Skip to Main Content Skip to article

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PERDAGANGAN ANAK DAN REMAJA DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK. I RADEN SAID SUKANTO JAKARTA TIMUR 2013

Under a Creative Commons license
Open Access

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor yang berhubungan dengan kejadian perdagangan anak dan remaja di RS R.Said Sukanto Jakarta Timur 2013. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional  yang dilengkapi dengan metode kualitatif melalui wawancara. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah pasien TKW maupun non TKW yang di duga menjadi korban trafficking, yang termasuk katagori anak-anak dan remaja dengan jumlah 40 orang ( total sampling).  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara perkawinan usia dini dengan kejadian perdagangan orang pada anak dan remaja di Rumah sakit Bhayangkara TK IR.Said Sukanto (PV= 0,022 dengan OR 66.094). Ada hubungan yang bermakna antara kemiskinan dengan perdagangan anak dan remaja (PV = 0.000 dan OR = 49.000), Ada hubungan yang bermakna Antara pendidikan yang rendah dengan kejadian pergadangan anak dan remaja ( PV = 0.39 dan OR= 5.143), Ada hubungan yang bermakna Antara kurangnya pengawasan orang tua dengan kejadian perdagangan pada anak dan remaja (PV= 0.006 dan OR= 8.708), Ada hubungan yang bermakna antara eksploitasi tenaga kerja dengan kejadian perdagangan anak dan remaja ( PV=0.001, OR=19.250). Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa factor, kemiskinan, pernikahan dini, pendidikan yang rendah, kurangnya pengawasan dari orang tua, dan eksploitasi tenaga kerja berhubungan sangat erat dengan kejadian perdagangan anak dan remaja di RS Bhayangkara TK I R.Said Sukanto. Saran :  perlu penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih besar untuk menggali, factor-faktor yang dapat mencegah  kejadian perdagangan anak dan remaja.

Keywords

Factor-faktor yang berhubungan dengan kejadian perdagangan anak dan remaja di Indonesia

Declarations

Funding Information

UPN Veteran Jakarta

Publisher's Note

Fakultas Ilmu Kesehatan remains neutral with regard to jurisdictional claims in published maps and institutional affiliations.

Supplementary files

Data sharing not applicable to this article as no datasets were generated or analysed during the current study, and/or contains supplementary material, which is available to authorized users.