DETERMINASI KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN LULUSAN FIKES UPNVJ TAHUN 2014

Authors

  • Tatiana Siregar
  • Murtiwi Murtiwi
  • Suryani Maryam

DOI:

https://doi.org/10.52020/jkwgi.v2i1.847

Keywords:

Tangible, Responsiveness, Emphaty, Assurance, Raliability, satisfaction of studet graduates, quality of education services

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa determinasi kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan lulusan FIKES UPN “Veteran” Jakarta serta dimensi manakah yang paling penting pengaruhnya terhadap kepuasan lulusan FIKES UPN “Veteran” Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan di Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan UPN  “Veteran” Jakarta secara sampling sebanyak 216 mahasiswa lulusan FIKES UPNVJ. Teknik pengumpulan data menggunakan survey data primer. Data dianalisis dengan regresi berganda  menggunakan Program Statistical Package for Social Studies (SPSS).  Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari dimensi responsiveness terhadap variabel kepuasan lulusan FIKES UPN “Veteran” Jakarta sebesar 0.243;  dimensi empathy terhadap kepuasan lulusan sebesar 0,226;  dimensi assurance terhadap kepuasan lulusan sebesar 0.283, dimensi reliability terhadap kepuasan lulusan sebesar 0.222 dimana masing-masing nilai probabilitas (sig) bernilai 0,000. Nilai beta coefficient dalam penelitian ini paling tinggi pada variabel Assurance sebesar 0,289. Kesimpulan penelitian ini adalah dimensi responsiveness, emphaty, assurance, dan reliability berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan mahasiswa Fikes UPN “Veteran” Jakarta, sedangkan dimensi tangible tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Dimensi yang paling penting pengaruhnya terhadap kepuasan mahasiswa yaitu Assurance, kemudian secara berurutan diikuti oleh dimensi emphaty, responsiveness, dan reliability  yang hampir sama pentingnya

Published

2019-06-17