Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.62108/asrj.v3i1.6241Keywords:
Corporate Social Responsibility (CSR), Dewan Komisaris Independen, Good Corporate Governance (GCG), Ukuran PerusahaanAbstract
Penelitian ini dilakukan guna menguji serta membuktikan pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan good corporate governance (GCG) terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini berfokus kepada perusahaan sektor energi dan bahan baku pada tahun 2019-2021. Sampel pada pennelitian yakni sebanyak 57 sampel data yang dipilih dengan metode purposive sampling. Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif-sekunder. Random Effect Model (REM) dengan regresi data panel digunakan dalam penelitian ini menggunakan STATA13 M P (64-bit). Tingkat signifikansi yang digunakan sebesar 5%. Hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) corporate social responsibility (CSR) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; 2) komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; 3) dewan komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; 4) ukuran perusahaan memoderasi pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan; 5)ukuran perusahaan tidak memoderasi pengaruh komite audit terhadap nilai
perusahaan; 6) ukuran perusahaan tidak mempengaruhi dewan komisaris independen terhadap nilai perusahaan.
References
Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.; E. Mahriani, Ed.). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Darmastika, I. W. R., & Ratnadi, N. M. D. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas dan Leverage Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana , 27(1), 362–387. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i01.p14
Dir, K. Y., Halim, A., & Mustikowati, R. I. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Dewan Komisaris Independen sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi , 7(2), 1–12. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma
Farida, F., Ramadhan, A., & Wijayanti, R. (2019). The Influence of Good Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on Firm Value: Evidence from Indonesia. International Journal of Economics and Financial Research, 5(7), 177–183. https://doi.org/10.32861/ijefr.57.177.183
Fauzi, A. S., Suransi, N. K., & Alamsyah. (2016). Pengaruh GCG dan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal InFestasi, 12(1), 1–19.
Ferial, F., Suhadak, & Handayani, S. R. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan dan Efeknya terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 33(1).
Hidayat, D. F. N. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 748–764.
Ismi, N. (2020a, August 24). Menanti Penertiban Tambang Timah Ilegal di Teluk Kelabat.
Ismi, N. (2020b, September 17). Selain Rusak Lingkungan, Tambang Timah di Bangka juga Makan Korban Jiwa.
Kiptoo, N. W., Soi, N., & Chepsergon, A. (2017). Effect of Firm Size and Board Gender on Corporate Social Responsibility Investment of Firms Listed in Nairobi Security Exchange in Kenya. International Journal of Economics, Commerce and Management , 5(11), 725–737.
Kusuma, P. W. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Indonesia). 1–10.
Lastanti, H. S., & Salim, N. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(1), 27–40. https://doi.org/10.25105/jat.v5i1.4841
Maulana, T. I., & Muchtar, P. P. S. A. (2018). Modul Metode Penelitian Akuntansi. Jakarta: Politeknik Keuangan Negara STAN 2018.
Nyeadi, J. D., Ibrahim, M., & Sare, Y. A. (2018). Corporate Social Responsibility and Financial Performance Nexus: Empirical Evidence from South African Listed Firms. Journal of Global Responsibility, 9(3), 301–328. https://doi.org/10.1108/JGR-01-2018-0004
Pradana, R., & Astika, I. B. P. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Penerapan Good Corporate Governance, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 28(3), 1920–1933. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v28.i03.p18
Putra, A. A., Kristanti, F. T., & Yudowati, S. P. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pofitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). E-Proceeding of Management, 4(3), 2804–2810.
Putri, K. A. T., & Mardenia, L. (2019). Pengaruh GCG, CSR, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 14(2), 156–169. https://doi.org/doi.org/10.21009/wahana-akuntansi/14.2.04
Rahmantari, N. L. L. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ganec Swara, 15(1), 813–823.
Rofika. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Valuta, 2(1), 27–36.
Sabatini, K., & Sudana, I. P. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis (JIAB), 14(1), 56–69. https://doi.org/10.24843/jiab.2019.v14.i01.p06
Savitri, C., Faddila, S. P., Irmawartini, Iswari, H. R., Anam, C., Syah, S., … Siregar, M. T. (2021). Statistik Multivariat dalam Riset (Pertama; I. Ahmaddien, Ed.). Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
Suharto, G. N., Gama, A. W. S., & Astiti, N. P. Y. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019). Jurnal EMAS , 3(9), 1–14.
Surjadi, C., & Tobing, R. L. (2016). Efek Moderasi Ukuran Perusahaan pada Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan-Perusahaan Emiten yang Terdaftar Pada LQ 45 Periode Agustus 2014 s/d Januari 2015). Kompetensi - Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2).
Ticoalu, R., Januardi, Firmansyah, A., & Trisnawati, E. (2021). Nilai Perusahaan,Manajemen Risiko, Tata Kelola Perusahaan: Peran Moderasi Ukuran Perusahaan. Studi Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 4(2), 89–103.
Widyasari, N. A., Suhadak, & Husaini, A. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(1), 1–10.
Winarti, D., & Imron, M. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal REKSA Rekayasa Keuangan Syariah Dan Audit , 2(1), 84–103. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/j.reksa.v2i1.20
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadia Ulfa Rahayu, Praptiningsih Praptiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.