Anak itu Aset atau Beban?
DOI:
https://doi.org/10.62108/asrj.v3i1.7614Keywords:
akuntansi, akuntansi rumah tanggaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam mengenai pemahaman makna anak dari sudut pandang orang tua, apakah anak merupakan aset atau beban. Metode yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah empat informan yaitu dua ayah dan dua ibu karena peneliti berniat mengetahui makna anak dalam sudut pandang orang tua. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kami mendapatkan hasil bahwa anak memiliki arti yang sangat penting dalam sudut pandang orang tua dan sangat melekat pada makna aset. Anak dianggap sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang artinya anak adalah amanah yang harus dijaga dan dirawat dengan penuh kasih sayang. Selain itu, anak merupakan penerus keluarga yang akan meneruskan warisan, adat dan istiadat keluarga.
References
Alfitri. 2012. “Ideologi Welfare State Dalam Dasar Negara Indonesia: Analisis Putusan Mahkamah Konstitusi Terkait Sistem Jaminan Sosial Nasional.” Jurnal Konstitusi 9(3):450–72.
Ali Irfan Musyafi. 2018. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Orientasi Masa Depan Pendidikan Siswa .”
Chotimah, Chusnul. 2015. “Pengaruh Pendidikan Keuangan Di Keluarga, Sosial Ekonomi Orang Tua, Pengetahuan Keuangan, Kecerdasan Spiritual, Dan Teman Sebaya Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa S1 Pendidikan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 3(2).
Effendi. 1995. “Fungsi Keluarga Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia.” 1–81.
Eka Nur Setiowati. 2016. “Perempuan, Strategi Nafkah Dan Akuntansi Rumah Tangga.” Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 8(1).
Etika, Minata, and Marlin . Rusdarti. 2016. “Journal of Educational Social Studies Konstruksi Sosial Orang Tua Tentang Pendidikan Dan Pola Asuh Anak Keluarga Nelayan.” Journal of Educational Social Studies 5(2).
FahmiSiska, Mbina Pinem. 2018. “Analisis Nilai Anak Dalam Gerakan Keluarga Berencana Bagi Keluarga Melayu.” Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10(1):112–19.
Fatoni, A. 2016. “Praktek Adopsi Di Desa Sawangan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Positif.”
Hviid Michael Jacobsen. 2019. “Liquid-Modern Emotions: Exploring Zygmunt Bauman’s Contribution to the Sociology of Emotions.” Bristol University Press 1(1):99–116.
Jami Curley, Ph. D. ,. Fred Ssewamala, Ph. D. ,. and Chang-Keun Han, Ph. D. 2010. “Assets and Educational Outcomes: Child Development Accounts (CDAs) for Orphaned Children in Uganda.” National Library Of Medicine. Retrieved October 27, 2023 (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2976060/).
Jędrzychowska Anna, Ewa Poprawska. 2021. “The Influences of Birth and the Child—Raising on Household Finances: An Analysis of Lost Income.” IDEAS. Retrieved October 20, 2023 (https://ideas.repec.org/h/spr/eurchp/978-3-030-63149-9_13.html).
Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif / Penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. Vol. 6.
Manurung Daniel T.H. 2013. “CONTENT DANIEL[2].” L Llmiah Akuntansi Dan Humanika 3(1):892–911.
Miranti Deffina Citradewi, Saputra Kesit Dwijayanto, Muniarti Harjo. 2021. “Legalitas Penjaminan Anak Sebagai Objek Jaminan Hutang Dari Perspektif Hukum Dan Agama.” Education and Development 10(1).
Muhammad, Zaki . 2014. “Perlindungan Anak Dalam Perspektif Islam.” ASAS 6(2).
Rizki Mikail Heryawan. 2023. “Makna Aset Yang Melekat Pada Anak Dalam Perspektif Akuntan Pendidik Mikail Rizki Heryawan* Krisno Septyan.” Bisnis Dan Akuntansi 25(1):119–30.
Rozzaki, Agwa Daffa, and Yuliati Yuliati. 2022. “Urgensi Penerapan Akuntansi Rumah Tangga Masa Pandemi Covid-19.” JAS (Jurnal Akuntansi Syariah) 6(1):69–82. doi: 10.46367/jas.v6i1.601.
Shalahuddinta Alfin, Susanti. 2014. “Pengaruh Pendidikan Keuangan Di Keluarga, Pengalaman Bekerja Dan Di Perguruan Tinggi Terhadap Literasi Keuangan.” Jurnal Pendidikan Akuntansi 2(2).
Sulastri, Desy Anggraini. 2012. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi.
Suryadi Rudianto Saat. 2008. Pengantar Akuntansi.
Vidová, Jarmila, and Peter Sika. 2021. “Globalization Processes and Their Effects on the Household Economy.” SHS Web of Conferences 92:05028. doi: 10.1051/shsconf/20219205028.
Wahyono Hari. 2001. Pengaruh Perilaku Ekonomi Kepala Keluarga Terhadap Intensitas Pendidikan Ekonomi Di Lingkungan Keluarga / Oleh, Hari Wahyono.
Wardhani Ayu Astutik. 2018. Fenomenologi Akuntansi Rumah Tangga (Studi Kasus Pada Keluarga Tni-Ad Kota Malang).
Yongmin Sun, Yuanzhang Li. 2011. “Effects of Family Structure Type and Stability on Children’s Academic Performance Trajectories.” Journal Of Marriage and Family 73(3).
Yuan Sarah Lestari. 2020. “Pengaruh Pendidikan Pengelolaan Keuangan Di Keluarga, Status Sosial Ekonomi, Locus of Control Terhadap Literasi Keuangan.” Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi) 01(02):69–78.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zharfania Nurochman, Assyifa Azzahra Wibowo, Nurjanatul Fitriah, Anna Mora Rumahorbo, Nurlita Syaharani Jianiar, Krisno Septyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.