Tinjauan CSR Bank Mandiri dalam Program Wirausaha Muda Mandiri (WMM)

Authors

  • Destrya Ajeng Larasyaty Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Suharyati Suharyati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.62108/asrj.v2i2.6816

Keywords:

Corporate Social Responsibility, CSR, Event Kewirausahaan, Wirausaha Muda Mandiri

Abstract

Penelitian ini menganalisis Program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2022 sebagai salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Mandiri dalam mendorong pertumbuhan ekonomi guna menekankan angka pengangguran dengan menciptakan lapangan pekerjaan, terutama pada generasi muda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana event program Wirausaha Muda Mandiri 2022 di Jakarta sebagai salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Mandiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode teknik analisis data deskriptif pada penelitian kualitatif berdasarkan data primer. Adapun langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini pengumpulan data diperoleh dari proses hasil data wawancara, dokumentasi kemudian diakhiri dengan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa ada keterkaitan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan orientasi Wirausaha Muda Mandiri atau terhadap pelaku bisnis. Ditemukan bahwa program Corporate Social Responsibility (CSR) juga berdampak positif dalam meningkatkan minat kewirausahaan.

References

Andrea B dkk. (2016). Knowledge Sharing Problems From the Viewpoint of Intergeneration Management. ICMLG2016-4th International Conferenceon Management, Leadership and Governance: ICMLG2016, 42.

Badan Pusat Statistik. (2021). Pandemi, Pengangguran, dan Generasi Muda Bertani. DetikNews. https://news.detik.com/kolom/d-5530490/pandemi-pengangguran-dan-generasi-muda-bertani

Bank Mandiri. (2019). Jenis Program WMM Award, WMM Expo & Pembinaan WMM. https://www.bankmandiri.co.id/web/csr/wirausaha-muda-mandiri

Baritoinfo.inews.id. (2022). Bank Mandiri Gelar WMM 2022 Bangga Menjadi Entrepreneur. Baritoinfo.Inews.Id. https://baritoinfo.inews.id/read/188445/bank-mandiri-gelar-wmm-2022-bangga-menjadi-entrepreneur

Brillyanes S dkk. (2018). Kewirausahaan. UB Press.

David Stillman & Jonah Stillman. (2019). Generasi Z. Gramedia Pustaka Utama.

Duthler, G & Dhanesh, G. . (2018). The role of corporate social responsibility (CSR) and internal CSR communication in predicting employee engagement: Perspectives from the United Arab Emirates (UAE). Public Relations Review, 44(4), 453–462.

Fachrurazi S dkk. (2021). Pedoman Dasar & Konsep Kewirausahaan (P. T. Cahyono (ed.); Cetakan Pe). Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

iNews.id. (2022). Mitra Binaan Terbaik Bank Mandiri Tampil di WMM Fest 2022. INews.Id. https://www.inews.id/multimedia/photo/mitra-binaan-terbaik-bank-mandiri-tampil-di-wmm-fest-2022/1/2

ISO 2600. (2010). ISO 26000 sebagai Standar Global dalam Pelaksanaan CSR.

Kabarbumn.com. (2022). Dorong Anak Muda Berbisnis, Bank Mandiri Gelar WMM 2022. Kabarbumn.Com. https://www.kabarbumn.com/trending/11480084/Dorong-Anak-Muda-Berbisnis-Bank-Mandiri-Gelar-WMM-2022

Kasmir. (2016). Kewirausahaan. Raja Grafindo Persada.

Kinanti, D. N., & Erza, E. K. (2020). Analisis Kebutuhan Informasi Generasi Z dalam Akses Informasi di Media Online. Shout Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 12(1), 72–84.

Kompas.com. (2021). Kembangkan Wirausaha Muda, Ini yang Dilakukan Bank Mandiri. https://money.kompas.com/read/2021/11/29/061100026/kembangkan-wirausaha-muda-ini-yang-dilakukan-bank-mandiri

Ngoepe-Ntsoane. (2018). Perspectives on corporate social responsibility as a route to citizen empowerment. Development Southern Africa, 35(4), 419–431.

okezone.com. (2022). Mudah dan Cepat, Begini Cara Beli Tiket WMM Fest Powered by Livin’ by Mandiri. Okezone.Com. https://economy.okezone.com/read/2022/12/06/11/2721568/mudah-dan-cepat-begini-cara-beli-tiket-wmm-fest-powered-by-livin-by-mandiri

Peraturan Presiden. (2022). Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021-2024.

Sekarningrum, A. (2019). Stereotip Gen Z dan Karakter Squidward. Sekarningrum, Ardiyani. https://kumparan.com/ardiyani-sekarningrum/stereotip-gen-z-dan-karakter-squidward-2096HJRtcGI/full

sindonews.com. (2022). Dorong Anak Muda Berbisnis, Bank Mandiri Kembali Gelar Wirausaha Muda Mandiri (WMM) ke-17 di 2022. Sindonews.Com. https://ekbis.sindonews.com/read/896385/178/dorong-anak-muda-berbisnis-bank-mandiri-kembali-gelar-wirausaha-muda-mandiri-wmm-ke-17-di-2022-1664251792

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Suryana. (2014b). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Meuju Sukses. Salemba Empat.

Downloads

Published

2023-09-30