Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • Nadia Ulfa Rahayu Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Praptiningsih Praptiningsih Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.62108/asrj.v3i1.6241

Keywords:

Corporate Social Responsibility (CSR), Dewan Komisaris Independen, Good Corporate Governance (GCG), Ukuran Perusahaan

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna menguji serta membuktikan pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan good corporate governance (GCG) terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini berfokus kepada perusahaan sektor energi dan bahan baku pada tahun 2019-2021. Sampel pada pennelitian yakni sebanyak 57 sampel data yang dipilih dengan metode purposive sampling. Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif-sekunder. Random Effect Model (REM) dengan regresi data panel digunakan dalam penelitian ini menggunakan STATA13 M P (64-bit). Tingkat signifikansi yang digunakan sebesar 5%. Hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) corporate social responsibility (CSR) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; 2) komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; 3) dewan komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; 4) ukuran perusahaan memoderasi pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan; 5)ukuran perusahaan tidak memoderasi pengaruh komite audit terhadap nilai
perusahaan; 6) ukuran perusahaan tidak mempengaruhi dewan komisaris independen terhadap nilai perusahaan.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.; E. Mahriani, Ed.). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Darmastika, I. W. R., & Ratnadi, N. M. D. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas dan Leverage Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana , 27(1), 362–387. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i01.p14

Dir, K. Y., Halim, A., & Mustikowati, R. I. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Dewan Komisaris Independen sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi , 7(2), 1–12. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma

Farida, F., Ramadhan, A., & Wijayanti, R. (2019). The Influence of Good Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on Firm Value: Evidence from Indonesia. International Journal of Economics and Financial Research, 5(7), 177–183. https://doi.org/10.32861/ijefr.57.177.183

Fauzi, A. S., Suransi, N. K., & Alamsyah. (2016). Pengaruh GCG dan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal InFestasi, 12(1), 1–19.

Ferial, F., Suhadak, & Handayani, S. R. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan dan Efeknya terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 33(1).

Hidayat, D. F. N. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 748–764.

Ismi, N. (2020a, August 24). Menanti Penertiban Tambang Timah Ilegal di Teluk Kelabat.

Ismi, N. (2020b, September 17). Selain Rusak Lingkungan, Tambang Timah di Bangka juga Makan Korban Jiwa.

Kiptoo, N. W., Soi, N., & Chepsergon, A. (2017). Effect of Firm Size and Board Gender on Corporate Social Responsibility Investment of Firms Listed in Nairobi Security Exchange in Kenya. International Journal of Economics, Commerce and Management , 5(11), 725–737.

Kusuma, P. W. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Indonesia). 1–10.

Lastanti, H. S., & Salim, N. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(1), 27–40. https://doi.org/10.25105/jat.v5i1.4841

Maulana, T. I., & Muchtar, P. P. S. A. (2018). Modul Metode Penelitian Akuntansi. Jakarta: Politeknik Keuangan Negara STAN 2018.

Nyeadi, J. D., Ibrahim, M., & Sare, Y. A. (2018). Corporate Social Responsibility and Financial Performance Nexus: Empirical Evidence from South African Listed Firms. Journal of Global Responsibility, 9(3), 301–328. https://doi.org/10.1108/JGR-01-2018-0004

Pradana, R., & Astika, I. B. P. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Penerapan Good Corporate Governance, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 28(3), 1920–1933. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v28.i03.p18

Putra, A. A., Kristanti, F. T., & Yudowati, S. P. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pofitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). E-Proceeding of Management, 4(3), 2804–2810.

Putri, K. A. T., & Mardenia, L. (2019). Pengaruh GCG, CSR, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 14(2), 156–169. https://doi.org/doi.org/10.21009/wahana-akuntansi/14.2.04

Rahmantari, N. L. L. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ganec Swara, 15(1), 813–823.

Rofika. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Valuta, 2(1), 27–36.

Sabatini, K., & Sudana, I. P. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis (JIAB), 14(1), 56–69. https://doi.org/10.24843/jiab.2019.v14.i01.p06

Savitri, C., Faddila, S. P., Irmawartini, Iswari, H. R., Anam, C., Syah, S., … Siregar, M. T. (2021). Statistik Multivariat dalam Riset (Pertama; I. Ahmaddien, Ed.). Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Suharto, G. N., Gama, A. W. S., & Astiti, N. P. Y. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019). Jurnal EMAS , 3(9), 1–14.

Surjadi, C., & Tobing, R. L. (2016). Efek Moderasi Ukuran Perusahaan pada Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan-Perusahaan Emiten yang Terdaftar Pada LQ 45 Periode Agustus 2014 s/d Januari 2015). Kompetensi - Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2).

Ticoalu, R., Januardi, Firmansyah, A., & Trisnawati, E. (2021). Nilai Perusahaan,Manajemen Risiko, Tata Kelola Perusahaan: Peran Moderasi Ukuran Perusahaan. Studi Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 4(2), 89–103.

Widyasari, N. A., Suhadak, & Husaini, A. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(1), 1–10.

Winarti, D., & Imron, M. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal REKSA Rekayasa Keuangan Syariah Dan Audit , 2(1), 84–103. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/j.reksa.v2i1.20

Downloads

Published

2024-03-28