SIKAP DAN PERILAKU REMAJA TENTANG BAHAYA MEROKOK PADA SISWA MTS DI WILAYAH MTS AL MUSTOFAWIYAH PALANG

Authors

  • Intan Retno Kumala Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Intan Retno Kumala Poltekkes Kemenkes Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52020/.v6i3.3394

Keywords:

Keperawatan Komunitas, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan

Abstract

ABSTRAK

Perilaku merokok pada remaja merupakan kebiasaan buruk  yang berdampak lebih jauh bagi kesehatan dan emosional remaja, berdasarkan survey awal di MTs Al Mustofawiyah terdapat 21 siswa yang merokok. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sikap dan perilaku remaja tentang bahaya merokok di MTs Al Mustofawiyah Palang.

Desain penelitian yang digunakan adalah Deskriptif, dengan pendekatan waktu Cross Sectional. Populasinya adalah seluruh siswa/siswi di MTs Al Mustofawiyah Palang sejumlah 200 siswa dengan sampel 133 responden. Teknik sampling menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data mengunakan instrumen berupa kuesioner. Analisa data menggunakan deskriptif dengan tabel distribusi frekuensi dan persentase.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir setengahnya remaja berumur 14 tahun, dan sebagian besar remaja berjenis kelamin laki-laki, sebagian besar sikap remaja adalah positif yaitu tidak memiliki keinginan merokok, sebagian besar perilaku remaja adalah pasif yaitu tidak ingin mencoba untuk merokok di MTs Al Mustofawiyah Palang.

Promosi kesehatan ditunjukan dengan metode edukasi dan pengawasan lebih lanjut untuk menambah pengetahuan siswa tentang bahaya merokok sehingga mengurangi jumlah pelaku merokok remaja di Indonesia.

Kata Kunci : Sikap, Perilaku, Remaja, Umur, Jenis Kelamin

Author Biography

Intan Retno Kumala, Poltekkes Kemenkes Surabaya

Intan Retno Kumala1, Wahyuningsih Triana S.Kep,Ns,M.Kes2, Wahyu Tri Ningsih,S.Kep,Ns,M.Kep3

1,2,3Prodi Keperawatan Tuban, Fakultas Keperawatan,Poltekkes Kemenkes Surabaya

References

Azisah, Siti. 2016. Kontekstualisasi Gender, Islam Dan Budaya. Sulawesi Selatan. UIN Alaudin Makassar

Davidoff, L. L. (1991). Psikologi suatu pengantar. Jakarta: Erlangga.

Irwan. 2017. Etika dan Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: CV Absolut Media

Jamal, H., Abdullah, A. Z., & Abdullah, M. T. 2020. Determinan Sosial Perilaku Merokok Pelajar di Indonesia: Analisis Data Global Youth Tobacco Survey Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Vokasional, 5(3)

Kementrian Kesehatan (Kemenkes), 2020. Profil Kesehatan Indonesia 2019. https://www.kemenkes.go.id/index.php, diakses Desember 2020

Komasari, D & Helmi, A. F. 2013. Faktor-Faktor Penyebab Merokok Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 37(1)

Masturoh,I. 2018. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat Kesehatan Edisi Tahun 2018

Miranda, S., Usraleli, U., Masnun, M., Delvira, W., & Rusherina, R. 2020. Hubungan Konsep Diri dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2).

Nursalam, 2011.Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Pantow, Dewi Christie, dkk (2020). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Merokok Pemuda GMIW Paulus Tempok Kecamatan Tamposo Kabupaten Minahasa. Jurnal Kesmas, 9(1).

Pradnyana, I Made Budi, dkk. 2020. Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pengguna Rokok Elektrik Yang Mengandung Zat Aditif. 8(3).

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), 2018. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI Tahun 2019. https://kesmas.kemenkes.go.id, diakses Oktober 2020

Rusdini., & Nopri Esmiralda. 2019. Hubungan Tingkat Pendidikan Dengan Perilaku Merokok Pada Karyawan Laki-laki Universitas Batam. Jurnal Zona Kedokteran, 9(3)

Safirza,Safitri, dkk. 2020. Gambaran Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Merokok Pada Pendidik Di Dayah Modern Dan Tradisional Di Aceh. 4(2).

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2007.Psikologi Remaja. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Steven, G, dkk. 2019. Perilaku Merokok Remaja Di Desa Sambangan. 4(2).

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung. Alfabeta

Syamsu, Khairunnisa. 2021. B- KESPRO : Bimbingan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja. Bandung. CV Media Sains Indonesia

Tim Penulis Poltekkes Depkes Jakarta I. 2010. Kesehatan Remaja: Problem dan Solusisnya, Jakarta: Penerbit Salemba Medika

Utamanigsih, Alifiulahtin. 2017. Gender dan Wanita Karir. Malang: UB Press.

Wawan, A, dkk. 2011. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia Dilengkapi Kuesioner, Yogyakarta: Nuha Medika

Wilis, Sofyan S. 2017. Remaja dan Masalahnya Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja Narkoba, Free Sex Dan Pencegahannya, Bandung. Alfabeta

Yusdari., Alfi Rahmi1 &, Intan Sari. 2020. Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif dalam Konseling Individual untuk Mereduksi Perilaku Merokok. Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2)

Published

2022-11-07