DETERMINASI KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN LULUSAN FIKES UPNVJ TAHUN 2014

Tatiana Siregar, Murtiwi Murtiwi, Suryani Maryam

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa determinasi kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan lulusan FIKES UPN “Veteran” Jakarta serta dimensi manakah yang paling penting pengaruhnya terhadap kepuasan lulusan FIKES UPN “Veteran” Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan di Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan UPN  “Veteran” Jakarta secara sampling sebanyak 216 mahasiswa lulusan FIKES UPNVJ. Teknik pengumpulan data menggunakan survey data primer. Data dianalisis dengan regresi berganda  menggunakan Program Statistical Package for Social Studies (SPSS).  Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari dimensi responsiveness terhadap variabel kepuasan lulusan FIKES UPN “Veteran” Jakarta sebesar 0.243;  dimensi empathy terhadap kepuasan lulusan sebesar 0,226;  dimensi assurance terhadap kepuasan lulusan sebesar 0.283, dimensi reliability terhadap kepuasan lulusan sebesar 0.222 dimana masing-masing nilai probabilitas (sig) bernilai 0,000. Nilai beta coefficient dalam penelitian ini paling tinggi pada variabel Assurance sebesar 0,289. Kesimpulan penelitian ini adalah dimensi responsiveness, emphaty, assurance, dan reliability berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan mahasiswa Fikes UPN “Veteran” Jakarta, sedangkan dimensi tangible tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Dimensi yang paling penting pengaruhnya terhadap kepuasan mahasiswa yaitu Assurance, kemudian secara berurutan diikuti oleh dimensi emphaty, responsiveness, dan reliability  yang hampir sama pentingnya

Kata Kunci


Tangible, Responsiveness, Emphaty, Assurance, Raliability, satisfaction of studet graduates, quality of education services

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52020/jkwgi.v2i1.847

Article Metrics

Sari view : 173 times
PDF - 145 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats