Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia.

Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai isu Keperawatan, baik secara nasional maupun internasional. Artikel ilmiah dimaksud berupa kajian teori (theoritical review) dan kajian empiris dari ilmu terkait, yang dapat dipertanggungjawabkan serta disebarluaskan secara nasional maupun internasional.

Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada:

Ilmu Keperawatan: Keperawatan medikal Bedah, Keperawatan Anak, Keperawatan Komunitas , Gerontik dan Keluarga, Manajemen Keperawatan, Keperawatan Maternitas dan Keperawatan Jiwa. 

Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.

Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk Masyarakat luas, situs Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia adalah jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi. Dengan jadwal terbit 2 (dua) kali setahun, yaitu Februari dan September.

---------

Setiap artikel yang masuk sebelum diterbitkan akan melalui proses Cek Plagiat melalui alat bantu Turnitin. Jika diindikasi mayor plagiarisme maka Naskah ditolak untuk terbit.

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia (JKWGI) yaitu Jurnal Keperawatan yang berbasis online ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPN "Veteran" Jakarta

Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia dimasukan melalui proses elektronik (OJS), sehingga setiap penulis wajib mendaftarkan diri dan memasukan melalui OJS (Registrasi). Artikel yang dipublikasikan dalam JKWGI akan melalui proses peer review yang dilakukan dalam sistem OJS.

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia terbit pada, Februari dan September setiap tahunnya. Dan Naskah dikirim kapan pun melalui online (Registrasi). Pengiriman naskah Januari s.d Juli akan diproses untuk penerbitan September, pengiriman naskah Juli s.d Desember akan diproses untuk penerbitan Februari setiap Tahunnya.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan open access yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan support pertukaran pengetahuan global terbesar, namun disarankan terlebih dahulu daftar pada situs Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia: Jurnal Keperawatan  (data pembaca/kunjungan).
 
 

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi diantara perpustakaan yang berpartisi dan mengizinkan perpustakaan itu untuk membuat arsip permanen jika tujuannya untuk preservasi dan restorasi.
 
 
 
 

 

Etika Publikasi

Editorial Policies

 

PERNYATAAN ETIKA DAN MALPRAKTEK PUBLIKASI

Etika Publikasi

Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam aksi penerbitan artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, pemimpin redaksi, dewan editorial, peninjau sejawat dan penerbit Prodi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembanguanan Nasional Veteran Jakarta (FIKES UPNVJ).

Pedoman Etis untuk Publikasi Jurnal

Publikasi artikel dalam Jurnal Keperawatn Widyagantari Indonesia (JKWI) dikelola oleh penerbit ilmiah yang kinerjanya sesuai dengan kaidah-kaidah etik dalam penelitian dan ilmu pengetahuan. Artikel yang diulas mendukung dan mewujudkan metode ilmiah, karena itu penting untuk menyepakati standar etika perilaku yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peninjau sejawat, penerbit dan publik. Prodi Keperawatan FIKES UPNVJ sebagai penerbit JKWI melaksanakan tugas kepercayaannya untuk semua tahap publikasi dengan sangat serius dan kami mengakui tanggung jawab etis dan lainnya. JKWI menjunjung tinggi nilai etik dalam publikasi yaitu keputusan publikasi, keadilan, kerahasiaan, kejujuran dan kenetralan.

Keputusan Publikasi

Editor JKWI bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang diserahkan ke jurnal untuk diterbitkan. Validasi karya yang dipertanyakan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku saat ini sehubungan dengan pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Editor dapat bernegosiasi dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

Keadilan

Naskah yang diterbitkan akan dievaluasi dan direview oleh editor dan reviewer terlepas dari ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kebangsaan, atau filosofi politik penulis. Hal ini demi menjunjung tinggi etika penerbitan JKWI.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang diserahkan kepada siapa pun selain penulis, pengamat, calon pengamat yang relevan, penasihat editorial lain, dan penerbit, yang sesuai.

Kejujuran dan kenetralan  

Materi naskah yang tidak dipublikasikan yang disampaikan dalam naskah yang dikirimkan ke JKWI tidak boleh digunakan dalam editor penelitian sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Informasi atau ide khusus yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak dapat mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau hubungan lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga yang terkait dengan manuskrip.  

 Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

Pengelola terbitan JKWI menentukan proses publikasi dan mengintegrasikan fungsi penulis, editor, dan mitra bestari untuk mempublikasikan karya tulis berdasarkan kaidah ilmiah dan etika. Pengelola menanggapi kritik, saran, dan keberatan dari penulis secara jujur dan transparan. Tugas pengelola juga menjaga kemandirian jurnal dari pertimbangan komersialisasi murni dan mengupayakan untuk menjadi jurnal yang layak di bidang keperawatan. Pengelola pada terbitan JKWI bekerja berdasarkan prinsip dan berstandar etika sebagai berikut.

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan pengajuan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, pengarang/penulis, editor maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada pengarang/penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan aturan dan etika perilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama lembaga penelitian dan instansi terkait
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

 Editor

Editor bertugas untuk mengevaluasi manuskrip untuk konten intelektual mereka tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.Tugas dan Tanggung Jawab Editor pada terbitan JKWI adalah  sebagai berikut.

  1. Mempertemukan kebutuhan pembaca dan penulis, Mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan,
  2. Menerapkan proses untuk menjamin mutu karya tulis yang dipublikasikan,
  3. Mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif,
  4. Memelihara integritas rekam jejak akademik penulis,
  5. Menyampaikan koreksi, klarifikasi, dan permintaan maaf apabila diperlukan,
  6. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format penulisan karya tulis ilmiah, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis merupakan tanggung jawab penulis,
  7. Secara aktif meminta pendapat penulis, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi,
  8. Melakukan evaluasi internal secara berkala terhadap kualitas jurnal ilmiah
  9. Mendukung inisiatif penulis tentang etika publikasi dengan menyertakan formulir klirens dalam setiap pengajuan naskah
  10. Berpikiran terbuka terhadap pendapat baru atau pandangan orang lain yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi untuk kemajuan ilmu pengetahuan,
  11. Menghindari keputusan yang bersifat objektif dengan tidak mempertahankan pendapat sendiri, penulis atau pihak ketiga dengan mencari jalan keluar yang secara ilmiah dapat dipertanggungjawabkan,
  12. Mendorong penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.

 Mitra Bestari

Mitra bestari adalah seseorang yang membantu redaksi untuk menelaah secara kritis substansi karya tulis ilmiah sesuai dengan bidang kepakarannya, sehingga mitra bestari memegang peran yang sangat penting dalam proses publikasi ilmiah.  Tugas dan Tanggung Jawab Mitra Bestari pada terbitan JKWI adalah  sebagai berikut.

  1. Menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil telaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan,
  2. Penelaah tidak melakukan telaah ilmiah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak langsung,
  3. Memberikan saran, masukan dan rekomendasi positif terhadap manuskrip karya tulis ilmiah,
  4. Menjaga privasi penulis dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi terhadap suatu manuskrip,
  5. Mendorong penulis melakukan perbaikan karya tulis,
  6. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan,
  7. Karya tulis ditelaah tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain) yang telah ditetapkan.

 Penulis

Penulis dalam jurnal ilmiah adalah seseorang yang menuangkan hasil-hasil pemikiran dan/atau penelitian dan pengembangannya dalam bentuk karya tulis yang telah memenuhi persyaratan kaidah ilmiah dan etika. Penelitian ditujukan untuk memperoleh pengetahuan baru, menghasilkan metode penyelesaian secara ilmiah untuk masalah yang dihadapi. Hasil proses ini merupakan kontribusi pengarang sebagai individu dalam menyumbang ilmu pengetahuan. Tugas dan Tanggung Jawab Penulis pada terbitan JKWI sebagai berikut.

  1. Memastikan bahwa yang termasuk dalam daftar penulis telah memenuhi kriteria sebagai penulis,
  2. Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya.
  3. Menyatakan asal sumber daya (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Menjelaskan keterbatasan dalam penelitian.
  5. Menanggapi komentar yang dibuat oleh mitra bestari dan dewan redaksi secara profesional ilmiah dan tepat waktu.
  6. Menginformasikan secara tertulis kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.
  7. Membuat pernyataan bahwa karya tulis yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli, dan belum pernah dipublikasikan di manapun dan dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.
  8. Jika pekerjaan melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan memiliki bahaya yang tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya, penulis harus secara jelas mengidentifikasi ini didalam naskah.