PEMANFAATAN MEDIA ONLINE DALAM KOMUNIKASI WISATA PADA LOKAL KEARIFAN DI KOTA BOGOR

Ratih Siti Aminah, Muslim Muslim

Sari


Komunikasi berperan penting di setiap bidang pembangunan di Indonesia, salah satunya pada bidang pariwisata. Pengembangan objek wisata di Kota Bogor saat ini sudah menyentuh ke wilayah Kelurahan, salah satunya Kelurahan Katulampa, dengan produk pariwisata Kujang Pajajaran yang merupakan salah satu budaya asli Bogor dan dikelola pembuatannya di galeri Kujang Pajajaran, sebuah tempat yang memamerkan dan membuat langsung  kujang pajajaran sebagai bagian dari kearifan lokal Kota Bogor. Permasalahan yang  diteliti sebagai berikut: Bagaimana pemanfaatan media online dalam menyampaikan pesan kearifan lokal pariwisata. Bagaimanakah pemanfaatan media online dalam menyampaikan informasi kearifan lokal pariwisata dan apa saja bentuk-bentuk pemasaran pariwisata dalam komunikasi. Penelitian didisain dengan pendekatan kualitatif deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di Bogor  pada   Februari sampai  Juli 2019. Informan penelitian adalah subjek yang memahami informasi objek penelitian sebagai pelaku maupun orang lain yang memahami objek penelitian, yaitu Pelaku Pariwisata di Bogor, masyarakat Bogor dan wisatawan luar Bogor. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  data primer yang diperoleh dari responden melalui observasi, dan wawancara. Data sekunder diperoleh dari kepustakaan seperti buku, jurnal, dan internet mengenai pemanfaatan media online dalam menyampaikan informasi kearifan lokal pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan, galeri Kujang Pajajaran sudah  memanfaatkan media online dalam memasarkan produknya. Pemanfaatan media online  dilakukan secara langsung oleh pengelola melalui media sosial Instagram, Facebook dan Whats App (WA). Sedangkan informasi tentang galeri Kujang Pajajaran sudah banyak diunggah oleh redaksi portal berita media online yang pernah meliput dan mewawancara Wahyu sebagai pemilik dan pengelola beserta kegiatan pembuatan Kujang dan kegiatan di galerinya yang setiap hari selalu ada tamu yang datang berkunjung. Video tentang galeri Kujang Pajajaran banyak diunggah di Youtube oleh redaksi portal media online ataupun oleh blogger dan vlogger yang pernah mendatangi galeri Kujang Pajajaran. Di mesin pencari Google, dengan kata kunci Kujang Pajajaran akan muncul beragam informasi tentang galeri Kujang pajajaran. Pengelola galeri Kujang Pajajaran belum pernah secara khusus berpromosi di media massa termasuk media online. Hal ini disebabkan anggapan pengelola akan manfaat media online yang tak signifikan dengan kedatangan dan pembelian pengunjung. Komunikasi pemasaran interaktif dan personal selling serta promosi penjualan dianggap lebih dominan dalam mendatangkan pembeli. 


Teks Lengkap:

pdf (English)

Article Metrics

Sari view : 341 times
pdf (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.