak muda tersebut.

 

Kata Kunci: marketing public relations radio motion 97.5 fm dalam mempromosikan program radio motion sebagai radio segmentasi anak muda.

Published

2020-06-09