Implementasi Bauran Pemasaran Syariah Pada Kosmetik Berlabel Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perspektif Islam
Abstract
Kosmetik berasal dari kata Yunani “kosmetikos” yang berarti keterampilan menghias, mengatur. Definisi kosmetik dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 445/MenKes/Permenkes/1998 yaitu kosmetik adalah sediaan atau paduan bahan yang siap untuk digunakan pada bagian luar badan untuk mengubah penampakan tetapi tidak untuk menyembuhkan suatu penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli prodk kosmetik halal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data yaitu data sekunder, berupa kajian kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen yaitu dengan adanya strategi yang baik terhadap bauran pemasaran seperti meningkatkan kualitas produk, harga yang terjangkau, strategi promosi yang menarik dan distribusi yang lancar akan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk atau barang.
References
Nurcholifah, I. (2014). Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulistiwa – Journal Of Islamic Studies, 4(1), 73–86.
Khairawati, S. (2018). BAGAIMANA KONSTRUKSI PROGRAM MARKETING MIX PRODUK-PRODUK HALAL ? In jurnalhamfara.ac.id. Retrieved from http://jurnalhamfara.ac.id/index.php/attauzi/article/view/11.
Kettani, H. 2010. World muslim population. Proceedings of the 8th Hawaii. International Conference on Arts and Humanities. Honolulu Hawaii.
Esfahani, A.N. and A. Shahnazari. 2013. Designing halal and pure food model by emphasizing consumer behaviour management. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 3(2): 574-578.
Utami, W. 2013. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Membeli (Surveipada Pembeli Produk Kosmetik Wardah di Outlet Wardah Griya MuslimAn-Nisa Yogyakarta. [skripsi] Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.
Iranita. 2013. Pengaruh Labelisasi Halal Produk Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji. [skripsi] Available at : Riset.umrah.ac.id.
Tri Widodo, 2015, “Pengaruh Labelisasi Halal dan harga terhadap keputusan pembeliankonsumen pada produk indomie”, Surakarta.
Wahyu Budi Utami. 2013, Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Membeli, Yogyakarta.
Departemen Agama RI. 2010, Al-Quran dan Terjemahannya,,Bandung Diponegoro : IKAPI.
M.Nur Rianto Al Arif dan Euis Amalia, Teori Mikroekonomi (Jakarta: Kencana, 2010), 87.
Amiruddin, A. (2010). Fiqih Kecantikan. Bandung: Khasanah Intelektual.
Muhammad, R. (2007). Re-branding halal. The Halal Journal, 5-6.
Rajikin, M. H., Omar, B., & Sulaiman, S. (1997). Pemakanan dan Kesihatan. Kuala Lumpur, Malaysia: Dewan Bahasa dan Pustaka Publisher.
Amat, S. H. (2006). Halal – new market opportunities. Paper presented in the 9th Efficient Consumer Response (ECR) Conference, November 15, 2006, KLCC, Kuala Lumpur Malaysia. Retrieved on May, 2009 from http://www.islam.gov.my/portal/lihat.php?jakim=2140.
Retno iswari tranggono dan fatma latifah “ buku pangan ilmu pengetahuan kosmetik” (Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2007.), 6.
Sholikhah, B., Fitri, R., & Mahanani, Y. (2021). Analisis Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal MUI pada Generasi Millenial. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(2), 193–211.
Maria, P. (2020). Pengaruh Atribut Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah:(Survey Pada Karyawan PT. Barclay Products Jakarta). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial, 1(1), 40–47.
Hashim, S. N. A., Mazlan, M., & Shafie, S. N. A. (2019). Aplikasi Gaya Hidup Halal sebagai Usaha mencapai Matlamat Pelaksanaan Pembangunan Lestari Islam. Jurnal’Ulwan, 4(1), 128–136.
Kusumaningtyas, R. F. R. (2018). Peran Religiosity Sebagai Moderator Pembentukan Halal Cosmetics Preference: Penelitian Pada Wardah Cosmetics. STIE Indonesia Banking School.
Adinugraha, H. H., & Sartika, M. (2019). Halal Lifestyle Di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 57–81.
Aziz, N. I. A., & Ahmad, F. A. (2018). The Halal Lifestyle of Muslim Working Women. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(5), 1138–1147.
Maringan Masry Simbolon, 2004, Dasar Dasar Adminitrasi dan Manajemen, Jakarta : Ghalia Indonesia.
Fahmi, Irfani. 2016. Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan. Depok : PT Raja Grafindo Persada.
Alim, Silachul Alfinul Alim, et al.. 2018. Pengaruh Persepsi Label Halal dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim ( Survei pada Pelanggan Produk Zoya Muslim di Kota Malang) : Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 62 (1) : 127-134.
Imantoro, Fatih, et al.. 2018. Pengaruh Citra Merek, Iklan, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Mi Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al- Hamam Riyadh) : Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 57 (1) : 180-187.
Etta Mamang Sangadji &Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Andi.
As-Sabatin, Yusuf, Bisnis Islami dan Kritik Terhadap Bisnis ala Kapitalis, Bogor: Al-Azhar Press, 2011.
Harun, Fiqh Muamalah Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2017.
Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.
Widjaja, Amin. 2005. Tanya Jawab: Perilaku Konsumen & Pemasaran Strategi. Jakarta: Harvarindo.
P. Kotlerand G. Armstrong,Principles of Marketing 14th edition,New Jersey: Prentice Hall, 2012.
Sugibayashi, K., Yusuf, E., Todo, H., Dahlizar, S., Sakdiset, P., Arce, F. J., & See, G. L. (2019). Halal cosmetics: A review on ingredients, production, and testing methods. Cosmetics. https://doi.org/10.3390/cosmetics6030037
Yuswohady. (2015). Marketing To The Middle Class Muslik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Syahputra, A., & Hamoraon, H. D. (2013). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Masyarakat Kecamatan Perbaungan dalam Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 2(8), 475–487.
Desmayonda, A., & Trenggana, A. F. M. (2019). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening Di Mujigae Resto Bandung. Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 1–95.
Alma, Buchari. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Kelima. Bandung: Alfabeta.
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/17969
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.