PENGARUH TERAPI BEKAM KERING TERHADAP KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PENGERAJIN WANCI DI DESA BRESELA KECAMATAN PAYANGAN

Authors

  • NiKadek Yuni Lestari STIKes Wira Medika Bali

DOI:

https://doi.org/10.52020/jkwgi.v3i2.1044

Keywords:

Keperawatan

Abstract

Nyeri Punggung Bawah adalah rasa nyeri yang dirasakan di daerah punggung bawah  dapat merupakan nyeri lokal maupun nyeri radikuler maupun keduanya. Salah satu jenis terapi komplementer dalam mengatasi nyeri adalah terapi bekam kering. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi bekam kering terhadap keluhan nyeri punggung bawah. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan rancangan one group pre test- post test. Sampel dalam penelitian ini didapatkan 22 orang dengan tehnik non probability yaitu purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan rerata skala nyeri sebelum diberikan terapi bekam kering yakni 3,09 dan rerata skala nyeri setelah diberikan terapi bekam kering yakni 1,50. Hasil uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat kemaknaan 0,05 menunjukkan nilai p = 0,000    < (0,05) yang berarti ada pengaruh terapi bekam kering terhadap keluhan nyeri punggung bawah pada pengerajin wanci di desa bresela kecamatan payangan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada masyarakat untuk menggunakan terapi komplementer bekam kering sebagai terapi alternative untuk mengurangi keluhan nyeri.

 

Kata kunci: Bekam Kering, Nyeri Punggung Bawah, Pengerajin Wanci.

Author Biography

NiKadek Yuni Lestari, STIKes Wira Medika Bali

Dosen Keperawatan Medikal Bedah

References

Anies. 2014. Kedokteran Okupasi Berbagai Penyakit Akibat Kerja dan Upaya Penanggulangan dari Aspek Kedokteran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bimariotejo. 2009. Low Back Pain (LBP). www.backpainforum.com . Diakses 18 Mei 2018.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan, Pedoman Skripsi, Tesis dan Istrumen, Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

¬_______. 2013. Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan, Pedoman Skripsi, Tesis dan Istrumen, Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Purnamasari, H. d. 2010. Overweight Sebagai Faktor Resiko Low Back Pain Pada Pasien Poli Saraf RSUD Prof. Dr.Margono Soekarjo Purwokerto. Mandala of Health Volume 4, Nomor 1, Januari 2010.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Penerbit alfabeta

Tjiptoheriyanto, P. 2008. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: LIPPI Press.

Umar, W. 2010. Bebas Stroke dengan Bekam. Surakarta: Thibbia.

Published

2019-11-12