Strategi Penghimpunan Dana Zakat pada Laz Persis KLP Kawalu Tasikmalaya

Authors

  • Rahmanita Universitas Siliwangi
  • Nurul Fadila Dwiyanti Universitas Siliwangi
  • Rima Rahayu Universitas Siliwangi
  • Nida Siti Nurhamidah Universitas Siliwangi
  • Elis Nurhasanah Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.59580/iesbir.v2i3.7086

Abstract

Abstract

The existence of LAZ Persis KLP Kawalu in fundraising can be seen through its active participation in social activities and its fundraising strategies. One notable instance is during the earthquake disaster in Cianjur in 2022. Various groups of people donated and set aside a portion of their wealth for LAZ Persis KLP Kawalu. This is undoubtedly due to the public's trust in LAZ Persis KLP Kawalu's effective utilization of social funds provided by the community. This research aims to explore the zakat fundraising strategies implemented by LAZ Persis KLP Kawalu. The research method employed is a qualitative descriptive approach, utilizing both primary and secondary data. The findings of this research indicate that LAZ Persis KLP Kawalu employs four main strategies in gathering zakat funds. The initial strategy involved door-to-door approaches, but over time, this strategy has become less common as contributors prefer using transfer methods through information available on LAZ Persis KLP Kawalu's social media. Consequently, social media fundraising strategies have a more positive impact on increasing the amount of zakat funds received by LAZ Persis KLP Kawalu.

Keywords: Fundraising, Zakat, LAZ Persis KLP Kawalu

 

Abstrak

Eksistensi LAZ Persis KLP Kawalu dalam penghimpunan dana dapat dilihat dari keaktifannya dalam kegiatan sosial serta tak lepas dari strategi penghimpunan dana yang dilakukannya. Di antara bentuk eksistensi itu seperti saat terjadinya bencana gempa di Cianjur pada tahun 2022 lalu. Banyak dari beragam kalangan yang mendonasikan dan menyisihkan sebagian hartanya kepada LAZ Persis KLP Kawalu. Hal tersebut tentu karena adanya kepercayaan publik terhadap LAZ Persis KLP Kawalu dalam pendayagunaan dana sosial yang masayarakat berikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi fundraising dana zakat yang diterapkan oleh LAZ Persis KLP Kawalu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat empat strategi utama yang dilakukan oleh LAZ Persis KLP Kawalu dalam menghimpun dana zakat. Strategi awal yang digunakan adalah door to door, namun seiring berjalannya waktu strategi tersebut jarang dilakukan, karena muzakki lebih memilih menggunakan metode transfer melalui informasi yang terdapat dalam sosial media LAZ Persis KLP Kawalu. Sehingga strategi fundraising media sosial lebih memberikan dampak positif bagi peningkatan jumlah dana zakat yang di terima oleh LAZ Persis KLP Kawalu.

Kata kunci: Penghimpunan, Zakat, LAZ Persis KLP Kawalu

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Rahmanita, Dwiyanti, N. F., Rahayu, R., Nurhamidah, N. S., & Nurhasanah, E. (2024). Strategi Penghimpunan Dana Zakat pada Laz Persis KLP Kawalu Tasikmalaya. Islamic Economics and Business Review, 2(3). https://doi.org/10.59580/iesbir.v2i3.7086