HUBUNGAN FAMILY CENTERED CARE DENGAN DAMPAK HOSPITALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI RUANG BAJI MINASA RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR

Authors

  • Sunarti Sunarti Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52020/jkwgi.v4i2.1974

Keywords:

Family Centered Care, hospitalisasi

Abstract

Proses hospitalisasi merupakan proses perawatan yang dijalani anak selama berada di rumah sakit. Hospitalisasi anak usia 3-6 tahun merupakan kondisi yang tidak menyenangkan karena anak mengalami hal-hal yang menimbulkan steres seperti kehilangan kendali, cedera fisik dan lingkungan yang asing. Sebab itu, dibutuhkan lingkungan yang mendukung agar mengurangi dampak hospitalisasi pada anak. Keterlibatan  orang tua dalam mengambil keputusan dan kerjasama yang baik dengan perawat merupakan bentuk asuhan keperawatan dengan pendekatan Family Centered Care. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Family Centered Care dengan dampak hospitalisasi pada anak prasekolah di ruang Baji Minasa. Metode penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional, jumlah sampel sebanyak 53 responden. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan yang signifikan penyampaian informasi dengan dampak hospitalisasi pada anak prasekolah dengan nilai ρ=0,00, ada hubungan partisipasi keluarga dengan dampak hospitalisasi pada anak prasekolah dengan nilai ρ=0,03, dan ada hubungan kerja sama keluarga dengan dampak hospitalisasi pada anak prasekolah dengan nilai ρ=0,001. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan signifikan antara Family Centered Care (penyampaian informasi, partisipasi keluarga, dan kerjasama keluarga) dengan dampak hospitalisasi pada anak prasekolah di RSUD Labuang Baji Makassar. Untuk itu diharapkan perawat perlu untuk mempertahankan penerapan Family Centered Care untuk meningkatkan pelayanan melalui asuhan keperawatan.

 

Author Biography

Sunarti Sunarti, Universitas Muslim Indonesia

Keperawatan 

Asisten Ahli

References

Ardianingsih. (2009). Hubungan Dukungan Informasional Dengan tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah di RSUD Banyumas. Jurnal Keperawatan Soedirman; 1 No 1, 1-.

CDC. (2015). Centers for Disease Control and Prevention. -: Summary of Weekly Flu View, 24.

Chen, W. L. (2005). Nurse’s and parent’s attitudes toward pain management and parental participation in postoperative care of children. The Queensland: Thesis, Centre for Reseach The Queensland University of Technology.

Commodary, E. (2010). Children Staying In Hospital: A Research On Psychological Stress Of Caregivers. Italian Journal of Pediatrics, 36:40.

Davidson, J. E. (2009). Family Centered Care : Meeting the Needs of Patient Families ang Helping Families Adapt to Critical Illnes. Critical Nurse, 28-34.

Fiane. (2012.). Hubungan Family Centered Care Dengan Hospitalisasi Pada Anak Di Ruang Dahlia Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang . Semarang: Skripsi. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana.

Herliana. (2010). Hubungan pendidikan kesehatan dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi seksio caesarea di ruang bersalin RS. Zahirah . Jakarta Selatan: -.

Hidayat, A. A. (2005). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak, Ed I. Jakarta: Salemba Medika.

Hudriyah, E. S. (2013). Hubungan Dukungan Keluarga dan Lingkungan Rumah Sakit Dengan Reaksi Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. http://library.stikesnh.ac.id/files/disk1/8/e-library-stikes-na, 32-33.

Lory. (2011). Family Centered Care; Emla Cream and Application of Heat to Facilitate Peripheral Venous Cannulation In Children. -: -.

Potter , & Perry. (2005). Fundamental Keperawatan. Jakarta: EGC.

Sacharin, R. M. (1996). Prinsip Keperawatan Pediatrik, Edisi 2. Jakarta: EGC.

Suriani. (2011). HUbungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah di Ruang Perawatan Anak Paviliun DII & Paviliun V RS TNI AL. Dr. Ramelan Kota Surabaya. Jurnal Infokes Stikes Insan Unggul Surabaya, 11-20.

Wong, D. L. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Volume 1 Edisi 6. Jakarta: EGC.

Yupi, S. (2010). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta : EGC. Jakarta: EGC.

Published

2020-09-30