Efektivitas M-Banking Vs Fintech Dalam Pengambilan Keputusan Payment Qris Di Kalangan Mahasiswa

Authors

  • Eva Nur Atikah Devi Universitas Trunojoyo Madura
  • Rinitia Amalia Universitas Trunojoyo Madura
  • Hoiruddin Universitas Trunojoyo Madura
  • Rian Abrory Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.62108/asrj.v4i2.11539

Keywords:

efektivitas, fintech, QRIS, Mahasiswa

Abstract

Perkembangan teknologi finansial telah mengubah pola transaksi masyarakat, termasuk di kalangan pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk efektivitas penggunaan M-Banking QRIS dan Fintech QRIS dalam pengambilan keputusan pembayaran di kalangan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, penelitian ini menganalisis preferensi pengguna berdasarkan aspek keamanan, kemudahan, dan kecepatan transaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa M-Banking QRIS lebih dipilih karena faktor keamanan dan integrasi dengan rekening bank, sementara Fintech QRIS diminati karena kemudahan akses dan promo yang menarik. Namun, tantangan seperti kemandirian pada jaringan internet dan literasi keuangan yang rendah masih menjadi tantangan. Simpulan penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara penyedia layanan, regulator, dan institusi pendidikan untuk meningkatkan edukasi dan pengalaman pengguna dalam transaksi digital.

References

Adji, Y. B., Muhammad, W. A., Akrabi, A. N. L., & Noerlina, N. (2023). Perkembangan Inovasi Fintech di Indonesia. Business Economic, Communication, and Social Sciences Journal (BECOSS), 5(1), 47–58. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v5i1.8675

Akob, R. A., & Sukarno, Z. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank BUMN di Makasar. Jurnal Sosial Sains, 2(9), 1060–1069. https://doi.org/10.36418/jurnalsosains.v2i9.480

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metedologi Penelitian Kualitatif.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metedologi Penelitian Kualitatif.

Hannany, Z., & Dhika, P. (2025). Volume transaksi QRIS melonjak 175,2% di 2024. https://www.idnfinancials.com/id/news/52068/volume-transaksi-qris-melonjak-175-2-di-2024

Jange, B., Pendi, I., & Susilowati, E. M. (2024). Peran Teknologi Finansial (Fintech) dalam Transformasi Layanan Keuangan di Indonesia. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1199–1205. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.1007

Jayadi, Risnawati, & Muslimin. (2024). Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Transaksi Penggunaan. 4(2), 118–133.

Kudu, Y. U., Pakereng, Y. M., & Kelen, L. H. S. (2023). Efektifitas Penggunaan Payment QRIS Pada Transaksi Penjualan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Juremi : Jurnal Riset Ekonomi, 3(2), 195–210.

Kusuma, D. P. A. (2024). Penggunaan Keputusan Pembayaran QRIS Sebagai Dompet Digital. 20(2), 215–226.

Kusumawati, E. D., Kartikasari, D., Triputra, U. P., & Author, C. (2025). Optimalisasi Kinerja Keuangan Usaha Kuliner Melalui Implementasi QRIS. 9, 399–410.

Lombu, D. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan,Efektivitas Dan Resiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology ( Fintech ) Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Masyarakat Kelurahan Teladan Barat Kota Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 3, 67–78. http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/2083

Mustagfiroh, L., & Supriyadi, A. (2024). Efektivitas Penggunaan QRIS sebagai Media Pembayaran dalam Meningkatkan Perkembangan UMKM di Jepara. JEBIKSU : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Kudus, 2(2), 204–218. http://jim.ac.id/index.php/JEBISKU/

Nainggolan, D. A., Simanjuntak, G. C., Nainggolan, Y. K., Silalahi, I. V., Hutasoit, N. S., Hasugian, C., & Siallagan, H. (2025). Penerapan M-Banking Dalam Meningkatkan Jasa, Layanan Perbankan Di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pekanbaru Sudirman. Jurnal Akuntansi AKTIVA, 4(2), 106–114. https://doi.org/10.24127/akuntansi.v4i2.4831

Natsir, K., Bangun, N., Attan, M. B., & Landias, J. S. (2023). Penggunaan Qris Sebagai Alat Pembayaran Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas Umkm. Jurnal Serina Abdimas, 1(3), 1154–1163. https://doi.org/10.24912/jsa.v1i3.26208

Putri, A. F., Marandika, A. M., Azizah, N. R., Purnamasari, H., & Asnaini. (2024). "Pengaruh Literasi Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Penggunaan Mobile Banking Pada Mahasiswa Program. 4(2), 1–19.

Rachmawati, Y. N., Iksanty, dewi intan, Fadilah, D. H., Nurfitriah, & Masrisal. (2025). Adopsi QRIS Pada Generasi Milenial : Pendekatan Teori Terpadu Penerimaan dan Penggunaan Teknologi ( UTAUT ) Teori.

Santosa, A., & Hartono, A. (2024). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan ( SNLIK). Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

Saputra, I., & Febrian, A. (2025). Efektivitas Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard ( Qris ) Sebagai Alat Pembayaran Non Tunai Dengan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 ( Utaut 2 ) Di Stasiun Lambuang Bukittinggi. 6(1).

Sari, W. A., Fiorintari, F., & Ardhi, Q. (2023). Persepsi Generasi-Z Dalam Penggunaan Fintech Payment. Eksos, 19(1), 17–26. https://doi.org/10.31573/eksos.v19i1.509

Simanjuntak, S. D., Nainggolan, S. Y. E., Silalahi, E. D., Panjaitan, Ri. A., Pardosi, W. R., Hasugian, C., & Siallagan, H. (2025). Pengaruh Kualitas Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Hkbp Nommensen Medan).

Downloads

Published

2025-10-09