PENURUNAN SKALA NYERI HAID PADA REMAJA PUTRI DENGAN SENAM DYSMENORHE

Agnes Nursafa, Sang Ayu Made Adyani

Sari


Remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa, pada masa remaja terjadi kematangan organ reproduksi ditandai dengan menstruasi, pada wanita sering terjadi gangguan saat menstruasi yaitu nyeri saat haid. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh senam dysmenorhe terhadap penurunan skala nyeri haid pada remaja putri di Kelurahan Abadijaya Kota Depok. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain yang digunakan adalah Pretes and Posttest non equivalent control group. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 80 responden. Hasil analisis data menggunakan uji beda dua mean dependen (paired t-test) dan uji beda mean dependen, hasil penelitian ini menunjukan nilai t hitung 3,436 dan nilai P value yaitu 0,001 (nilai < α = 0,05) sehingga terdapat pengaruh senam dysmenorhe terhadap penurunan skala nyeri haid pada remaja putri di Kelurahan Abadijaya Kota depok. Remaja putri di sarankan untuk melakukan senam dysmenorhe 3 kali dalam seminggu sebelum menstruasi selama 20-30 menit untuk menurunkan nyeri haid.


Kata Kunci


remaja, skala nyeri haid, Senam dysmenorhe

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agussafutri, WD., Wijayanti, IB. (2016). Efektivitas Senam Haid Dalam Mengurangi Intensitas Nyeri Haid Pada Mahasiswa Prodi D III Kebidanan Stikes Kusuma Husada Surakarta. Jurnal KesMaDaSka- Juli 2016.

Anurogo. (2011). Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Badan Pusat Statistik. (2010). Diakses pada tanggal 19 Maret 2018. https://www.bps.go.id/

Ernawati, H. (2013). Pengaruh Small Group Discussion Terhadap Pengetahuan Tentang Dismenore Pada Siswi Smpn I Dolopo. Jurnal Florence Vol. VII No. 1 Januari 2014.

Fadila, A. (2015). Pengaruh Dismenore terhadap Aktifitas Fisik. Jurnal Agromedicine, 2(3), 296-299.

Haruyama, S. (2011). The miracle of endorphin. Bandung: Qanit

Irmawati, R. (2010). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Tentang Kesehatan Reproduksi Dengan Kejadian Dysmenorhe Pada Remaja Putri di SMK Muhammadiyah Sragen. Perpustakaan.uns.ac.id

Ismarozi, D., Utami, S., & Novayelinda, R. (2015). Efektifitas Senam Dismenore terhadap Penanganan Nyeri Haid Primer pada Remaja. Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, 2(1), 820-827.

Ismarozi, D., Utami, S., & Novayelinda, R. (2015). Efektifitas Senam Dismenore terhadap Penanganan Nyeri Haid Primer pada Remaja. Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, 2(1), 820-827.

Laili, N. (2012). Perbedaan Tingkat Nyeri Haid (Dysmenorhe) Sebelum dan Sesudah Senam Dysmenorhe Pada Remaja Putri di SMAN 2 Jember.

Marlinda, R., & Purwaningsih, P. (2013). Pengaruh Senam Dismenore Terhadap Penurunan Dismenore Pada Remaja Putri Di Desa Sidoharjo Kecamatan Pati. Jurnal keperawatan maternitas, 1(2).

Munda, S. S. (2013). Hubungan antara IMT dengan usia menarche pada siswi SD dan SMP di Kota Manado. e-CliniC, 1(1).

Pakasi, D. T., & Kartikawati, R. (2013). Antara kebutuhan dan tabu: pendidikan seksualitas dan kesehatan reproduksi bagi remaja di SMA. Jurnal Makara Seri Kesehatan, 2(17), 79-81.

Purwoastuti, E. & Walyuni, E.S. (2015). Panduan materi kesehatan reproduksi dan keluarga berencana. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Purwoastuti, E. & Walyuni, E.S. (2015). Panduan materi kesehatan reproduksi dan keluarga berencana. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Putri, T. I. Y. L., & Sarwinanti, S. (2014). Studi Komparasi Pemberian Terapi Kompres Hangat dan Senam Dismenorea terhadap Tingkat Dismenorea pada Remaja di Wilayah Gamping Sleman Yogyakarta. Dissertasi STIKES'Aisyiyah Yogyakarta.

Siagian, D., Yuniastini, Y., & Sunarsih, S. (2017). Perbedaan tingkat nyeri haid (dysmenorrhoea) sebelum dan sesudah senam dysmenorrhoea. Jurnal Keperawatan, 11(1), 123-126.

Sulistyorini, S., Santi, S. M., & Ningsih, S. S. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian disminorhea primer pada siswi sma pgri 2 palembang. journalstikesmp.ac.id, volume 5.

Ulfa, T. F., & Hidayat, A. (2015). Pengaruh Senam Dysmenorhea Terhadap Skala Nyeri Dysmenorhea Pada Remaja Putri Di SMP Ali Maksum Yogyakarta Tahun 2015. disertasi STIKES'Aisyiyah Yogyakarta.

World Health Organization. WHO guidelines on standard international age classifications. 2010


Article Metrics

Sari view : 73 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.