Pengembangan Bisnis Hampers "Rayain" Berbasis Kartu Ucapan Digital

Authors

  • Farahdina Bachtiar Universitas Pembangunan Veteran Jakarta
  • Kiki Rezki Faradillah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Lola Puspitasari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Bagas Prasetyo Aji Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Muammar Muamar

Keywords:

hamper; kartu digital; bisnis; kriya; desirability

Abstract

Peningkatan ini dapat diatribusikan kepada karakter dan budaya masyarakat Indonesia yang cenderung senang memberikan hadiah, serta penyediaan modal yang tidak memerlukan investasi besar, menjadi faktor pendorong utama dalam perkembangan bisnis ini. Oleh karena itu, hamper Rayain hadir dengan berinovasi dalam memberikan produk hamper yang menarik dengan menyediakan kartu ucapan digital pertama di Indonesia. Untuk mengetahui kualitas dan mutu produk yang ditawarkan oleh Rayain, dilakukan survei mengenai kepuasan pelanggan. Survei dilakukan melalui kuesioner online dengan menggunakan skala Likert. Responden diminta untuk memberikan skor dari 1 (sangat tidak setuju) hingga 5 (sangat setuju). Dengan pendekatan ini, responden dapat mengungkapkan tingkat kepuasan mereka terhadap kualitas layanan dan produk yang ditawarkan. Hasil survei menunjukkan rata-rata skor pada setiap butir pertanyaan memiliki nilai di atas 4. Berdasarkan aspek keinginan atau "desirability", pelanggan menyatakan preferensi mereka terhadap produk dari Rayain. Secara keseluruhan, pelanggan memberikan umpan balik positif dan merasa puas dengan produk hamper yang ditawarkan oleh Rayain.

Author Biography

Farahdina Bachtiar, Universitas Pembangunan Veteran Jakarta

Prodi Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan

Downloads

Published

2024-05-25