FENOMENA HIJABERS MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK IDENTITAS

Authors

  • Rawit Sartika universities bina sarana informatika
  • Fajar Diah Astuti

DOI:

https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1707

Abstract

Abstrak - Perubahan baru dalam gaya berbusana hujab di era modern sekarang mengalami pergeseran dari makna hijab sebenarnya. Namun disukai atau tidak, pegeseran tren mode hijab kontemporer ini juga menjari marak dan tren sendiri di kalangan para hijabers. Perbuhan ini membuat citra hijabers merupakan wanita pemakai hijab yang modern atau kontemporer. Hal ini juga ditunukkan oleh para publik figur yang ternayata diikuti oleh banyak hijabers muda untu menunjukkan identitas dirinya sebagai wanita yang mengikuti tren dan fashion hijab.hal ini dapat terlihat dengan aktifnya para publik figur tersebut di media sosial instagram dan memperlihatkan cara berpakaian hijabnya. Instagram yang dianggap lebih mudah memberikan visualisasi tampilan dari pada media sosial lainnya ini, juga memudahkan para wanita untuk melihat dan mencontoh gaya tersebut. Dengan menggunakan analisis fenomenologi, dan teori identitas, penulis menyimpulkan bahwa media sosial instagram merupakan salah satu media yang mempengaruhi sekaligus media penyalur para hijabers kontemporer dalam menunjukkan identitas diri mereka sebagai seorang yang mengikuti tren dan fashion.

Kata Kunci: Hijab Kontemporer, Fenomenologi, Identitas Diri

Author Biography

Fajar Diah Astuti

Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika

Downloads

Published

2020-06-10