Alasan Konsumen Memilih QRIS Sebagai Metode Pembayaran Utama (Studi Kasus Mahasiswa Stia Lancang Kuning Dumai)

Authors

  • Dwi Resti Amanda Prodi Administrasi Niaga, Sekolah Tinggi Administrasi Lancang Kuning Dumai
  • Fitri Nazira Prodi Administrasi Niaga, Sekolah Tinggi Administrasi Lancang Kuning Dumai
  • Ilfa Rahmi Prodi Administrasi Niaga, Sekolah Tinggi Administrasi Lancang Kuning Dumai
  • Hildawati Hildawati Ghazali Shafie Graduate School of Government, Universiti Utara Malaysia, Kedah, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.62108/asrj.v4i1.10297

Keywords:

pembayaran digital, Transformasi Digital, QRIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Standar Quick Response Indonesia (QRIS) terhadap metode pembayaran yang diadopsi oleh kalangan pelajar. QRIS offers numerous advantages, including enhanced convenience, expedited processes, and improved security in transaction activities. Sebagai suatu mekanisme yang efisien dalam mengoptimalkan transaksi digital, QRIS memainkan peranan krusial dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di era digital saat ini. Didirikan sebagai standar kohesif oleh pemerintah Indonesia, QRIS menyederhanakan operasional berbagai instrumen pembayaran termasuk dompet digital, aplikasi mobile banking, dan platform pembayaran digital lainnya melalui penggunaan satu kode QR. Pemanfaatan QRIS sebagai metode pembayaran bagi pelajar memberikan segudang manfaat, khususnya dalam meningkatkan aktivitas perekonomian di tengah lanskap digital yang terus berkembang. Studi ini menekankan sejumlah manfaat signifikan dari penerapan QRIS, terutama menyoroti kemudahan yang diberikan kepada siswa dalam melakukan transaksi. Dengan menyediakan kemudahan pembayaran melalui smartphone dan beragam perangkat digital, QRIS secara efisien meminimalkan ketergantungan pada uang tunai serta menekan biaya transaksi. Secara keseluruhan, pengguna akan merasakan manfaat dari kemudahan dan peningkatan efisiensi yang disediakan oleh QRIS dalam proses transaksi pembayaran mereka.

References

Afrizal, et.al, (2023). Factors Influencing The Intention of Businesses Actor To Adopt Online Applications: An Empirical Evidence In Indonesia. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 3(1). https://doi.org/10.52970/grmapb.v3i1.212

Aisyah, S., Andriani, N., Rahmadyah, N., Novriansyah, D., Putri, A., & Mayori, E. (2023). Implementasi Teknologi Financial Dalam Qris Sebagai Sistem Pembayaran Digital Pada Sektor Umkm Di Kota Binjai. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(1), 12-18.

Basiroen, et. Al, (2024). Metode Penelitian Kualitatif (Efitra, Ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. www.buku.sonpedia.com

Hildawati, et.al. (2024). Literasi Digital. www.greenpustaka.com

Hildawati, et.al. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif & Aplikasi Pengolahan Analisa Data Statistik. Sonpedia. www.buku.sonpedia.com

Nirwasita, Khanza Sutan, et al. Preferensi mahasiswa dalam penggunaan QRIS sebagai alat pembayaran di kantin Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Accounting Student Research Journal, 2024, 3.1: 42-54.

Mahendra, R., Mustin, W., Ramadhan, A. B., Bungaran, K. Y., Saputri, B. Y., & Yanti, V. Y. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Qris Sebagai Transaksi Digital Kepada Pelaku Umkm Di Wilayah Pasar Muara Bungo. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(2), 349-355.

Romadhon, M. I., & Hwihanus, H. (2024). Analisis Kepuasan Mahasiswa Adanya Penggunaan Pembayaran Sistem Informasi Akuntansi Non Tunai (QRIS) Di Kantin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 9(4), 1-10.

Pratiwi, F. N. (2023). Pengaruh Metode Pembayaran QRIS Terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. International Journal Administration, Business & Organization, 4(3), 79-87.

Setiawan, Z., et.al. (2024). Metodologi dan Teknik Penulisan Ilmiah (Sepriano+Efitra, Ed.). Sonpedia Publishing.

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287-297.

Suri, D. M., et.al. (2024). Leadership and Institutional Design in Public Service Digitalization. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 8(2), 447–459. https://doi.org/10.24198/jmpp.v8i2.53807

Downloads

Published

2025-03-21