TRAINING OF TRAINERS (TOT) SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS CLOUD BAGI GURU-GURU SMKN 3 DEPOK

Authors

  • Akhmad Saebani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Dewi Darmastuti Universitas Pembanguan Nasional Veteran Jakarta
  • Andy Setiawan Universitas Pembanguan Nasional Veteran Jakarta
  • Agus Maulana Universitas Pembanguan Nasional Veteran Jakarta

Abstract

Teknologi informasi telah berkembang tidak hanya dalam manajemen bisnis tetapi juga telah mempengaruhi proses akuntansi di perusahaan. Salah satunya adalah penggunaan teknologi cloud computing dalam menyelesaikan siklus akuntansi. Di Indonesia, sudah ada banyak penyedia perangkat lunak akuntansi yang menawarkan layanan cloud accounting termasuk, Jurnal.id, Zahir Accounting, dan Accurate. Selain berbayar, aplikasi gratis di Play Store atau App Store untuk akuntansi berbasis cloud tersedia secara luas, salah satunya adalah aplikasi SIAPIK dari Bank Indonesia, yang tersedia gratis untuk UKM. Perkembangan teknologi di bidang akuntansi yang begitu cepat, terkadang belum bisa diikuti dengan baik oleh lembaga pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mempersiapkan siswa didik untuk siap bekerja perlu diberikan informasi dan edukasi terkait perkembangan teknologi di bidang akuntansi. Training of Trainer (ToT) Accurate Online diberikan kepada Guru-Guru Akuntansi di SMK Negeri 3 Depok agar guru-guru tersebut bisa mengajarkan kembali kepada rekan sesama guru dan siswa di sekolah. Hasil yang dicapai setelah mengikuti pelatihan ini adalah peserta dapat memproses data/transaksi menjadi laporan keuangan dengan menggunakan cloud-based accounting application. Selain itu, dari pelatihan ini diharapkan pada Guru SMKN 3 Depok dapat memasukkan praktik penggunakan cloud-based accounting application pada kurikulum pembelajaran sehingga diharapkan siswa lulusan akan semakin terampil dan mempunyai nilai tambah.

References

Estriyanto, Y. (2016). A Review of Indonesian Pre-Service Teacher Certification Policy from the Point of View of the Philosophy of Vocational Education. International Confrence on Teacher Training and Education, 1(1).

Fauzia, T., Afni, Z., & Santi, E. (2021). Konten Kurikulum Akuntansi Perguruan Tinggi Dan Kesesuaiannya Dengan Standar Kompetensi Lulusan. Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 168–190.

Gultom, S., Endriani, D., Mansyur, A., Harahap, M. H., Panggabean, D. D., & Syah, D. H. (2022). Pengolahan Hasil Pertanian Menjadi Jamu yang Berkualitas di Desa Teluk Kecamatan Sicanggang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(4), 299–303.

Hertati, L., & Safkaur, O. (2020). Dampak Revolusi Industri 4.0 Era Covid-19 pada Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Struktur Modal Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(3), 503–518.

Lefaan, C., & Juniarti, J. (2020). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Di Jawa Barat Dan DKI Jakarta Terhadap Perkembangan Revolusi Industri 4.0. Business Accounting Review, 8(1), 55–74.

Marsintauli, F., Novianti, E., Situmorang, R. P., & Djoniputri, F. D. F. (2021). An analysis on the implementation of cloud accounting to the accounting process. Accounting, 7(4). https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.2.010

Maryani, I., & Septiani, P. D. (2019). Pelatihan dan pendampingan pengelolaan kelas berbasis gaya belajar bagi guru PAUD dan TK di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 103–110.

Popivniak, Y. (2019). Cloud-based accounting software: choice options in the light of modern international tendencies. Baltic Journal of Economic Studies, 5(3), 170–177.

Saebani, A., Masripah, M., Sari, R. H. D. P., & Praptiningsih, P. (2022). Menumbuhkan Minat dan Motivasi Calon Akuntan Dalam Peningkatan Kompetensi Melalui Sertifikasi Akuntansi. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 737–744.

Sari, R. P., Santoso, D. T., & Puspita, D. (2020). Analisis Kesiapan UMKM Kabupaten Karawang Terhadap Adopsi Cloud Computing dalam Konteks Industri 4.0. J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 15(2), 63–72.

Setiawan, A., Darmastuti, D., Maulana, A., Miftah, M., & Kirana, D. J. (2022). Pelatihan Pelaporan Keuangan Menggunakan Aplikasi Berbasis Cloud Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Cipayung. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1395–1402.

Setiawan, A., Praptiningsih, P., & Matondang, N. (2020). Studi literatur tentang cloud accounting. EQUITY, 23(2), 189–200.

Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003. Departemen Pendidikan Nasional.

Sumarsono, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Melalui Metode Pelatihan, Penerapan dan Pendampingan Bagi Guru Sekolah Satu Atap Wasur di Kabupaten Merauke. Sarwahita, 16(02), 146–155.

Downloads

Published

2023-07-15