Analisis Pemanfaatan Digital Fundraising Sebagai Strategi Mengoptimalkan Penghimpunan Zakat Penghasilan Pada Baznas DKI

Authors

  • Annisa Maharani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ade Nur Rohim

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital yang cukup pesat, aktivitas penghimpunan dana zakat pun telah berinovasi untuk memanfaatkan kanal digital guna meningkatkan jumlah penghimpunan dana zakat. Zakat penghasilan merupakan salah satu jenis zakat yang dihimpun dari penghasilan seseorang, yang hingga saat ini realisasi penghimpunannya masih belum sesuai dengan potensi yang ada. Guna meningkatkan penghimpunan zakat penghasilan, maka Baznas sebagai lembaga pengelola zakat tingkat nasional turut berinovasi dalam memanfaatkan kanal digital dalam hal ini. Selain itu, diperlukan juga adanya suatu strategi yang dilakukan untuk terus mengoptimalkan penghimpunan zakat penghasilan dengan memanfaatkan peran kanal digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pemanfaatan digital fundraising dalam menghimpun dana zakat penghasilan pada Baznas DKI, serta untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh Baznas DKI untuk terus mengoptimalkan penghimpunan zakat penghasilan dalam memanfaatkan digital fundraising. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah pola pemanfaatan digital fundraising di Baznas DKI yang sudah baik dan dapat menghimpun dana zakat penghasilan sesuai potensi yang ada.

References

Abidah, A. (2016). Analisis Strategi Fundraising Terhadap Peningkatan Pengelolaan ZIS Pada Lembaga Amil Zakat Kabupaten Ponorogo. Kodifikasia, 10(1).

Al Arif, M. N. R., & Al Athar, M. D. (2021). The Intention of Millennial Generation in Paying Zakat through Digital Payments. International Journal of Islamic Business and Economics (IJIBEC), 5(1), 38. https://doi.org/10.28918/ijibec.v5i1.3675

Ansori, A. (2016). DIGITALISASI EKONOMI SYARIAH. 7(1), 1–18.

APJII. (2019). Laporan Survei Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survei 2018.

Baidowi, I. (2018). Zakat Profesi (Zakat Penghasilan). Tazkia: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan, Dan Kebudayaan, 19(1), 40–54.

Barkah, Q., Azwari, P. C., Saprida, & Umari, Z. F. (2020). Fikih Zakat, Sedekah, dan Wakaf (1st ed.). Prenadamedia Group.

Bimasakti, M. A. (2018). Meninjau Zakat Penghasilan Pada Fatwa Mui No . XVIII(2), 1–19.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, II, 116–123.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. In Wal ashri Publishing.

Indonesia, C. (2018). Baznas: Milenial Hobi Zakat dan Beramal via Aplikasi Digital.

IPPZ. (2019). Buku Indikator Pemetaan Potensi Zakat.

Jakarta, B. D. (2020). Baznas Bazis DKI Jakarta.

Jamaludin, N., & Aminah, S. (2021). Efektifitas Digitalisasi Penghimpunan Dana Zakat pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tangerang. Management of Zakat and Waqf Journal (MAZAWA), 2(2), 180–208.

Ningrum, G. H., Firnanda, R. D., Purnamasari, W., & Huda, B. (2021). Optimalisasi Peluang Media Digital : Strategi Meningkatkan Fundraising Zakat di Lembaga Taman Zakat Indonesia. Management of Zakat and Waqf Journal (Mazawa), 3(September), 45–62.

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Academia, 468–476.

Outlook, Z. (2021). OUTLOOK ZAKAT 2021.

Outlook, Z. (2022). OUTLOOK ZAKAT 2022.

Pramiyati, T., Jayanta, & Yulnelly. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2). https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1574

Rahman, T. (2015). AKUNTANSI ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH (PSAK 109): Upaya Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Organisasi Pengelola Zakat (OPZ). Jurnal Muqtasid, 6(1), 141–164.

Rahmatullah, & Putra, B. R. (2020). Digital Fundraising Model of Cash Waqf. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 553. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1382

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

ROHIM, A. N. (2020). Relevansi Nilai Dasar Bela Negara Dengan Pembayaran Zakat dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(3), 293–307. https://jurnal.ugm.ac.id/jkn/article/view/55254

Rohmaniyah, W. (2021). Optimalisasi Zakat Digital Melalui Penguatan Ekosistem Zakat di Indonesia. Al-Huquq: Journal of Indonesian Islamic Economic Law, 3(2), 232–246.

Saprida. (2016). Zakat: Solusi Mengatasi Kemiskinan.

Siregar, S. S., & Kholid, H. (2019). ANALISIS STRATEGI FUNDRAISING LEMBAGA AMIL ZAKAT MELALUI PLATFORME-COMMERCE (Studi Komparatif ACT, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat). Al-Mizan, 3(2), 205–222.

Suryaningsum, S., Purwanto, H. S., Kusumastutik, B., & Tanjung, R. W. (2020). Strategi Universitas Meraih Nilai Tinggi Untuk Jurnal Terakreditasi Dalam Sinta. Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora, 4(1), 73–79.

Susanty, F. M., & Bahruddin, H. (2020). Penerapan Zakat Profesi Bagi Youtuber “Studi Fenomenologis Zakat Profesi Youtuber Di Komunitas Youtuber Jombang (YTN).” 5(2), 71–77.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Maharani, A., & Rohim, A. N. (2022). Analisis Pemanfaatan Digital Fundraising Sebagai Strategi Mengoptimalkan Penghimpunan Zakat Penghasilan Pada Baznas DKI. Islamic Economics and Business Review, 1(1), 33–44. Retrieved from https://ejournal.upnvj.ac.id/iesbir/article/view/4879