Festival Budaya Sebagai Media Bank Indonesia Dalam Mempromosikan Uang Elektronik (e-money) di Masyarakat

Authors

  • Jeby Fahira Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Muhammad Iqbal Fasa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Suharto Suharto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Keywords:

promosi, e-money, festival budaya, aplikasi pembayaran digital

Abstract

Pada dasarnya masyarakat sudah mengalami perkembangan teknologi yang signifikan. Salah satunya yaitu dengan adanya transaksi online berupa e-money. Menurut Peraturan Perbankan Indonesia Nomor : 12 November 2009 PBI Tentang uang elektronik Uang Elektronik. Uang elektronik diterbitkan berdasarkan nilai uang yang sebelumnya disetorkan oleh pemegangnya untuk penerbit yang disimpan secara elektronik di media seperti server atau chip, dengan uangnya bukan sebagai simpanan, serta digunakan sebagai pembayaran. Teknik promosi yang dilakukan pihak BI yaitu dengan cara mengadakan festival begawi yang dilengkapi dengan adanya UMKM yang ikut berpartisipasi untuk memberi sosialisasi pembayaran lewat e-money di masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode kualitatif.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh pihak Bank Indonesia Kpw Lampung mengenai transaksi e-money. Selain itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui aplikasi pembayaran seperti OVO, GO-PAY, dan Dana yang digunakan dalam transaksi e-money.

References

Muamar, Afif. 2017. "Electronic money (e-money) in maqashid al-sharia perspective." Journal of Islamic Economics Lariba, h.75-84. https://journal.uii.ac.id/JIELariba/article/view/9657

Bauman, Richard, 1992. "Folklore, Cultural Performances, and Popular Entertainments." Pers Universitas Oxford. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=816xg1rW7J4C&oi=fnd&pg=PP2&dq=info:5YSDFVA0PqMJ:scholar.google.com/&ots=IFFdPdR5dz&sig=lo8O9ACm81a2R5WMzlhScxkWl_c&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Darmayanti, Luh Putu Eka and Agus Putu Abiyasa. 2022. "Adaptasi Social Media Marketing sebagai Strategi mempertahankan Eksistensi di Tengah Pandemi Covid-19." Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis 13 (2), 252-266. https://doi.org/10.33059/jseb.v13i2.3498

Anifa, Friti, Anisa Anisa, Nailatul Fadhila, and Ida Farida Adi Prawira. 2020. "Tingkat Kemudahan dan Manfaat pada Penggunaan Layanan Go-Pay bagi Minat Pengguna di Indonesia." Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi 3 (1), 37-49. http://ejournal.winayamukti.ac.id/index.php/Organum/article/view/75

Bahri, Asep Saiful. 2010. "Konsep uang elektronik dan peluang implementasinya pada perbankan syariah: studi kritis terhadap peraturan bank indonesia nomor 11/12/pbi/2009 tentang uang elektronik." Jakarta: Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/839

Ramadani, Laila. 2016. "Pengaruh penggunaan kartu debit dan uang elektronik (E-Money) terhadap pengeluaran konsumsi mahasiswa." Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan 8 (1), 1-8. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Menurut+Listfield+dan+Montes+Negret+sistem+pembayaran&btnG=#d=gs_qabs&t=1665910148435&u=%23p%3Dbq5lwahv05oJ

Permana, Iwan. 2020. "Penerapan Kaidah-Kaidah Fiqih Dalam Transaksi Ekonomi Di Lembaga Keuangan Syariah." Tahkim 3 (1), 17-38. 10.29313/tahkim.v3i1.561

Hollanders, Marc, "Innovations in Retail Payments and the BIS Statistics on Payment and Settlement Systems." Bank for International Settlements: IFC Bulletin, 31, 2009, 431–38. https://econpapers.repec.org/bookchap/bisbisifc/31-31.htm

Kaeppler, L Andriana. 2002. “Pacific Festivals and Ethnic Identity". Seni Pasifik 5-19. https://www. jstor .org /stable/23411389

Hidayati, Siti, Ida Nuryanti, Agus Firmansyah, Aulia Fadly, Isnu Yuwana Darmawan. 2006. "Operasional e-money." Jakarta : Bank Indonesia, h.1-0. https://scholar.google.com/scholar?q=related:oNJt09htPH4J:scholar.google.com/&hl=en&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1665911073169&u=%23p%3DoNJt09htPH4J

Syarifuddin, Amir. 2019. "Garis-garis besar fiqh." Jakarta : Kencana. http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=1541

Ratu, Intan Kesuma, Muhammad Iqbal Fasa. 2022. "Meningkatnya Transaksi Pembayaran Uang Elektronik Berbasis Server Dimasa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perspektif Syariah." An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 3 (1), 63-82. https://doi.org/1051339/nisbah.v3i1.405

Anam, Choiril. 2018. "E-Money (Uang Elektronik) Dalam Perspektif Hukum Syari’ah." Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law 2 (1), 95-112. https://doi.org/10.30762/q.v2i1.1049

Satria, Arief Adi. 2017. "Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36." Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 2 (1), 45-53. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/436

Al-Laham, Mohamad. 2009. "Perkembangan Uang Elektronik dan Dampaknya Terhadap Peran Bank Sentral dan Kebijakan Moneter." Isu-isu dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi 6, 339-349. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=qLqIK3HomoEC&oi=fnd&pg=PA339&dq=info:MbwPhvLJWg8J:scholar.google.com/&ots=PojkQa-ChT&sig=MdCyVCboW01cIigC3dtsn9oXTvQ&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Fahira, J., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2023). Festival Budaya Sebagai Media Bank Indonesia Dalam Mempromosikan Uang Elektronik (e-money) di Masyarakat. Islamic Economics and Business Review, 1(2), 230–243. Retrieved from https://ejournal.upnvj.ac.id/iesbir/article/view/5186