Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia
PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS 4 DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-MADANI KOMPLEK INKOPAD RW 06 TAJURHALANG KABUPATEN BOGOR TAHUN 2014
Abstract
Brain Gym adalah serangkaian gerakan sederhana yang dilatihkan pada anak untuk memberikan rangsangan atau stimulus ke otak. Stimulus yang diberikan dapat meningkatkan kemampuan kognitif, seperti kewaspadaan, konsentrasi, kecepatan dalam proses belajar dan memori, pemecahan masalah, serta kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brain Gym terhadap Prestasi Belajar pada Anak Kelas 4 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Madani Komplek Inkopad Rw 06 Tajurhalang Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan rancangan One Group Pretest – Posttest Desaign dan pada didapatkan 18 responden yangdiperoleh dengan menggunakan purposive sampling. Analisis statistik Uji Dependent T-Test pada tingkat kemaknaan 95% (p<0,05) menunjukan ada pengaruh Brain Gym terhadap prestasi belajar anak kelas 4 (p = 0,000).
Keywords
Declarations
Funding Information
UPN Veteran Jakarta
Publisher's Note
Fakultas Ilmu Kesehatan remains neutral with regard to jurisdictional claims in published maps and institutional affiliations.
Supplementary files
Data sharing not applicable to this article as no datasets were generated or analysed during the current study, and/or contains supplementary material, which is available to authorized users.
Copyright and permissions
This article is distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0)
Bibliographic Information
Cite this article as:
-
Submitted
17 June 2019 -
Revised
6 February 2020 -
Accepted
Not available -
Published
17 June 2019
-
Discipline(s)
Keperawatan anak

Refbacks
- There are currently no refbacks.